Memahami Profesi Hiring Manager: Definisi, Tugas dan Skill

Definisi Hiring Manager

Hiring Manager adalah individu dalam sebuah organisasi yang bertanggung jawab atas proses perekrutan dan seleksi karyawan baru. Mereka memiliki peran kunci dalam memastikan bahwa perusahaan memiliki tim yang terampil, berkualitas, dan sesuai dengan kebutuhan organisasi. Hiring Manager dapat berada di berbagai tingkatan dalam struktur organisasi, tergantung pada ukuran dan kompleksitas perusahaan.

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

Tugas dan Tanggung Jawab Hiring Manager

Tugas dan tanggung jawab seorang Hiring Manager meliputi:

  1. Menentukan Kebutuhan Karyawan Baru: Hiring Manager bekerja sama dengan tim manajemen dan departemen terkait untuk menentukan kebutuhan spesifik perusahaan untuk posisi tertentu. Mereka merumuskan deskripsi pekerjaan, kriteria seleksi, dan atribut yang diinginkan dari calon karyawan.
  2. Mengidentifikasi Sumber Kandidat: Hiring Manager bertanggung jawab untuk mengidentifikasi dan menjangkau sumber kandidat potensial. Ini termasuk menggunakan berbagai platform rekrutmen seperti portal pekerjaan online, jejaring profesional, dan agen rekrutmen eksternal.
  3. Melakukan Wawancara Kandidat: Hiring Manager melakukan wawancara dengan calon karyawan untuk mengevaluasi keterampilan, pengalaman, dan kecocokan budaya perusahaan. Mereka juga mungkin meminta wawancara bersama dengan anggota tim atau pemangku kepentingan lainnya.
  4. Menentukan Penawaran Kerja: Setelah proses seleksi selesai, Hiring Manager menentukan penawaran kerja kepada kandidat yang dipilih. Mereka juga bisa bernegosiasi tentang paket kompensasi dan manfaat serta detail pekerjaan.
  5. Mengelola Proses Onboarding: Setelah kandidat menerima penawaran kerja, Hiring Manager memimpin proses onboarding, yang meliputi orientasi perusahaan, pengantar ke tim, dan penyesuaian dengan lingkungan kerja.
  6. Melakukan Evaluasi Kinerja: Hiring Manager secara teratur memantau dan mengevaluasi kinerja karyawan yang direkrut untuk memastikan kesesuaian dengan harapan dan kebutuhan perusahaan.

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

Skills yang Dibutuhkan Hiring Manager

Beberapa skill yang diperlukan untuk menjadi seorang Hiring Manager meliputi:

  1. Keterampilan Komunikasi yang Baik: Hiring Manager harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik, baik secara lisan maupun tertulis, untuk berinteraksi dengan berbagai pemangku kepentingan.
  2. Keterampilan Manajemen Waktu: Kemampuan untuk mengatur dan mengelola waktu dengan efisien untuk menangani banyak tugas dan jadwal wawancara.
  3. Pemahaman tentang Hukum Ketenagakerjaan: Hiring Manager harus memahami peraturan dan kebijakan ketenagakerjaan yang relevan untuk memastikan proses perekrutan dan seleksi sesuai dengan hukum.
  4. Kemampuan Evaluasi: Kemampuan untuk mengevaluasi keterampilan, pengalaman, dan potensi calon karyawan dengan objektif dan adil.
  5. Kemampuan Menyelesaikan Masalah: Hiring Manager harus dapat mengatasi tantangan dan mengatasi masalah yang mungkin muncul selama proses perekrutan.

Tertarik Jadi Software engineering? Baca panduan lengkap Software Engineering di sini.

Perbedaan Hiring Manager dengan Rekruter

Hiring Manager adalah orang dalam perusahaan yang secara langsung bertanggung jawab atas perekrutan karyawan baru. Mereka terlibat dalam seluruh proses, mulai dari menentukan kebutuhan hingga mengelola onboarding karyawan. Di sisi lain, Rekruter adalah profesional yang bertugas untuk menemukan kandidat potensial dan menghubungkan mereka dengan perusahaan yang memiliki posisi kosong. Rekruter dapat bekerja sebagai bagian dari tim internal perusahaan atau sebagai agen eksternal yang direkrut untuk membantu dalam proses perekrutan. Jadi, sementara Hiring Manager memiliki tanggung jawab langsung dalam memilih karyawan baru, rekruter bertugas untuk menyediakan calon yang berkualitas untuk posisi tersebut.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill