Mengenal HR Generalist: Definisi, Tanggungjawab & Skill

HR Generalist adalah profesional Sumber Daya Manusia (SDM) yang berperan sebagai penghubung antara manajemen dan karyawan dalam sebuah organisasi. Mereka memiliki pemahaman yang luas tentang berbagai aspek HR dan bertanggung jawab atas berbagai tugas operasional dan strategis dalam departemen SDM.

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

Definisi HR Generalist

HR Generalist adalah individu yang memiliki pengetahuan menyeluruh tentang fungsi SDM dan berbagai aspeknya, seperti perekrutan, pelatihan, manajemen kinerja, dan kebijakan karyawan. Mereka bertindak sebagai konsultan internal bagi manajemen dalam hal kebijakan, praktik terbaik, dan kebutuhan SDM.

Tertarik Jadi Software engineering? Baca panduan lengkap Software Engineering di sini.

Tanggung Jawab HR Generalist

  1. Perekrutan dan Seleksi: HR Generalist bertanggung jawab untuk mengelola seluruh siklus perekrutan, termasuk menulis deskripsi pekerjaan, mengoordinasikan wawancara, dan membuat keputusan perekrutan.
  2. Manajemen Karyawan: Mereka mengelola proses onboarding dan offboarding karyawan, membantu dalam penyelesaian masalah karyawan, dan memastikan kepatuhan terhadap kebijakan dan peraturan perusahaan.
  3. Pelatihan dan Pengembangan: HR Generalist merancang dan mengelola program pelatihan dan pengembangan karyawan untuk meningkatkan keterampilan dan kinerja.
  4. Manajemen Kinerja: Mereka membantu dalam menetapkan dan melaksanakan proses evaluasi kinerja karyawan serta memberikan umpan balik dan dukungan untuk pengembangan karier.
  5. Hubungan Karyawan: HR Generalist berperan sebagai penghubung antara manajemen dan karyawan, menangani konflik, menyediakan dukungan, dan memastikan kepuasan karyawan.
  6. Manajemen Kompensasi dan Manfaat: Mereka mengelola program kompensasi dan manfaat, termasuk penggajian, asuransi kesehatan, dan tunjangan lainnya.
  7. Kepatuhan Hukum: HR Generalist memastikan perusahaan mematuhi semua hukum ketenagakerjaan yang relevan dan mengelola masalah hukum yang berkaitan dengan SDM.

Tertarik jadi Graphic Designer? Baca panduan lengkap Graphic Design di sini.

Skills yang Dibutuhkan HR Generalist

  1. Keterampilan Komunikasi: Kemampuan berkomunikasi yang baik diperlukan untuk berinteraksi dengan karyawan dan manajemen.
  2. Keterampilan Interpersonal: Ini membantu dalam membangun hubungan yang kuat dan produktif dengan semua pihak yang terlibat.
  3. Keterampilan Analitis: HR Generalist harus mampu menganalisis data dan membuat keputusan berdasarkan informasi tersebut.
  4. Keterampilan Organisasi: Kemampuan untuk mengelola waktu dan tugas dengan efisien sangat penting.
  5. Pengetahuan Hukum: Pengetahuan yang kuat tentang hukum ketenagakerjaan diperlukan untuk memastikan kepatuhan perusahaan.
  6. Kreativitas: Kemampuan untuk berpikir kreatif dalam merancang program dan solusi untuk meningkatkan kinerja SDM.

HR Generalist adalah elemen kunci dalam memastikan bahwa organisasi memiliki kebijakan, prosedur, dan praktik SDM yang efektif dan sesuai dengan kebutuhan bisnis serta memberikan dukungan yang diperlukan kepada karyawan dan manajemen. Dengan keterampilan yang tepat, mereka berkontribusi secara signifikan pada kesuksesan dan pertumbuhan perusahaan.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill