Ketahui Etika dalam Menghubungi Rekruter via LinkedIn

1. Apakah Hal Ini Baik Dilakukan?

Menghubungi rekruter melalui LinkedIn adalah langkah yang umum dan dapat bermanfaat dalam mencari peluang karier. Namun, penting untuk memahami etika yang terlibat dalam proses ini. Secara umum, mengirim pesan kepada rekruter dapat membuka pintu untuk berbagai kesempatan, tetapi harus dilakukan dengan sopan, jelas, dan sesuai dengan norma-norma profesional yang berlaku.

2. Etika dan Cara Menghubungi Rekruter

a. Pahami Tujuanmu: Sebelum menghubungi rekruter, pastikan bahwa pesan yang akan kamu kirim memiliki tujuan yang jelas, apakah itu untuk menanyakan tentang lowongan kerja tertentu, meminta saran karier, atau memperluas jaringan.

b. Perhatikan Profil Rekruter: Sebelum mengirim pesan, luangkan waktu untuk mempelajari profil rekruter. Mengenal latar belakang, minat, dan pengalaman mereka dapat membantumu menyusun pesan yang lebih relevan dan menarik.

c. Sopan dan Profesional: Pastikan pesan yang kamu kirim terdengar sopan dan profesional. Hindari penggunaan bahasa informal atau akrab yang mungkin dianggap tidak pantas dalam konteks profesional.

d. Jelaskan Alasannya: Jelaskan dengan jelas mengapa kamu menghubungi rekruter tersebut. Apakah ada posisi tertentu yang kamu minati, atau apakah kamu ingin mendapatkan saran atau informasi tambahan tentang industri atau perusahaan tertentu?

e. Sesuaikan Pesan: Sesuaikan pesanmu dengan konteks dan minat rekruter. Tunjukkan bahwa kamu telah melakukan riset dan memiliki minat yang nyata dalam perusahaan atau industri yang mereka wakili.

3. Contoh Kalimat Menghubungi Rekruter

Berikut adalah contoh kalimat yang dapat digunakan saat menghubungi rekruter melalui LinkedIn:

  1. “Halo [Nama Rekruter], Saya sangat terkesan dengan profil Anda dan minat saya dalam industri ini sejalan dengan visi perusahaan Anda. Saya ingin berbicara lebih lanjut tentang kesempatan yang mungkin ada di [Nama Perusahaan].”
  2. “Pagi [Nama Rekruter], Saya baru saja menemukan posisi [nama posisi] yang diposting oleh perusahaan Anda dan merasa bahwa keterampilan dan pengalaman saya akan menjadi aset berharga untuk tim Anda. Saya berharap bisa berdiskusi lebih lanjut tentang peluang ini.”
  3. “Selamat pagi [Nama Rekruter], Saya sedang mencari peluang baru dalam karier saya dan tertarik dengan filosofi dan budaya perusahaan Anda. Saya ingin mengetahui apakah ada posisi yang sesuai dengan latar belakang dan minat saya.”
  4. “Halo [Nama Rekruter], Saya menghargai waktu Anda dan ingin memanfaatkan kesempatan ini untuk mendapatkan wawasan dari seseorang yang berpengalaman seperti Anda. Bisakah kita berbicara lebih lanjut tentang jalur karier yang tersedia di [Nama Perusahaan]?”

Dengan memperhatikan etika yang tepat dan menyusun pesan dengan hati-hati, menghubungi rekruter melalui LinkedIn dapat menjadi langkah yang efektif dalam membangun jaringan profesional dan mengeksplorasi peluang karier yang ada. Teruslah berkomunikasi dengan sopan dan jelas, dan jangan ragu untuk menunjukkan minat dan dedikasimu terhadap industri dan perusahaan yang dituju.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di https://myskill.id/.

Tinggalkan Balasan