Membaca Jejak Kepribadian Dengan Mengungkap Makna Tes Wartegg

Tes Wartegg, meskipun mungkin terdengar asing bagi sebagian orang, merupakan alat psikometri yang dapat memberikan wawasan mendalam tentang kepribadian seseorang. Dalam artikel ini, kita akan membahas apa sebenarnya Tes Wartegg, bagaimana teknis tes ini dilakukan, profil kepribadian yang dapat diidentifikasi, dan beberapa tips untuk mengerjakannya.

1. Apa Itu Tes Wartegg?

Tes Wartegg, atau lebih dikenal sebagai Wartegg Drawing Completion Test, adalah tes proyektif yang digunakan untuk menilai kepribadian seseorang. Dikembangkan oleh Ehrig Wartegg pada tahun 1939, tes ini menekankan pada aspek proyektif, di mana peserta diharapkan menggambar serangkaian pola yang tidak lengkap untuk mengungkapkan aspek-aspek tertentu dari pikiran dan emosi mereka.

2. Teknis Tes Wartegg

Peserta diberikan serangkaian kotak kosong yang berisi fragmen pola geometris. Mereka diminta untuk melengkapi gambar tersebut sehingga membentuk gambar yang kohesif. Selama proses menggambar, tes ini mencakup berbagai aspek, seperti proporsi, hubungan antar elemen, dan penggunaan ruang.

3. Profil Kepribadian dalam Tes Wartegg

Tes Wartegg tidak memiliki jawaban “benar” atau “salah”; sebaliknya, penilaian dilakukan melalui interpretasi psikolog atau ahli tes. Beberapa aspek kepribadian yang dapat diungkapkan melalui Tes Wartegg melibatkan kreativitas, kemampuan beradaptasi, kontrol emosional, dan bahkan potensi konflik interpersonal. Contohnya, seorang yang cenderung menarik gambar dengan ruang terbuka mungkin memiliki kecenderungan untuk berpikir lebih bebas dan terbuka terhadap ide baru.

4. Tips Mengerjakan Tes Wartegg

a. Bersikap Terbuka

  • Hindari terlalu memikirkan hasil “benar” atau “salah”. Tes ini lebih tentang mengekspresikan diri dengan bebas.

b. Jangan Terlalu Cepat atau Lambat

  • Temukan keseimbangan antara memberikan waktu yang cukup untuk refleksi dan tidak terjebak dalam kelelahan atau terlalu banyak pemikiran.

c. Berfokus pada Setiap Gambar

  • Setiap gambar merupakan kesempatan untuk mengekspresikan aspek tertentu dari diri. Berikan perhatian pada setiap bagian.

d. Jujur dan Terbuka

  • Gambar yang dihasilkan mencerminkan aspek kepribadian. Jujurlah dalam mengekspresikan diri melalui gambar-gambar tersebut.

Tes Wartegg, meskipun sederhana dalam tampilan fisiknya, dapat memberikan pemahaman mendalam tentang berbagai aspek kepribadian. Mengambil tes ini dengan sikap terbuka dan jujur dapat memberikan hasil yang lebih akurat. Dengan memahami diri sendiri melalui Tes Wartegg, kita dapat terus berkembang dan menjadi lebih sadar akan potensi serta tantangan yang mungkin dihadapi dalam lingkungan profesional kita. Tes ini bukan hanya alat evaluasi, tetapi juga peta jalan menuju pemahaman diri yang lebih baik.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di https://myskill.id/.

Tinggalkan Balasan