Mengenal HRIS: Definisi, Fitur, Manfaat, dan Pilihan Aplikasinya

Dalam era teknologi saat ini, alat-alat digital semakin membantu berbagai sektor bisnis, termasuk manajemen sumber daya manusia (HR). Salah satu alat yang sangat bermanfaat dalam konteks ini adalah HRIS atau Human Resource Information System. Artikel ini akan membahas pengertian HRIS, fitur-fiturnya, manfaatnya bagi karyawan, dan beberapa aplikasi HRIS terpopuler.

Apa Itu HRIS?

HRIS, atau Human Resource Information System, merupakan platform yang dirancang untuk mengelola dan menyimpan data terkait sumber daya manusia di suatu perusahaan. Melalui HRIS, data karyawan, informasi organisasi, dan berbagai aspek HR lainnya dapat diakses, dikelola, dan dianalisis secara efisien. Jungo HR menyebutkan bahwa HRIS dapat membantu dalam pelacakan data karyawan serta menyediakan fasilitas analisis data yang diperlukan.

HRIS umumnya menggunakan cloud untuk menyimpan data, yang menjaga keamanan informasi karyawan. Dengan demikian, HR tidak perlu lagi melakukan input data secara manual, mengoptimalkan fungsi bisnis, dan mengurangi biaya operasional.

Fitur-Fitur HRIS

Fitur-fitur HRIS bervariasi tergantung pada aplikasinya, namun beberapa fitur umum mencakup:

  • Master Data Management (MDM): Manajemen data utama termasuk data karyawan dan informasi organisasi.
  • Organizational Management: Manajemen struktur organisasi dan hubungan antarbagian.
  • Employee Self-Service: Fitur yang memungkinkan karyawan mengakses dan mengelola informasi pribadi mereka.
  • Absence and Leave Management: Pelacakan cuti dan izin karyawan.
  • Recruiting and Applicant Tracking: Proses perekrutan dan pelacakan pelamar.
  • Compensation Management: Manajemen kompensasi dan tunjangan.
  • Training Tracking: Pelacakan pelatihan dan pengembangan karyawan.
  • Analytics: Analisis data untuk mendukung pengambilan keputusan.

Manfaat HRIS untuk Karyawan

  1. Cuti dan Izin: Karyawan dapat dengan mudah mengajukan cuti dan izin melalui HRIS. Informasi sisa cuti juga dapat diakses dengan cepat.
  2. Absensi: HRIS memudahkan proses absensi, terutama bagi yang bekerja dari rumah. Penggunaan sidik jari atau nomor telepon untuk absensi semakin mempermudah.
  3. Pengumuman Perusahaan: Karyawan dapat mengakses pengumuman perusahaan secara langsung dari dashboard HRIS, menjaga mereka tetap terinformasi tentang tanggal merah, pertemuan, atau acara penting lainnya.
  4. Integrasi Antarkaryawan: HRIS memberikan informasi tentang jadwal rekan kerja dan memudahkan penjadwalan meeting atau kerjasama, terutama untuk perusahaan dengan karyawan yang berbeda-beda tanggal merah.

Aplikasi HRIS Terpopuler

  1. UZIO: HRIS yang mudah digunakan dan terjangkau, cocok untuk bisnis kecil hingga menengah.
  2. Sapling: Direkomendasikan untuk bisnis menengah dengan kehadiran global. Menyediakan integrasi dengan berbagai tool lainnya.
  3. EnterpriseAxis: Menawarkan berbagai fitur lengkap sebagai Software as a Service (SaaS), meskipun pengalaman pengguna (UX) kurang optimal.

HRIS tidak hanya bermanfaat bagi departemen HR tetapi juga memberikan keuntungan bagi seluruh karyawan dalam hal manajemen waktu, akses informasi, dan kolaborasi tim. Dengan pemahaman yang baik tentang HRIS dan pemanfaatannya, perusahaan dapat meningkatkan efisiensi dan kesejahteraan karyawan secara keseluruhan.

Mari terus belajar dan kembangkan skill diĀ https://myskill.id/.

Tinggalkan Balasan