Mau Mengerjakan Tugas Bersama? Cari Tahu Cara Share Google Docs

Google Docs telah menjadi alat yang sangat populer untuk kolaborasi online, memungkinkan kita bekerja sama dengan rekan atau teman dalam membuat, mengedit, dan memberikan umpan balik pada dokumen. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara mudah untuk berbagi dokumen Google Docs agar kita dapat bekerja sama dengan efisien.

Share Google Docs Menggunakan Link
  1. Buka Dokumen Google Docs:
    Pertama, buka dokumen Google Docs yang ingin kita bagikan.
  2. Temukan Tombol “Bagikan” di Sudut Kanan Atas:
    Di bagian kanan atas layar, kita akan melihat tombol “Bagikan”. Klik tombol ini untuk membuka opsi berbagi dokumen.
  3. Pilih “Dapatkan Tautan”:
    Setelah menekan tombol “Bagikan”, kita akan melihat opsi “Dapatkan Tautan”. Klik opsi ini untuk mendapatkan tautan yang dapat dibagikan.
  4. Atur Izin Akses Tautan:
    Kita dapat mengatur izin akses tautan ini. Apakah kita ingin membolehkan orang untuk melihat, mengomentari, atau mengedit dokumen, semuanya dapat diatur sesuai kebutuhan kita.
  5. Salin Tautan dan Bagikan:
    Setelah mengonfigurasi izin akses, salin tautan yang dihasilkan dan bagikan dengan rekan atau teman kita. Mereka dapat membuka tautan ini dan mulai berkolaborasi pada dokumen yang sama.
Cara Share Google Docs untuk Sebagian Orang
  1. Klik Tombol “Bagikan” Seperti Sebelumnya:
    Langkah pertama tetap sama, yaitu membuka dokumen dan menekan tombol “Bagikan”.
  2. Masukkan Alamat Email Penerima:
    Setelah itu, kita bisa memasukkan alamat email orang-orang yang ingin kita undang berkolaborasi. Kita dapat memberikan izin akses sesuai kebutuhan, apakah hanya untuk melihat, mengomentari, atau mengedit.
  3. Kustomisasi Izin Akses:
    Google Docs memberikan kita fleksibilitas untuk menyesuaikan izin akses pada setiap orang yang diundang. Kita dapat memberikan izin khusus untuk berkolaborasi secara efektif.
Pengaturan Sharing Dokumen
  1. Pilih “Pengaturan Berbagi”:
    Di bagian bawah opsi berbagi, kita akan menemukan “Pengaturan Berbagi”. Klik untuk membuka menu pengaturan tambahan.
  2. Atur Izin dan Akses:
    Dalam menu ini, kita dapat lebih lanjut menyesuaikan pengaturan berbagi. Misalnya, kita dapat membatasi akses kepada mereka yang memiliki tautan atau memberikan izin khusus kepada pemilik dokumen.

Dengan menggunakan cara ini, kita bisa dengan mudah berkolaborasi dalam mengerjakan tugas bersama di Google Docs. Penting untuk memahami pengaturan berbagi dan izin akses agar kolaborasi berjalan lancar dan sesuai dengan kebutuhan kita. Semoga artikel ini memberikan panduan yang bermanfaat bagi kita yang ingin memanfaatkan fitur kolaborasi Google Docs dengan optimal.

Mari terus belajar dan kembangkan skill diĀ https://myskill.id/.

Tinggalkan Balasan