Memahami Detail Tentang Ijazah Ditahan Perusahaan

Bagi para profesional muda yang tengah memulai karier, terkadang muncul situasi di mana perusahaan meminta menahan atau menitipkan ijazah mereka. Hal ini dapat menimbulkan pertanyaan dan kekhawatiran, terutama mengenai hak-hak kita sebagai pekerja. Dalam artikel ini, kita akan menjelaskan apa yang dimaksud dengan “Ijazah Ditahan Perusahaan” dan memberikan panduan bagaimana kita dapat menavigasinya.

1. Penahanan Ijazah dalam Undang-Undang:

Penahanan ijazah oleh perusahaan sebenarnya tidak melanggar hukum asalkan dilakukan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Hal ini tercantum dalam Undang-Undang Ketenagakerjaan yang memberikan kewenangan kepada perusahaan untuk menahan ijazah sebagai jaminan selama kita masih bekerja di perusahaan tersebut. Meskipun demikian, ada batasan waktu yang harus diperhatikan.

2. Perhatikan Berapa Lama Ijazah Ditahan Perusahaan:

Undang-Undang Ketenagakerjaan mengatur bahwa penahanan ijazah oleh perusahaan seharusnya tidak melebihi jangka waktu yang wajar. Walaupun tidak ada ketentuan waktu yang spesifik, umumnya perusahaan seharusnya hanya menahan ijazah selama kita masih bekerja di sana. Jika kita memutuskan untuk pindah atau mengakhiri hubungan kerja, perusahaan wajib mengembalikan ijazah tersebut.

3. Cari Informasi tentang Perusahaan:

Sebelum menyetujui penahanan ijazah, sangat penting untuk mencari informasi lebih lanjut tentang reputasi dan kebijakan perusahaan terkait hal ini. Kita dapat melakukan riset online, membaca review dari karyawan sebelumnya, atau bahkan bertanya langsung kepada pihak HR perusahaan. Hal ini akan membantu kita memahami lebih baik alasan di balik kebijakan tersebut dan memastikan bahwa keputusan kita didasarkan pada informasi yang akurat.

4. Tips Jika Perusahaan Meminta Ijazah Ditahan:

Jika perusahaan meminta menahan ijazah kita, ada beberapa tips yang bisa kita pertimbangkan:

  • Baca dan Pahami Kontrak Kerja:
    Pastikan kita membaca dengan cermat kontrak kerja kita. Di dalamnya seharusnya terdapat ketentuan mengenai penahanan ijazah dan batasan waktu yang berlaku.
  • Bicarakan dengan HR:
    Jika ada ketidakjelasan atau kekhawatiran, jangan ragu untuk berbicara dengan departemen HR. Minta penjelasan lebih lanjut mengenai alasan dan batasan waktu penahanan ijazah.
  • Ajukan Pertanyaan Selama Wawancara:
    Jangan ragu untuk mengajukan pertanyaan terkait penahanan ijazah selama proses wawancara kerja. Ini akan memberikan kita gambaran yang lebih baik sebelum kita memutuskan untuk menerima tawaran pekerjaan.
  • Pertimbangkan Alternatif:
    Jika merasa tidak nyaman dengan penahanan ijazah, pertimbangkan apakah ada alternatif lain yang dapat diajukan kepada perusahaan, seperti surat perjanjian atau jaminan lainnya.

Melalui pemahaman yang baik tentang hak-hak kita dan ketentuan hukum yang berlaku, kita dapat mengambil keputusan yang lebih terinformasi terkait penahanan ijazah oleh perusahaan. Ingatlah bahwa dalam setiap keputusan karier, kita memiliki hak untuk bertanya dan memastikan bahwa kebijakan yang diterapkan oleh perusahaan sesuai dengan hak-hak kita sebagai pekerja. Mari menjaga hak-hak kita dan membangun karier yang sukses bersama-sama.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di https://myskill.id/.

Tinggalkan Balasan