Financial Planner dan Financial Advisor: Perbedaan dan Tugas

Dalam dunia keuangan, peran financial planner dan financial advisor seringkali dianggap sama, tetapi sebenarnya keduanya memiliki fokus dan tanggung jawab yang sedikit berbeda. Dalam artikel ini, kita akan menjelaskan pengertian kedua peran ini, serta perbedaan dalam tanggung jawab, sertifikasi, dan pendapatan yang terkait.

Pengertian Financial Planner

Seorang financial planner adalah profesional keuangan yang bertanggung jawab atas merancang strategi keuangan yang holistik untuk klien mereka. Mereka bekerja untuk memahami tujuan keuangan dan situasi klien, serta membantu mereka mengembangkan rencana keuangan jangka panjang yang mencakup berbagai aspek keuangan, seperti investasi, perencanaan pensiun, manajemen risiko, dan perencanaan pajak.

Mau jago Microsoft Excel? Simak panduan lengkap Excel di sini.

Tanggung Jawab Financial Planner

  1. Perencanaan Keuangan: Menyusun rencana keuangan yang komprehensif berdasarkan tujuan, situasi, dan toleransi risiko klien.
  2. Investasi: Memberikan saran tentang investasi yang sesuai dengan tujuan keuangan klien dan membantu mereka membangun portofolio investasi yang diversifikasi.
  3. Pensiun: Merencanakan pensiun dengan memperhitungkan kebutuhan finansial masa pensiun dan mengembangkan strategi pensiun yang sesuai.
  4. Manajemen Risiko: Menganalisis dan mengelola risiko yang terkait dengan situasi keuangan klien, seperti risiko kesehatan, risiko investasi, dan risiko kehidupan.
  5. Perencanaan Pajak: Memberikan saran tentang strategi perencanaan pajak yang optimal untuk mengurangi beban pajak klien.

Mau lancar Bahasa Inggris? Baca panduan lengkap bahasa Inggris, TOEFL, IETLS & Beasiswa ini.

Pengertian Financial Advisor

Seorang financial advisor adalah profesional keuangan yang memberikan saran tentang berbagai produk dan layanan keuangan kepada klien mereka. Mereka membantu klien memahami opsi keuangan yang tersedia, memberikan saran tentang investasi, asuransi, pinjaman, dan produk keuangan lainnya, serta membantu mereka membuat keputusan yang tepat berdasarkan situasi keuangan dan tujuan mereka.

Tanggung Jawab Financial Advisor

  1. Penasehat Keuangan: Memberikan saran tentang berbagai aspek keuangan, termasuk investasi, asuransi, pinjaman, dan perencanaan pensiun.
  2. Pendampingan Investasi: Membantu klien memilih investasi yang sesuai dengan profil risiko, tujuan keuangan, dan jangka waktu investasi mereka.
  3. Pengelolaan Portofolio: Mengelola portofolio investasi klien, melakukan penelitian pasar, dan memberikan saran tentang tindakan yang diperlukan untuk memaksimalkan pengembalian investasi.
  4. Edukasi Keuangan: Memberikan edukasi tentang konsep keuangan dasar, produk keuangan, dan strategi investasi kepada klien.

Mau jadi Sales atau Business Development? Baca panduan lengkap Sales & Business Development berikut

Perbedaan dalam Tanggung Jawab, Sertifikasi, dan Pendapatan

Meskipun kedua peran ini memiliki banyak kesamaan, perbedaan utama terletak pada fokus tanggung jawab mereka. Financial planner lebih terfokus pada perencanaan keuangan jangka panjang dan komprehensif, sementara financial advisor lebih terfokus pada memberikan saran tentang produk dan layanan keuangan yang spesifik. Perbedaan ini juga tercermin dalam sertifikasi yang diperlukan untuk setiap peran. Financial planner sering memiliki sertifikasi seperti Certified Financial Planner (CFP), sementara financial advisor mungkin memegang sertifikasi seperti Chartered Financial Analyst (CFA) atau Certified Financial Consultant (CFC).

Dalam hal pendapatan, financial planner dan financial advisor biasanya mendapatkan kompensasi berdasarkan biaya tetap, komisi dari penjualan produk keuangan, atau kombinasi keduanya, tergantung pada model bisnis dan praktik perusahaan di mana mereka bekerja. Pendapatan dapat bervariasi luas tergantung pada tingkat pengalaman, kualifikasi, dan keberhasilan dalam membangun basis klien yang besar.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill