5 Alasan Mengapa Kita Harus Membangun Start-Up

Di era digital saat ini, mengikuti perkembangan zaman yang cepat adalah sebuah tuntutan untuk masyarakat. Apalagi di era Revolusi Industri 5.0, industri start-up mulai banyak bermunculan dan berkembang. Lalu, mengapa kita harus membangun start-up?

Banyak dari kalian mungkin sudah familier dengan sebutan start-up. Start-up atau perusahaan rintisan, adalah semua perusahaan yang belum lama beroperasi atau dalam fase pengembangan dan penelitian untuk menemukan pasar yang tepat.

Sekarang ini penggunaan sebutan start-up lebih mengacu pada perusahaan layanan berbasis teknologi. Pertumbuhan teknologi sekarang ini semakin pesat sehingga perusahaan-perusahaan yang baru lahir lebih mengandalkan atau berpaku pada fitur-fitur teknologi yang ada.

Nah, buat kamu yang ingin membangun sebuah perusahaan sendiri dan memulai dari nol, di bawah ini Myskill.id akan jelaskan 5 alasan mengapa kamu harus membangun start-up. Mari, simak bareng-bareng!

1. Menjadi Tertantang dalam Pemecahan Masalah

Mengapa Membangun Start-Up https://www.pexels.com/photo/8617726/
Terlatih untuk memecahkan suatu masalah

Membuat dan membangun sebuah perusahaan rintisan dari nol tentu saja hal yang sangat menantang. Sebagai seorang pendiri perusahaan, kamu harus bisa mengatasi atau memecahkan masalah dengan baik, terperinci, serta solutif.

Mungkin kamu masih bingung untuk menentukan pekerjaan apa yang akan kamu lakukan di masa depan. Oleh karena itu, tantanglah diri kamu sekaligus latih problem solving skill agar kamu tahu kemampuan dan batasan dirimu.

Ketika sudah terbiasa, nantinya kamu dapat memanfaatkan hal ini untuk keberlangsungan karier kamu di masa yang akan datang.

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

2. Menelusuri Kemampuan Diri

Mengapa Membangun Start-Up https://www.pexels.com/photo/7369/
Seberapa jauh kemampuan dirimu?

Tidak mudah untuk memulai segalanya dari nol. Apalagi merintis sebuah perusahaan. Kamu wajib bisa mengasah, menelusuri, dan menentukan seberapa jauh kemampuan dirimu.

Dari sini, kamu akan berlatih tentang berbagai hal yang pasti suatu saat nanti akan berguna, terutama dalam perjalanan kariermu dan bagaimana manajemen hubunganmu dengan masyarakat sosial.

Nantinya, kamu akan menemukan sampai mana kemampuan dirimu dalam mengatasi permasalahan yang ada.

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

3. Menciptakan Lapangan Kerja

Mengapa Membangun Start-Up https://www.pexels.com/photo/7688161/
Lapangan kerja untuk banyak orang

Membuat sebuah perusahaan baru artinya membuka lapangan pekerjaan. Dengan kamu menjadi pemilik perusahaan sendiri, kamu harus mencari karyawan untuk membantu keberlangsungan perusahaan rintisanmu.

Kesempatan bekerja di perusahaan yang baru kamu rintis tersebut akan membantu banyak orang yang sedang mencari pekerjaan.

Mau jago Microsoft Excel? Simak panduan lengkap Excel di sini.

4. Menambah Jaringan Relasi yang Semakin Luas

Mengapa Membangun Start-up https://www.pexels.com/photo/3183197/
Jaringan relasi yang luas dan beragam

Kamu akan bertemu banyak orang-orang baru. Karyawanmu, orang-orang dari perusahaan lain, hingga mungkin para orang penting yang ingin berkolaborasi dengan perusahaanmu.

Dari situ, lingkup relasimu pun akan semakin luas dan beragam. Hal ini bisa membuat kamu punya pengalaman lebih banyak dengan beragamnya relasi yang telah kamu bangun.

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

5. Sebuah Investasi untuk Karier Masa Depan

Mengapa Membangun Start-Up https://www.pexels.com/photo/p9660/
Investasi untuk masa depan kariermu!

Membuat sebuah perusahaan rintisan adalah investasi jangka panjang. Jika kamu terus menekuni perusahaan rintisanmu, maka kamu akan memiliki sebuah simpanan untuk jenjang kariermu di masa yang akan datang.

Kamu akan memahami ke mana kariermu akan berlabuh dengan membangun start-up. Mungkin tidak secara instan, tapi hal tersebut akan membuatmu memiliki bekal untuk menjadi pribadi yang lebih siap dalam menghadapi Revolusi Industri 5.0 dan bonus demografi.

Mau lancar Bahasa Inggris? Baca panduan lengkap bahasa Inggris, TOEFL, IETLS & Beasiswa ini.

Itulah tadi 5 alasan mengapa kamu harus membangun start-up untuk mengembangkan kemampuan diri kamu.

Membangun start-up hanya salah satu cara untuk menemukan jati dirimu. Namun, dengan membaca tulisan tadi, setidaknya bisa menjadi insight buat kamu dalam menentukan “What will you do in the future?

Bagi kamu yang sedang mencari pelatihan, pengembangan diri, atau sekadar mencari informasi seputar perkuliahan, kamu bisa cek bootcamp dan kelas tentang start-up di Myskill.id ya!

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill

Editor: Putrika Annaya Salsabila

Tinggalkan Balasan