Langkah-langkah Cara Membuat FTP Server di Windows, Linux, dan Menggunakan FileZilla

Pendahuluan:

FTP (File Transfer Protocol) Server adalah salah satu cara untuk mentransfer file antara komputer Kita dan server atau antara komputer Kita sendiri. Dalam artikel ini, Kita akan membahas cara membuat FTP Server di sistem operasi Windows, Linux, dan menggunakan aplikasi FileZilla.

Cara Membuat FTP Server di Windows:

  1. Aktifkan Fitur FTP Server:
    Buka Control Panel di Windows dan pilih “Programs” -> “Programs and Features” -> “Turn Windows features on or off”. Pilih “Internet Information Services” dan pastikan opsi “FTP Server” diaktifkan.
  2. Konfigurasi FTP:
    Setelah mengaktifkan fitur FTP Server, buka “Internet Information Services (IIS) Manager” dari Start Menu. Klik kanan pada “Sites” dan pilih “Add FTP Site”. Ikuti wizard konfigurasi untuk menentukan nama situs, jalur fisik, dan opsi lainnya.
  3. Atur Otorisasi:
    Setelah membuat situs FTP, atur otorisasi pengguna dengan menavigasi ke “FTP Authorization Rules”. Tambahkan pengguna yang diizinkan mengakses server FTP dan tetapkan hak akses yang sesuai.
  4. Uji Koneksi:
    Setelah konfigurasi selesai, coba akses FTP server menggunakan klien FTP seperti FileZilla atau menggunakan perintah FTP dari Command Prompt. Pastikan Kita dapat terhubung dan mentransfer file dengan sukses.

Cara Membuat FTP Server di Linux:

  1. Instalasi vsftpd:
    Buka terminal di distribusi Linux Kita dan jalankan perintah instalasi vsftpd (Very Secure FTP Daemon). Gunakan perintah berikut:
   sudo apt-get install vsftpd
  1. Konfigurasi vsftpd:
    Setelah instalasi selesai, buka file konfigurasi vsftpd di /etc/vsftpd.conf menggunakan editor teks. Sesuaikan konfigurasi sesuai kebutuhan, seperti mengatur direktori default, membatasi akses, dan lainnya.
  2. Mulai dan Aktifkan vsftpd:
    Setelah konfigurasi selesai, mulai layanan vsftpd dengan perintah:
   sudo systemctl start vsftpd

Jika ingin layanan vsftpd dijalankan secara otomatis saat sistem boot, gunakan perintah:

   sudo systemctl enable vsftpd
  1. Uji Koneksi:
    Uji koneksi ke server FTP menggunakan klien FTP atau perintah ftp di terminal. Pastikan Kita dapat terhubung dan mentransfer file dengan sukses.

Cara Membuat FTP Server Menggunakan FileZilla:

  1. Unduh dan Instal FileZilla Server:
    Unduh installer FileZilla Server dari situs resmi dan ikuti langkah-langkah instalasinya. Setelah instalasi selesai, jalankan aplikasi FileZilla Server.
  2. Konfigurasi Server:
    Di jendela FileZilla Server Interface, atur konfigurasi server seperti port yang digunakan, pengaturan keamanan, dan pengaturan pengguna FTP.
  3. Tambah Pengguna:
    Tambahkan pengguna baru di FileZilla Server Interface dan tentukan hak akses pengguna ke direktori tertentu.
  4. Mulai Server:
    Setelah konfigurasi selesai, mulai server FTP dengan mengklik tombol “Start” di FileZilla Server Interface.

Kesimpulan:

Membuat FTP Server di Windows, Linux, atau menggunakan aplikasi FileZilla adalah langkah yang berguna untuk mengelola dan mentransfer file antar sistem. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Kita dapat membuat FTP Server sesuai dengan kebutuhan Kita dan memudahkan proses transfer file.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di https://myskill.id/.

Tinggalkan Balasan