Ingin Dapat Nilai TOEFL dan IELTS Tinggi? Ini Tips Jitu ala MySkill.id!

Sertifikat serta nilai TOEFL dan IELTS jadi salah satu syarat dokumen yang harus kamu penuhi untuk bisa kuliah di luar negeri. Biasanya, standar nilai minimal yang dapat diterima masuk ke perguruan tinggi luar negeri adalah 550 untuk TOEFL paper based dan 6.0 untuk IELTS. Standar nilai tersebut bisa lebih tinggi lagi tergantung jurusan kuliah yang hendak kamu ambil, seperti jurusan kedokteran dan hukum. Oleh sebab itu, nilai tes TOEFL dan IELTS yang tinggi menjadi impian banyak calon mahasiswa yang ingin kuliah di luar negeri.

Untuk memperoleh nilai tes yang bagus dan mencapai target minimal dari jurusan yang kamu tuju, kamu perlu memiliki persiapan yang matang sebelum melakukan tes. Salah satu persiapan yang bisa kamu lakukan adalah belajar bahasa Inggris secara khusus untuk persiapan tes TOEFL dan IELTS.

Masih bingung apa saja yang harus kamu persiapkan? Berikut MySkill.id sudah merangkum 4 tips agar hasil tes TOEFL dan IELTS kamu bisa membawamu lebih dekat dengan jurusan impianmu!

1. Mengikuti Kelas Persiapan Tes TOEFL dan IELTS

Kelas persiapan tes bahasa Inggris
Kamu bisa mengikuti kelas persiapan tes TOEFL dan IELTS

TOEFL dan IELTS adalah sertifikasi bahasa Inggris yang paling populer di dunia. Kedua bentuk tes ini jamak menjadi syarat kunci untuk seleksi beasiswa dan perguruan tinggi berbahasa Inggris. Di sisi lain, biaya yang dibutuhkan untuk mengikuti tes ini cukup mahal. Untuk itu, kamu memerlukan pemahaman yang baik tentang jenis tes, strategi belajar, dan konsistensi untuk meningkatkan kemampuan. 

Hal itulah yang kemudian membuat banyak orang memilih mempersiapkan diri mereka dengan cara mengikuti program kelas persiapan tes TOEFL dan IELTS. Mengikuti program khusus persiapan tes bahasa Inggris dinilai sebagai cara terbaik untuk menutupi kekurangan saat belajar secara mandiri. Kamu akan mendapat lebih banyak insights dan memahami kekuranganmu dengan lebih terstruktur. 

Sudah menentukan untuk mengikuti kelas persiapan tes TOEFL dan IELTS tapi masih bingung belajar di mana? Kamu tidak perlu khawatir, karena MySkill.id membuka kelas khusus Persiapan Test Bahasa Inggris TOEFL dan IELTS yang dapat langsung kamu akses di situs webnya. 

Di kelas ini, kamu akan belajar mulai dari mengenal beragam sertifikasi bahasa Inggris hingga memahami struktur dan skor TOEFL dan IELTS. Selain itu, kamu juga akan mempelajari proses pendaftaran tes dan strategi belajar yang efektif agar mencapai hasil yang maksimal.  

2. Mendapatkan Panduan Materi TOEFL dan IELTS yang Tepat

Panduan materi TOEFL dan IELTS
Kamu perlu mendapatkan panduan materi yang tepat

Tidak semua orang tahu bagaimana cara memulai belajar bahasa Inggris untuk persiapan tes TOEFL dan IELTS. Sebab, ada cukup banyak poin yang perlu kamu perhatikan dalam mengikuti kedua tes bahasa Inggris tersebut. Untuk itulah kamu harus mendapatkan panduan materi yang tepat untuk persiapan menghadapi TOEFL dan IELTS. 

Biasanya, kamu bisa mendapatkan panduan materi yang tepat dengan mengikuti program khusus persiapan tes TOEFL dan IELTS. Materi yang kamu dapat akan selaras dengan materi yang ada dalam ujian. Selain itu, materi dari lembaga penyedia program juga lebih terstruktur dengan baik. Proses belajar melalui program yang didesain khusus juga akan lebih terarah daripada belajar secara mandiri.

Baca Juga: Ingin Daftar Beasiswa S2 tapi Masih Takut? MySkill.id Punya Strategi Jitu!

3. Konsisten dalam Belajar TOEFL dan IELTS

Konsisten dalam belajar TOEFL dan IELTS
Kamu perlu konsisten dalam belajar TOEFL dan IELTS

Untuk bisa memperoleh hasil yang kamu inginkan dalam ujian TOEFL dan IELTS, kamu harus bisa konsisten dan disiplin dalam belajar. Kamu bisa meluangkan waktu sekitar satu atau beberapa jam setiap harinya. Sebagai permulaan, kamu bisa mulai dengan belajar materi yang menurutmu paling sulit terlebih dahulu. 

Semakin konsisten dan disiplin kamu belajar, semakin cepat kamu akan terbiasa mengerjakan soal-soal untuk tes TOEFL dan IELTS. Kamu juga akan lebih cepat mencari tahu jawaban yang tepat dari soal-soal yang kamu kerjakan.

4. Perbanyak Latihan Mendengarkan dan Perbendaharaan Kosakata

Latihan mendengar akan menambah kosa kata
Kamu perlu memperbanyak latihan mendengarkan dan menambah perbendaharaan kosakata

Salah satu bagian tersulit dalam tes TOEFL dan IELTS adalah mendengarkan (listening). Hal ini karena kamu tidak terbiasa dengan percakapan menggunakan bahasa Inggris sehingga tidak mampu menangkap maksudnya. 

Untuk itu, kamu perlu melatih pendengaranmu dengan membiasakan diri mendengarkan percakapan dalam bahasa Inggris. Sebagai permulaan, kamu bisa mendengarkan lirik lagu atau menonton film yang menggunakan bahasa Inggris. Hal ini dapat membantu mengasah kemampuanmu memahami aksen dan isi percakapan. 

Sementara pada bagian membaca (reading), kamu harus lebih banyak membaca berita, artikel, dan buku-buku akademik berbahasa Inggris untuk menambah kosakatamu. Sebab, soal ujian pada bagian ini biasanya berupa bacaan berita atau artikel yang memiliki perbendaharaan kata yang tidak umum dalam percakapan sehari-hari. 

Nah, itulah tips ala MySkill.id yang bisa kamu praktikkan agar persiapan tes TOEFL dan IELTS kamu semakin lancar! Sudah siap untuk mendapatkan nilai bagus dari hasil ujianmu? Jangan lupa gabung ke kelas MySkill.id, ya!

Buat kamu yang ingin meningkatkan kualitas skill dan CV untuk menunjang karir, yuk join MySkill.id! Di sini, kami menyediakan berbagai pelatihan upskilling via e-learning dan bootcamp yang bisa kamu ikuti dengan berbagai praktisi dan cara yang menyenangkan.

Baca Juga: Bingung Memulai Persiapan Karier? Yuk, Mampir ke MySkill.id!

Editor: Diah Ayu Chairani