Bingung Setelah Lulus Mau Ngapain? Yuk, Simak Tips Persiapan Karier ala MySkill.id!

Bagi kamu yang masih menjalani perkuliahan, pernahkah kamu merasa bingung ingin berkarier apa setelah lulus nanti? Mungkin ada yang ingin melanjutkan studi, dan lainnya ingin langsung mencari pekerjaan. Lalu, sebagai mahasiswa, apa saja persiapan karier profesional yang sudah kamu lakukan?

Sebelum kamu merasa down karena belum punya persiapan karier apa-apa, MySkill.id punya tips khusus agar kamu bisa mempersiapkan diri dengan baik. Jadi jangan khawatir, meskipun masih mahasiswa, bukan berarti kamu tidak bisa mengembangkan kemampuan supaya siap diterima perusahaan incaranmu, ya! Nah, simak 5 persiapan karier ala MySkill.id berikut bagi kamu yang masih duduk di bangku kuliah. 

1. Langkah Awal Persiapan Karier Profesional: Mengenal Diri Sendiri

Pahami diri sebelum mempersiapkan karier impian
Kamu bisa mengenali dirimu terlebih dahulu

Sebelum kamu pusing memikirkan kehidupan setelah lulus, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengenali dirimu sepenuhnya. Sebagai permulaan, kamu bisa mengenal lebih dalam kekurangan dan kelebihan pada dirimu. Mengenali kekuranganmu agar bisa kamu perbaiki, dan mengenali kelebihanmu agar bisa kamu tingkatkan. Jangan lupa untuk mencari banyak pengalaman agar kamu semakin berkembang dan percaya diri.

Setelah kamu mengenal kekurangan dan kelebihan pada dirimu, saatnya kamu mencari tahu minat kamu. Apa yang paling membuatmu tertarik? Pekerjaan seperti apa yang paling membuatmu bersemangat? Jika kamu masih belum bisa memastikan minat yang kamu punya, kamu bisa mencoba berbagai hal yang berbeda. Dari situ, kamu bisa menentukan mana yang paling kamu minati. 

Ada satu hal yang perlu kamu ingat, setiap orang terlahir dengan kelebihan masing-masing. Untuk itu, kamu bisa menggali potensi dalam diri kamu, apa kelebihanmu yang paling menonjol? Bisa jadi itulah bakatmu. Eksplorasi bakatmu dengan terus mengasah kemampuan yang kamu punya. 

2. Membangun Relasi dengan Ikut Organisasi Kemahasiswaan

Bangun persiapan karier dengan menjalin relasi
Kamu bisa bergabung dengan ikut organisasi kemahasiswaan

Semasa kuliah, selain fokus terhadap nilai akademik, sebaiknya kamu juga aktif mengikuti kegiatan organisasi kemahasiswaan. Tiap organisasi akan memiliki program kerja yang menuntut kamu untuk bisa bekerja sama dengan banyak anggota lainnya. Hal ini tentunya akan membantumu dalam membangun relasi.

Kamu bisa mencoba berperan aktif sebagai anggota Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) atau menjadi pengurus di Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Selain itu, perusahaan saat ini sangat membutuhkan karyawan yang dapat menjaga hubungan kerja yang harmonis. Hal ini biasanya didapatkan ketika bergabung dalam sebuah organisasi semasa perkuliahan. 

Baca Juga: Bingung Memulai Persiapan Karier? Yuk, Mampir ke MySkill.id!

3. Mengikuti Program Magang dan Volunteer

Ikuti program magang dan volunteer
Kamu bisa ikut program magang dan volunteer

Mengikuti program magang di suatu perusahaan akan memberikanmu banyak sekali manfaat. Kamu akan mendapat pengalaman langsung di dunia kerja, mengasah keterampilanmu, hingga memiliki relasi dalam jaringan profesional. Bahkan, kamu berkesempatan untuk bisa lanjut jadi karyawan tetap, lho. Mengikuti magang memang sangat penting untuk mahasiswa karena bisa membantu beradaptasi terlebih dahulu dengan dunia kerja. 

Terlebih lagi, banyak perusahaan yang mencari karyawan dengan pengalaman profesional. Mengikuti program magang dapat membantumu untuk memiliki riwayat pengalaman profesional tersebut. 

Selain magang, kamu juga bisa ikut program volunteer. Saat ini sudah banyak perusahaan atau instansi yang membuka program volunteer yang bisa kamu ikuti. Sebagai anak volunteer, biasanya kamu akan memiliki beban pekerjaan yang lebih ringan daripada anak magang. Kendati begitu, kegiatan volunteering juga memiliki banyak benefit, seperti jaringan relasi yang luas, kemampuan teamwork yang baik, serta meningkatkan rasa empati. 

4. Meningkatkan Kapasitas Diri melalui Kursus, Seminar, hingga Sertifikasi

Persiapan karier melalui kursus dan seminar
Kamu bisa meningkatkan kapasitas diri melalui berbagai kursus, seminar, dan sertifikasi

Kamu bisa mengasah keterampilanmu di bidang tertentu dengan mengikuti berbagai kursus, seminar, dan sertifikasi. Ada banyak perusahaan yang membuka kursus, mengadakan seminar, dan membuka program sertifikasi. Contohnya, kamu ingin meningkatkan kemampuanmu di bidang pemasaran digital, kamu bisa ikut berbagai program kelas yang disediakan MySkill.id. Salah satunya kelas Merancang Strategi Brand Marketing. 

Selain itu, kamu juga bisa mengikuti Bootcamp yang MySkill.id sediakan, di mana kamu akan mendapatkan sertifikat di akhir program tersebut. Nantinya, sertifikat yang kamu dapat bisa kamu lampirkan di CV kamu, lho! Hal ini tentunya akan membuat perekrut lebih yakin terhadap keterampilan yang kamu miliki. 

Baca Juga: Ingin Daftar Beasiswa S2 tapi Masih Takut? MySkill.id Punya Strategi Jitu!

5. Mengikuti Kelas untuk Persiapan Karier Profesional

Kelas Persiapan Karier Profesional
Kamu bisa ikut kelas untuk persiapan karier profesional

Memasuki dunia karier profesional tidaklah mudah. Kondisinya akan berbeda dari masa kuliah atau sekolah. Jika biasanya kamu akan bertemu dengan teman dari latar belakang pendidikan yang sama, saat memasuki dunia kerja, kamu akan menghadapi persaingan seleksi dengan orang yang memiliki latar belakang beragam dan permintaan skill yang tinggi. 

Oleh sebab itu, penting untuk merencanakan karier profesional sesegera mungkin. Agar persiapanmu semakin matang, kamu bisa mengikuti kelas Mempersiapkan Karier Profesional dari MySkill.id. Dalam kelas ini, kamu akan belajar mengenai kebutuhan industri dan persiapan akademik, serta kesiapan soft-skill dan hard-skill yang harus kamu punya. Selain itu, kamu juga akan mempelajari seperti apa proses pencarian kerja dan seleksi umum saat melamar pekerjaan.

Semua tips di atas bisa kamu aplikasikan sejak kamu duduk di bangku kuliah. Saat ini sudah banyak perusahaan yang membuka peluang lebih besar bagi mahasiswa yang ingin mencicipi langsung dunia karier profesional, lho. Jadi jangan takut untuk mencoba, ya! Selamat mempersiapkan karier impianmu. Semoga tips ala MySkill.id ini bermanfaat untukmu!

Buat kamu yang ingin meningkatkan kualitas skill dan CV untuk menunjang karir, yuk join MySkill.id! Di sini, kami menyediakan berbagai pelatihan upskilling via e-learning dan bootcamp yang bisa kamu ikuti dengan berbagai praktisi dan cara yang menyenangkan.

Editor: Diah Ayu Chairani