Membuat Google Form dengan Mudah dan Cepat

Google Form adalah alat yang sangat berguna untuk membuat survei, kuis, formulir pendaftaran, dan banyak lagi dengan mudah dan cepat. Dengan menggunakan Google Form, kita dapat mengumpulkan informasi dari orang lain dengan cara yang terorganisir dan efisien. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara membuat Google Form dengan cepat dan cara membagikannya kepada responden.

Langkah 1: Akses Google Form

Pertama, buka Google Drive di browser web kita dan masuk ke akun Google kita . Setelah masuk, klik tombol “Buat” dan pilih “Formulir” dari menu drop-down. Ini akan membuka Google Form dalam tab atau jendela baru.

Langkah 2: Buat Pertanyaan

Di Google Form, kita dapat membuat pertanyaan dengan mengetikkan teks pertanyaan di bagian atas kotak teks yang tersedia. kita dapat memilih jenis jawaban yang diinginkan, seperti pilihan ganda, isian singkat, paragraf, atau bahkan pertanyaan dengan skala penilaian. Setelah menambahkan pertanyaan pertama, klik tombol “+” di bawahnya untuk menambahkan pertanyaan berikutnya.

Langkah 3: Atur Opsi Pertanyaan

Setelah menambahkan pertanyaan, kita dapat menyesuaikan opsi pertanyaan dengan mengklik ikon roda gigi di pojok kanan atas setiap pertanyaan. Di sini kita dapat mengatur pertanyaan menjadi wajib diisi, menambahkan petunjuk, atau mengatur opsi lain seperti pemilihan jawaban acak.

Langkah 4: Tambahkan Jawaban Opsi

Untuk pertanyaan pilihan ganda atau pilihan ganda berganda, kita dapat menambahkan opsi jawaban dengan mengklik “Tambahkan opsi” di bawah pertanyaan tersebut. Kita dapat menambahkan sebanyak mungkin opsi yang diperlukan untuk pertanyaan tersebut.

Langkah 5: Atur Tema dan Latar Belakang

Google Form menyediakan berbagai tema dan latar belakang yang dapat kita pilih untuk memperindah tampilan formulir. kita dapat mengakses opsi ini dengan mengklik ikon kuas cat di pojok kanan atas Google Form. Pilih tema dan latar belakang yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi kita.

Langkah 6: Bagikan Google Form

Setelah kita selesai membuat formulir, klik tombol “Bagikan” di pojok kanan atas Google Form. Kita akan diberikan opsi untuk mengirimkan formulir melalui email, menghasilkan tautan untuk dibagikan, atau memasang formulir di situs web. Pilih opsi yang sesuai dan ikuti petunjuk yang diberikan.

Langkah 7: Pantau Tanggapan

Setelah membagikan formulir, kita dapat memantau tanggapan dari responden dengan mudah. Klik pada tab “Tanggapan” di bagian atas Google Form untuk melihat tanggapan yang masuk secara langsung. Kita juga dapat membuat grafik atau lembar kerja Google untuk menganalisis tanggapan lebih lanjut.

Langkah 8: Edit atau Hapus Google Form

Jika kita perlu melakukan perubahan pada formulir setelah membagikannya, kita dapat dengan mudah mengeditnya dengan kembali ke Google Drive dan membuka formulir yang bersangkutan. kita juga dapat menghapus formulir jika sudah tidak diperlukan lagi dengan mengklik ikon tempat sampah di Google Drive.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kita dapat membuat Google Form dengan cepat dan membagikannya kepada responden dengan mudah. Google Form adalah alat yang sangat berguna untuk mengumpulkan informasi dari orang lain dalam berbagai konteks, mulai dari survei pelanggan hingga kuesioner kelas.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di https://myskill.id/.

Tinggalkan Balasan