Mengetahui Cara Login ke Dashboard WordPress

WordPress adalah platform yang sangat populer untuk membuat dan mengelola situs web. Setelah Kita berhasil menginstal WordPress di hosting Kita, langkah selanjutnya adalah masuk ke dashboard, di mana Kita dapat mengelola konten, tema, dan plugin situs Kita. Dalam artikel ini, Kita akan menjelaskan secara lengkap bagaimana cara masuk ke dashboard WordPress.

1. Buka Browser dan Masukkan URL Situs:

Langkah pertama adalah membuka browser web Kita dan memasukkan URL situs WordPress Kita di bilah alamat. URL ini akan tergantung pada nama domain yang Kita pilih saat menginstal WordPress. Contohnya, jika nama domain Kita adalah “contoh.com”, URL-nya mungkin akan menjadi “http://contoh.com”.

2. Tambahkan /wp-admin di Akhir URL:

Setelah memasukkan URL situs, Kita perlu menambahkan “/wp-admin” di akhir URL. Ini akan mengarahkan Kita ke halaman login WordPress. Jadi, URL lengkapnya akan menjadi “http://contoh.com/wp-admin”.

3. Masukkan Informasi Login:

Sekarang Kita akan melihat halaman login WordPress, di mana Kita perlu memasukkan informasi login Kita. Informasi ini biasanya terdiri dari nama pengguna atau alamat email dan kata sandi.

4. Klik Tombol “Login”:

Setelah memasukkan informasi login Kita, Kita cukup mengklik tombol “Login” untuk masuk ke dashboard WordPress. Jika informasi login yang Kita masukkan benar, Kita akan diarahkan ke dashboard WordPress Kita.

5. Gunakan Bookmark atau Bookmarking Halaman Login:

Untuk kemudahan akses di masa mendatang, Kita bisa membuat bookmark atau bookmarking halaman login WordPress. Ini akan memungkinkan Kita untuk dengan cepat dan mudah kembali ke halaman login tanpa harus memasukkan URL setiap kali Kita ingin masuk.

6. Gunakan Plugin untuk Login Otomatis:

Kita juga bisa menggunakan plugin untuk menyederhanakan proses login. Ada banyak plugin yang tersedia di direktori plugin WordPress yang memungkinkan Kita untuk melakukan otentikasi dengan metode yang berbeda atau menyediakan otomatisasi login.

7. Penyimpanan Informasi Login yang Aman:

Penting untuk menyimpan informasi login Kita dengan aman dan rahasia. Jangan pernah memberikan informasi login Kita kepada orang lain atau membagikannya di tempat-tempat umum. Gunakan kata sandi yang kuat dan aman, dan pertimbangkan untuk menggunakan manajer kata sandi untuk menyimpan dan mengelola kata sandi Kita.

Kesimpulan:

Login ke dashboard WordPress adalah langkah penting dalam mengelola situs web WordPress Kita. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Kita akan dapat masuk ke dashboard dengan cepat dan mulai mengelola situs Kita dengan mudah. Ingatlah untuk selalu melindungi informasi login Kita dan menjaga keamanan situs Kita dengan menggunakan praktik terbaik keamanan online.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di https://myskill.id/.

Tinggalkan Balasan