Langkah Pertolongan Pertama saat Asam Lambung Naik

Asam lambung naik, atau yang dikenal juga sebagai GERD (Gastroesophageal Reflux Disease), adalah kondisi yang umum terjadi di mana asam lambung mengalir kembali ke kerongkongan. Hal ini dapat menyebabkan sensasi terbakar di dada, mulas, dan ketidaknyamanan lainnya. Ketika mengalami gejala asam lambung naik, langkah-langkah pertolongan pertama yang tepat dapat membantu meredakan ketidaknyamanan dan mencegah gejala menjadi lebih buruk.

1. Penyebab Asam Lambung Naik

Penyebab asam lambung naik bisa bermacam-macam, termasuk kebiasaan makan yang tidak sehat, kelebihan berat badan, stres, merokok, konsumsi alkohol, atau kondisi medis tertentu seperti hernia hiatus atau kelemahan otot-otot kerongkongan.

2. Gejala Asam Lambung Naik

Gejala yang umumnya terkait dengan asam lambung naik meliputi sensasi terbakar di dada (heartburn), mulas, regurgitasi (perasaan asam naik kembali ke tenggorokan), sulit menelan, dan nyeri pada dada bagian atas.

3. Pertolongan Pertama saat Asam Lambung Naik

  • Minum Air Putih: Minum air putih dapat membantu menetralkan asam lambung yang naik ke kerongkongan.
  • Mengunyah Permen Karet Beraroma Peppermint: Peppermint telah terbukti memiliki efek menenangkan pada lambung dan dapat membantu meredakan gejala asam lambung naik.
  • Mengonsumsi Baking Soda: Campurkan setengah sendok teh baking soda ke dalam segelas air untuk mengurangi keasaman lambung.
  • Berbaring dengan Kepala Lebih Tinggi: Saat beristirahat, coba angkat kepala dan bahu dengan bantal tambahan untuk mengurangi aliran asam lambung ke kerongkongan.

4. Tips Mencegah Asam Lambung Naik

  • Perhatikan Pola Makan: Hindari makanan yang dapat memicu asam lambung naik, seperti makanan pedas, berlemak, atau asam. Pilih makanan yang sehat dan rendah lemak.
  • Jaga Berat Badan Ideal: Kelebihan berat badan dapat meningkatkan risiko terjadinya asam lambung naik. Lakukan olahraga secara teratur dan perhatikan pola makan sehat untuk menjaga berat badan tetap stabil.
  • Hindari Merokok dan Alkohol: Merokok dan alkohol dapat merelaksasi katup antara kerongkongan dan lambung, yang dapat memperburuk gejala asam lambung naik.
  • Hindari Makan dan Minum Sebelum Tidur: Tunggu setidaknya dua hingga tiga jam setelah makan sebelum tidur untuk mencegah asam lambung naik.

Menggunakan langkah-langkah pertolongan pertama yang tepat saat mengalami gejala asam lambung naik dapat membantu mengurangi ketidaknyamanan dan mempercepat pemulihan. Namun, jika gejala berlanjut atau memburuk, konsultasikan dengan dokter untuk evaluasi lebih lanjut dan penanganan yang tepat.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di https://myskill.id/

Tinggalkan Balasan