Jangan Terlewat! 4 Film Pendidikan Yang Wajib Kamu Tonton!

Kamu pasti sudah tidak asing dengan film bertemakan cinta, horor, atau bahkan komedi. Pastinya saat akan menonton film, kamu pasti akan menyesuaikannya dengan suasana hati kamu dan tentunya sudah mampu untuk menebak alur cerita dari film tersebut karena terlalu sering menonton dengan tema itu. Tetapi bagaimana jika film yang kamu tonton kali ini di luar ekspektasi kamu? Melalui artikel ini, sobat MySkill.id akan mengajak kamu mengenal film bertema pendidikan yang wajib untuk kamu tonton.

Eits! Jangan merasa ragu dulu sobat! Film bertema pendidikan bukan berarti mengisahkan kegiatan membosankan seperti rutinitas kamu saat bersekolah. Nah, sebelum kamu berpikiran lebih jauh lagi, yuk kita mulai saja untuk menyimak beberapa film pendidikan berikut ini!

1. Film Three Idiots (2009)

film pendidikan three idiots
3 Mahasiswa Pembuat Onar

Sesaat setelah kamu membaca judul tersebut, kamu pasti akan menebak bahwa keseluruhan film ini hanya berisi kegilaan jenaka seperti film komedi pada umumnya. Tentu saja tidak! Film Three Idiots (2009) merupakan film yang rilis pada tahun 2009.

Film ini mengisahkan tentang tiga sahabat yang bernama Farhan Qureshi (Madhavan), Raju Rastogi (Sharman Joshi) dan ‘Rancho’ Shamaldas Chanchad (Aamir Khan). Mereka merupakan mahasiswa teknik mesin yang berusaha untuk melawan rektor kampus yang kejam dan yang berani melawan rektor tersebut hanya Rancho.

Film pendidikan ini tayang dengan komedi yang begitu segar membuat film ini tidak membosankan untuk kita tonton. Film ini juga mengisahkan tentang sulitnya perjuangan mahasiswa dalam menghadapi dunia perkuliahan hingga akhirnya mampu untuk lulus dan mendapatkan pekerjaan. Kamu dapat menontonnya bersama dengan keluarga loh! Jadi jangan lupa ya!

2. Film Waiting for Superman (2010) Tentang Pendidikan

film waiting for superman
Kisah dibalik pendidikan di Amerika

Jika kamu menganggap film ini mengisahkan seorang superhero pada umumnya, film ini jauh melampaui ekspektasi kamu. Film Waiting for Superman (2010) merupakan film yang dirilis pada tahun 2010. Film ini mengisahkan pendidikan di negara Amerika Serikat dari berbagai sudut pandang. Banyak kisah nyata yang dikemas dengan sangat menarik melalui film ini.

Berbagai macam topik kesulitan yang dihadapi oleh para orang tua, guru, bahkan para pembuat kebijakan di negara tersebut. Melalui film ini kita dibukakan mata serta pikiran melalui berbagai sudut pandang. Film ini menyadarkan kita bahwa pendidikan memang perlu ada tahap evaluasi dan evaluasi tersebut perlu mengikutsertakan semua pihak agar nantinya dapat tercipta sistem pendidikan yang baik.

Baca juga : Yuk Kenalan Dengan MarketPlace!

3. Film Pendidikan Akeelah and the Bee (2006)

film pendidikan akeelah and the bee
Menggapai mimpi Akeelah

Film Akeelah and the Bee (2006) merupakan film yang rilis pada tahun 2006 di Amerika Serikat. Film ini mengisahkan tentang seorang gadis berusia 11 tahun yang bernama Akeelah Anderson (Keke Palmer) yang mengikuti kontes Scripps National Spelling Bee.

Namun perjuangan yang ia torehkan sangat sulit mengingat bahwa kasus rasisme di Amerika Serikat sangatlah tinggi. Film ini mengajarkan para penonton untuk dapat mengambil pesan moral apapun keadaan dan darimana asal kita, itu semua tidak menghambat jalan untuk menggapai impian. Jangan takut untuk bermimpi dan gapai mimpi yang kamu inginkan!

4. Film Freedom Writers (2007)

film freedom writers
Melawan diskriminasi sekolah

Untuk kamu yang menyukai film tentang guru, film ini mungkin cocok untuk kamu. Film Freedom Writers (2007) merupakan film yang rilis pada tahun 2007 di Amerika Serikat yang merupakan kisah nyata yang menceritakan tentang Erin Gruwell, seorang guru yang berusaha melakukan perubahan pada sebuah sekolah dengan membuat gerakan anti-diskriminasi.

Film ini tidak hanya mengajarkan mengenai betapa sulitnya para guru dalam mengubah pandangan yang telah tumbuh, tetapi juga bagaimana kerasnya diskriminasi yang terjadi di sekolah. Penonton dapat mengambil pesan moral yang mana mereka harus mampu untuk tetap menyayangi dan berteman dengan semua orang tanpa perlu adanya perbedaan. Karena suatu perbedaan merupakan anugerah yang dari Tuhan.

Itulah beberapa rekomendasi film bertema pendidikan yang wajib kamu tonton. Kamu tidak perlu ragu lagi bukan untuk menonton film selain bertema cinta maupun horor. Banyak pesan moral yang dapat kamu ambil melalui film ini. Jadi tetaplah semangat para sobat MySkill.id!

Buat kamu yang ingin meningkatkan kualitas skill dan CV untuk menunjang karir, yuk join MySkill.id! Di sini, kami menyediakan berbagai pelatihan upskilling via e-learning dan bootcamp yang bisa kamu ikuti dengan berbagai praktisi dan cara yang menyenangkan.

Editor : Apreliani Dwiastuti

Baca juga : Jangan Terjebak! Hindari 4 Kesalahan Campaign Iklan Google Ads