Mengapa Tangan Sering Kesemutan? Penyebab yang Perlu Diperhatikan

Apakah Anda pernah merasa tangan Anda tiba-tiba kesemutan tanpa alasan yang jelas? Kesemutan atau sensasi mati rasa di tangan adalah masalah yang umum terjadi dan seringkali tidak memerlukan perhatian medis serius. Namun, dalam beberapa kasus, kesemutan bisa menjadi tanda adanya kondisi medis yang perlu diperhatikan. Mari kita telusuri sepuluh penyebab umum tangan sering kesemutan yang perlu diwaspadai:

1. Tekanan pada Saraf: Salah satu penyebab paling umum dari kesemutan adalah tekanan yang diberikan pada saraf di tangan atau pergelangan tangan. Hal ini bisa disebabkan oleh posisi tidur yang salah, penggunaan gadget dalam waktu yang lama dengan posisi tertentu, atau bahkan mengantukkan tangan di atas meja.

2. Sindrom Terowongan Karpal: Ini adalah kondisi di mana saraf utama di pergelangan tangan, yang disebut saraf median, terjepit atau teriritasi. Gejalanya meliputi kesemutan, mati rasa, atau rasa terbakar di jari-jari, telapak tangan, dan ibu jari.

3. Diabetes: Orang yang menderita diabetes memiliki risiko lebih tinggi mengalami kesemutan karena tingkat gula darah yang tinggi dapat merusak saraf.

4. Cedera atau Trauma: Cedera pada pergelangan tangan atau saraf bisa menyebabkan kesemutan. Ini bisa terjadi akibat kecelakaan, pukulan, atau cedera olahraga.

5. Penyakit Autoimun: Penyakit autoimun seperti lupus atau rheumatoid arthritis dapat menyebabkan peradangan yang mengakibatkan tekanan pada saraf dan menyebabkan kesemutan.

6. Gangguan Pembuluh Darah: Gangguan sirkulasi darah, seperti arteriosklerosis atau penyumbatan pembuluh darah, bisa menghambat aliran darah ke tangan dan menyebabkan kesemutan.

7. Gangguan Saraf: Kondisi neurologis seperti multiple sclerosis (MS) atau neuropati perifer dapat memengaruhi fungsi saraf dan menyebabkan kesemutan.

8. Kekurangan Vitamin B12: Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan gangguan saraf dan gejala seperti kesemutan di tangan dan kaki.

9. Gangguan Tiroid: Gangguan tiroid, baik hipertiroidisme maupun hipotiroidisme, dapat menyebabkan kesemutan dan mati rasa di tangan.

10. Efek Samping Obat: Beberapa jenis obat, terutama yang digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi atau kanker, dapat menyebabkan kesemutan sebagai efek sampingnya.

Kapan Harus Mencari Bantuan Medis?

Meskipun kesemutan biasanya tidak berbahaya, ada beberapa situasi di mana Anda harus mencari bantuan medis segera, termasuk:

  • Kesemutan yang terjadi secara tiba-tiba dan parah.
  • Kesemutan yang terjadi bersama dengan kelemahan otot atau kesulitan berbicara.
  • Kesemutan yang terjadi bersama dengan perubahan kesadaran atau pingsan.
  • Kesemutan yang terjadi secara berulang atau berkepanjangan.

Jika Anda mengalami gejala seperti itu, penting untuk segera berkonsultasi dengan profesional medis untuk evaluasi dan diagnosis yang tepat.

Kesimpulan:

Kesemutan di tangan bisa disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari tekanan pada saraf hingga kondisi medis serius seperti diabetes atau gangguan saraf. Meskipun dalam banyak kasus kesemutan adalah hal yang wajar dan sementara, penting untuk mengidentifikasi penyebabnya, terutama jika gejalanya berulang atau parah. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter Anda jika Anda memiliki kekhawatiran tentang kesemutan yang Anda alami.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di https://myskill.id/

Tinggalkan Balasan