Mengenal Advertising Manager: Arti, Tugas, Skill & Caranya

Arti Profesi Advertising Manager

Seorang Advertising Manager adalah seorang profesional yang bertanggung jawab atas pengembangan, implementasi, dan evaluasi strategi periklanan suatu perusahaan atau organisasi. Mereka memainkan peran kunci dalam merancang kampanye periklanan yang efektif untuk mempromosikan produk, layanan, atau merek. Advertising Manager bertanggung jawab atas menciptakan pesan yang menarik, menargetkan audiens yang tepat, dan mengelola anggaran periklanan untuk mencapai tujuan pemasaran perusahaan.

Mau jago Microsoft Excel? Simak panduan lengkap Excel di sini.

Tugas Advertising Manager

  1. Merancang Kampanye Periklanan: Advertising Manager merancang strategi periklanan yang efektif berdasarkan tujuan pemasaran perusahaan.
  2. Pemilihan Media: Mereka memilih media yang sesuai, seperti televisi, radio, cetak, atau media digital, untuk mencapai audiens target.
  3. Pengembangan Pesan: Advertising Manager mengembangkan pesan periklanan yang menarik dan relevan untuk menarik perhatian konsumen.
  4. Penyusunan Anggaran: Mereka mengelola anggaran periklanan perusahaan dan membuat alokasi yang efisien untuk berbagai saluran media.
  5. Koordinasi dengan Tim Kreatif: Advertising Manager bekerja sama dengan tim kreatif, seperti penulis iklan dan desainer grafis, untuk membuat materi iklan yang menarik.
  6. Pengukuran Kinerja: Mereka mengukur kinerja kampanye periklanan, menganalisis data, dan membuat laporan tentang keberhasilan kampanye.
  7. Negosiasi Kontrak: Advertising Manager bernegosiasi dengan media dan vendor lainnya untuk mendapatkan harga terbaik dan mendukung kampanye periklanan.
  8. Pemantauan Tren Industri: Mereka terus memantau tren industri dan perubahan pasar untuk memastikan bahwa strategi periklanan perusahaan tetap relevan.

Mau jadi Sales atau Business Development? Baca panduan lengkap Sales & Business Development berikut

Skill yang Dibutuhkan Advertising Manager

  1. Kreativitas: Kemampuan untuk menghasilkan ide-ide inovatif dan kreatif untuk kampanye periklanan.
  2. Kemampuan Komunikasi: Kemampuan untuk berkomunikasi secara efektif, baik secara lisan maupun tertulis.
  3. Kemampuan Analitis: Kemampuan untuk menganalisis data dan hasil kampanye periklanan untuk mengidentifikasi tren dan peluang.
  4. Kemampuan Manajemen Proyek: Kemampuan untuk mengelola banyak proyek periklanan secara bersamaan dan memastikan agar semuanya tetap berjalan sesuai jadwal.
  5. Kemampuan Negosiasi: Kemampuan untuk bernegosiasi dengan media dan vendor untuk mendapatkan kesepakatan yang menguntungkan.
  6. Pemahaman Pasar: Pemahaman mendalam tentang pasar dan audiens target perusahaan.
  7. Keterampilan Manajerial: Kemampuan untuk memimpin dan mengelola tim periklanan dengan efektif.
  8. Kemampuan Adaptasi: Kemampuan untuk beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan dalam industri periklanan dan tren konsumen.

Tertarik jadi Graphic Designer? Baca panduan lengkap Graphic Design di sini.

Cara Menjadi Advertising Manager

  1. Pendidikan: Gelar sarjana dalam bidang pemasaran, komunikasi, atau bisnis seringkali diperlukan untuk masuk ke dalam posisi Advertising Manager.
  2. Pengalaman: Pengalaman kerja yang relevan dalam periklanan atau pemasaran sangat dihargai.
  3. Pengembangan Keterampilan: Membangun keterampilan yang diperlukan seperti kreativitas, analisis data, dan kemampuan manajemen proyek.
  4. Jaringan: Membangun jaringan profesional dalam industri periklanan dan memanfaatkannya untuk mencari peluang karier.
  5. Pendidikan Lanjutan: Menambah kualifikasi dengan mengikuti kursus atau sertifikasi yang relevan dalam pemasaran atau periklanan.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill