Mengenal Sales Support yang Menunjang Keberhasilan Penjualan

Sales Support merupakan elemen penting dalam struktur penjualan suatu perusahaan. Mereka bertanggung jawab atas menyediakan dukungan administratif dan operasional kepada tim penjualan agar dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara rinci deskripsi pekerjaan Sales Support serta keterampilan dan kualifikasi yang dibutuhkan untuk menjalankan peran ini.

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

Deskripsi Pekerjaan Sales Support

  1. Administrasi Penjualan: Salah satu tugas utama Sales Support adalah menangani administrasi penjualan, seperti memproses pesanan, mengelola basis data pelanggan, dan menyusun laporan penjualan.
  2. Pelayanan Pelanggan: Sales Support berperan sebagai jembatan antara pelanggan dan tim penjualan. Mereka menjawab pertanyaan pelanggan, menangani keluhan, dan memberikan informasi produk atau layanan yang dibutuhkan.
  3. Pemeliharaan Basis Data: Sales Support bertanggung jawab atas pemeliharaan dan pengelolaan basis data pelanggan, termasuk pembaruan informasi kontak dan riwayat pembelian.
  4. Pendukung Penawaran: Mereka membantu tim penjualan dalam penyusunan penawaran dan proposal, termasuk penyusunan dokumen-dokumen yang diperlukan dan koordinasi dengan departemen terkait.
  5. Manajemen Stok: Sales Support dapat membantu dalam manajemen stok dan pengiriman produk kepada pelanggan, termasuk pemantauan persediaan dan penjadwalan pengiriman.

Mau jago Microsoft Excel? Simak panduan lengkap Excel di sini.

Skill dan Kualifikasi Sales Support

  1. Keterampilan Komunikasi: Kemampuan komunikasi verbal dan tertulis yang baik diperlukan untuk berinteraksi dengan pelanggan dan anggota tim penjualan.
  2. Keterampilan Administratif: Kemampuan dalam mengelola dokumen, memproses pesanan, dan menyusun laporan dengan akurat dan efisien.
  3. Keterampilan Teknologi: Pemahaman tentang perangkat lunak administrasi penjualan dan aplikasi produktivitas, serta kemampuan untuk belajar menggunakan sistem baru dengan cepat.
  4. Kemampuan Manajemen Waktu: Sales Support harus dapat mengatur waktu dengan baik untuk menangani berbagai tugas dengan efisien.
  5. Kemampuan Penyelesaian Masalah: Kemampuan untuk menangani tantangan atau masalah yang muncul dengan cepat dan efektif.

Mau jadi HRD? Simak panduan lengkap Human Resource Development di sini.

Pentingnya Sales Support

Sales Support memainkan peran krusial dalam menunjang keberhasilan tim penjualan dan memastikan kepuasan pelanggan. Dengan menyediakan dukungan administratif yang kuat dan pelayanan pelanggan yang baik, mereka membantu mempercepat proses penjualan, meningkatkan efisiensi operasional, dan membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan.

Dalam dunia bisnis yang kompetitif, memiliki tim Sales Support yang efektif dapat menjadi keunggulan kompetitif bagi perusahaan. Oleh karena itu, investasi dalam pengembangan keterampilan dan kompetensi Sales Support merupakan langkah penting bagi perusahaan yang ingin memperkuat posisi mereka di pasar.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill