Lakukan Riset Perusahaan Kalau Ingin Cepat Diterima!

Dalam proses mencari kerja, seringkali kita fokus pada penyusunan resume yang sempurna dan persiapan wawancara yang baik. Namun, ada satu langkah penting yang sering diabaikan oleh banyak orang: riset tentang perusahaan yang kita lamar. Riset perusahaan adalah kunci untuk memahami lebih dalam tentang budaya, nilai, dan kebutuhan perusahaan tersebut, yang pada gilirannya akan meningkatkan kesempatan kita untuk diterima. Mari kita lihat mengapa riset perusahaan begitu penting, kapan harus melakukannya, apa yang harus kita riset, dan tips untuk melakukannya dengan efektif.

Mau jadi Akuntan, Pajak atau Auditor? Baca panduan lengkap Akuntansi, Pajak dan Audit di sini.

Mengapa Riset Perusahaan saat Cari Kerja Penting?

Riset perusahaan adalah langkah krusial dalam proses melamar kerja karena:

  1. Memahami Budaya Perusahaan: Dengan riset perusahaan, kita dapat memahami lebih dalam tentang budaya kerja, nilai-nilai, dan norma-norma yang berlaku di perusahaan tersebut. Hal ini memungkinkan kita untuk menentukan apakah kita cocok dengan lingkungan kerja tersebut.
  2. Menyesuaikan Lamaran dan Wawancara: Dengan memahami lebih dalam tentang perusahaan, kita dapat menyesuaikan lamaran kerja dan persiapan wawancara kita agar sesuai dengan kebutuhan dan ekspektasi perusahaan. Ini akan membuat kita terlihat lebih relevan dan dipertimbangkan oleh pihak perusahaan.
  3. Menunjukkan Minat yang Nyata: Melakukan riset perusahaan menunjukkan kepada perekrut bahwa kita sungguh-sungguh tertarik dengan posisi dan perusahaan tersebut. Hal ini dapat meningkatkan kesan profesionalisme dan komitmen kita sebagai calon karyawan.

Mau jadi Product Manager? Baca panduan lengkap Product Manager berikut.

Kapan Riset Perusahaan Harus Dilakukan?

Riset perusahaan sebaiknya dilakukan sebelum mengirimkan lamaran kerja atau segera setelah mendapatkan panggilan wawancara. Hal ini memungkinkan kita untuk mempersiapkan diri dengan baik dan menyampaikan pengetahuan yang cukup tentang perusahaan saat berinteraksi dengan pihak perusahaan.

Apa Saja yang Harus Kita Riset?

Saat melakukan riset perusahaan, ada beberapa hal penting yang harus kita ketahui, antara lain:

  1. Sejarah dan Visi Misi Perusahaan: Mengetahui sejarah, visi, dan misi perusahaan dapat membantu kita memahami arah dan tujuan perusahaan tersebut.
  2. Produk atau Layanan: Pahami produk atau layanan yang ditawarkan oleh perusahaan, serta posisi perusahaan dalam industri tersebut.
  3. Budaya dan Nilai Perusahaan: Ketahui budaya kerja, nilai-nilai, dan etos kerja yang diterapkan di perusahaan.
  4. Performa dan Prestasi Terbaru: Teliti performa dan prestasi terbaru perusahaan, termasuk pencapaian, penghargaan, dan proyek-proyek penting yang pernah dilakukan.

Tertarik Jadi Software engineering? Baca panduan lengkap Software Engineering di sini.

Tips Meriset Perusahaan

Beberapa tips untuk melakukan riset perusahaan secara efektif adalah:

  1. Gunakan Sumber yang Dapat Dipercaya: Gunakan sumber yang terpercaya, seperti situs web resmi perusahaan, laporan keuangan, dan artikel berita terkait.
  2. Gunakan Media Sosial: Ikuti akun media sosial resmi perusahaan untuk mendapatkan informasi terbaru dan wawasan tentang perusahaan.
  3. Temukan Informasi dari Karyawan atau Alumni: Jika memungkinkan, cari tahu informasi tambahan tentang perusahaan dari karyawan yang sudah bekerja di sana atau alumni universitas yang bekerja di perusahaan tersebut.
  4. Jadilah Spesifik: Fokuskan riset kita pada informasi yang relevan dengan posisi yang kita lamar dan kebutuhan perusahaan dalam industri tersebut.

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

Dengan melakukan riset perusahaan dengan cermat dan efektif, kita dapat meningkatkan kesempatan untuk diterima di perusahaan impian kita. Ingatlah bahwa riset perusahaan adalah langkah penting dalam proses melamar kerja yang sering diabaikan, namun dapat membuat kita unggul dan berbeda di mata perekrut. Ayo, kita lakukan riset perusahaan dengan baik dan raih kesuksesan dalam karir kita!

Mari terus belajar dan kembangkan skill di https://myskill.id/.

Tinggalkan Balasan