Membedah Perbedaan serta Persamaan Antara Procurement dan Purchasing

Dalam konteks bisnis dan manajemen rantai pasokan, kedua istilah “procurement” dan “purchasing” sering digunakan secara bergantian, tetapi sebenarnya memiliki perbedaan yang penting. Artikel ini akan menjelaskan definisi masing-masing, perbedaan antara procurement dan purchasing, serta persamaan yang mungkin ada di antara keduanya.

Definisi Procurement

Procurement adalah proses menyeluruh dalam pengadaan barang atau layanan yang diperlukan oleh suatu organisasi atau perusahaan. Ini mencakup semua langkah, mulai dari identifikasi kebutuhan, pemilihan pemasok atau vendor, negosiasi kontrak, hingga pengiriman dan pemantauan kinerja pemasok. Procurement berfokus pada aspek strategis dan jangka panjang, termasuk pemilihan pemasok terbaik, perencanaan kebutuhan jangka panjang, dan manajemen risiko dalam rantai pasokan.

Definisi Purchasing

Purchasing, di sisi lain, adalah bagian dari proses procurement yang lebih spesifik. Ini mengacu pada aktivitas pembelian langsung barang atau layanan yang telah ditentukan oleh departemen atau unit bisnis tertentu dalam organisasi. Purchasing berfokus pada tindakan pengadaan konkret, seperti mengeluarkan pesanan pembelian, menegosiasikan harga, dan memastikan pengiriman barang sesuai dengan persyaratan yang telah ditetapkan.

Perbedaan antara Procurement dan Purchasing

  1. Lingkup dan Cakupan: Procurement meliputi seluruh proses pengadaan, mulai dari perencanaan kebutuhan hingga evaluasi kinerja pemasok, sementara purchasing lebih fokus pada tindakan konkrit pembelian barang atau layanan.
  2. Orientasi: Procurement lebih bersifat strategis dan terfokus pada pencapaian tujuan jangka panjang organisasi, sementara purchasing lebih operasional dan terfokus pada pemenuhan kebutuhan sehari-hari.
  3. Fokus pada Pemasok: Procurement melibatkan pemilihan pemasok terbaik, negosiasi kontrak, dan manajemen hubungan dengan pemasok, sedangkan purchasing lebih terfokus pada transaksi pembelian dengan pemasok yang sudah ditentukan.

Persamaan antara Procurement dan Purchasing

Meskipun ada perbedaan yang signifikan antara procurement dan purchasing, keduanya memiliki persamaan dalam beberapa hal:

  1. Tujuan Akhir: Baik procurement maupun purchasing memiliki tujuan akhir yang sama, yaitu memenuhi kebutuhan organisasi atau perusahaan dengan barang atau layanan yang diperlukan.
  2. Pengelolaan Anggaran: Baik procurement maupun purchasing melibatkan pengelolaan anggaran dan penentuan biaya untuk pembelian barang atau layanan yang diperlukan.
  3. Kualitas dan Keandalan: Baik procurement maupun purchasing berusaha untuk memastikan kualitas dan keandalan barang atau layanan yang diperoleh sesuai dengan standar yang diinginkan oleh organisasi.

Kesimpulan

Procurement dan purchasing adalah dua aspek penting dalam manajemen rantai pasokan yang saling terkait namun memiliki perbedaan yang jelas dalam cakupan dan orientasi. Sementara procurement berfokus pada aspek strategis dan jangka panjang dalam pengadaan barang atau layanan, purchasing lebih berorientasi pada tindakan operasional langsung dalam melakukan pembelian. Meskipun demikian, keduanya memiliki tujuan akhir yang sama, yaitu memastikan bahwa organisasi atau perusahaan memperoleh barang atau layanan yang diperlukan dengan cara yang efektif dan efisien.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di https://myskill.id/

Tinggalkan Balasan