Mengenal Perbedaan Sales dan Business Development

Sales dan Business Development adalah dua istilah yang sering digunakan dalam dunia bisnis, keduanya memiliki peran penting dalam memajukan perusahaan, namun keduanya memiliki perbedaan yang signifikan dalam pendekatan, fokus, dan tanggung jawab mereka.

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

Sales

Sales adalah proses menjual produk atau layanan kepada pelanggan atau prospek dengan tujuan untuk menghasilkan pendapatan. Tugas utama seorang sales adalah mempromosikan, menjelaskan fitur produk atau layanan, dan melakukan negosiasi untuk mencapai penjualan. Mereka bertanggung jawab untuk mencapai target penjualan yang telah ditetapkan oleh perusahaan dan memastikan pelanggan mendapatkan solusi yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Sales sering berinteraksi langsung dengan pelanggan melalui berbagai saluran, seperti telepon, email, atau pertemuan tatap muka. Fokus utama sales adalah pada penjualan yang bersifat transaksional.

Mau jago Microsoft Excel? Simak panduan lengkap Excel di sini.

Business Development

Business Development (BD) adalah proses mencari, mengidentifikasi, dan mengeksploitasi peluang-peluang bisnis baru untuk meningkatkan pertumbuhan dan profitabilitas perusahaan. Tugas utama seorang Business Development adalah mengembangkan strategi jangka panjang untuk memasuki pasar baru, membangun kemitraan dengan mitra bisnis, dan mengidentifikasi tren pasar yang sedang berkembang. Mereka bertanggung jawab untuk mengembangkan hubungan jangka panjang dengan klien potensial, membangun brand awareness, dan menciptakan peluang bisnis baru. Fokus utama business development adalah pada pertumbuhan dan ekspansi perusahaan secara keseluruhan.

Mau lancar Bahasa Inggris? Baca panduan lengkap bahasa Inggris, TOEFL, IETLS & Beasiswa ini.

Perbedaan Sales dan Business Development

  1. Fokus Utama: Sales lebih berfokus pada penjualan produk atau layanan yang sudah ada kepada pelanggan yang sudah ada, sedangkan Business Development lebih berfokus pada strategi jangka panjang untuk pertumbuhan bisnis secara keseluruhan.
  2. Pendekatan: Sales menggunakan pendekatan yang lebih langsung dan taktis dalam melakukan penjualan, sedangkan Business Development menggunakan pendekatan yang lebih strategis dan jangka panjang dalam mencari peluang baru untuk pertumbuhan bisnis.
  3. Target: Sales berurusan dengan mencapai target penjualan harian, mingguan, atau bulanan, sedangkan Business Development berurusan dengan mencapai target pertumbuhan bisnis jangka panjang.
  4. Interaksi dengan Pelanggan: Sales lebih sering berinteraksi langsung dengan pelanggan untuk melakukan penjualan, sedangkan Business Development lebih fokus pada membangun hubungan jangka panjang dengan klien potensial dan mitra bisnis.
  5. Pemasaran Produk: Sales menggunakan strategi pemasaran produk yang sudah ada, sedangkan Business Development menggunakan strategi untuk memasarkan perusahaan secara keseluruhan.
  6. Fase dalam Siklus Bisnis: Sales berada dalam fase akhir siklus bisnis, sementara Business Development berada dalam fase awal dan tengah siklus bisnis.
  7. Penekanan pada Transaksi vs. Strategi: Sales menekankan pada transaksi dan penjualan produk atau layanan, sedangkan Business Development menekankan pada pengembangan strategi jangka panjang untuk pertumbuhan bisnis.
  8. Waktu dan Pendekatan: Sales lebih berfokus pada taktik pemasaran langsung, sedangkan Business Development lebih berfokus pada strategi jangka panjang dan pembangunan hubungan bisnis.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill