Mengenal Business Analyst: Definisi, Tugas, dan Skill yang Dibutuhkan

Seorang Business Analyst (BA) adalah profesional yang bertanggung jawab untuk menganalisis kebutuhan bisnis, proses, dan sistem perusahaan untuk mengidentifikasi solusi dan strategi yang optimal. Sebagai Business Analyst, kita berperan penting dalam membantu organisasi mencapai tujuan bisnis dengan efisien dan efektif.
Berikut ini penjelasan lebih lanjut mengenai Business Analyst. Yuk simak!.

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

Definisi Business Analyst

Business Analyst adalah individu yang memiliki pemahaman mendalam tentang operasi bisnis dan teknologi informasi. Kita akan menggunakan keterampilan analitis untuk mengumpulkan, menganalisis, dan memahami kebutuhan bisnis, dan kemudian merancang solusi yang sesuai untuk meningkatkan kinerja dan efisiensi organisasi.

Tugas Business Analyst

  1. Menganalisis Kebutuhan Bisnis: BA bertanggung jawab untuk mengidentifikasi, mengumpulkan, dan menganalisis kebutuhan bisnis dari berbagai departemen atau pemangku kepentingan dalam organisasi.
  2. Merancang Solusi: Berdasarkan analisis kebutuhan bisnis, BA merancang solusi yang sesuai, baik dalam bentuk perubahan proses bisnis, pengembangan aplikasi baru, atau implementasi teknologi baru.
  3. Koordinasi Proyek: BA memainkan peran penting dalam proyek-proyek bisnis dengan berkoordinasi dengan tim lintas fungsi, termasuk pengembang, manajer proyek, dan pemangku kepentingan lainnya.
  4. Pengujian dan Validasi: BA bertanggung jawab untuk memastikan bahwa solusi yang diusulkan memenuhi kebutuhan bisnis dan berfungsi dengan baik melalui pengujian dan validasi.
  5. Pendampingan dan Pelatihan: BA dapat memberikan pendampingan dan pelatihan kepada pengguna akhir atau tim terkait untuk memastikan penggunaan yang efektif dari solusi yang diimplementasikan.

Mau jadi Product Manager? Baca panduan lengkap Product Manager berikut.

Berapa Gaji Business Analyst?

Gaji seorang Business Analyst dapat bervariasi tergantung pada pengalaman, kualifikasi, dan lokasi geografis. Namun, secara umum, gaji rata-rata seorang Business Analyst berkisar antara $60,000 hingga $120,000 per tahun, tergantung pada faktor-faktor tersebut.

Skill yang Dibutuhkan Seorang Business Analyst

  1. Keterampilan Analitis: Kemampuan untuk menganalisis data, memahami tren bisnis, dan menarik kesimpulan yang relevan dari informasi yang ada.
  2. Pemahaman Bisnis: Memiliki pemahaman yang kuat tentang operasi bisnis dan industri tempat kita bekerja.
  3. Keterampilan Komunikasi: Kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik dengan berbagai pemangku kepentingan, termasuk manajemen, pengembang, dan pengguna akhir.
  4. Kemampuan Teknis: Memiliki pengetahuan dasar tentang teknologi informasi, termasuk penggunaan perangkat lunak analisis data dan alat-alat pengelolaan proyek.
  5. Keterampilan Manajemen Proyek: Kemampuan untuk merencanakan, mengelola, dan mengkoordinasikan proyek-proyek bisnis dari awal hingga akhir.
  6. Pemecahan Masalah: Kemampuan untuk mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah dengan cepat dan efisien.
  7. Pemikiran Strategis: Kemampuan untuk melihat gambaran besar dan menyusun strategi yang efektif untuk mencapai tujuan bisnis.

Mau jadi Sales atau Business Development? Baca panduan lengkap Sales & Business Development berikut

Dengan kombinasi keterampilan analitis, pemahaman bisnis, dan keterampilan komunikasi yang kuat, seorang Business Analyst dapat memainkan peran kunci dalam meningkatkan kinerja dan efisiensi operasional organisasi. Keseluruhan, peran Business Analyst adalah tentang membantu organisasi untuk mencapai kesuksesan jangka panjang kita melalui analisis yang tepat dan solusi yang efektif. Semga artikel ini membantu!.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill