Menjawab Pertanyaan “Apa yang Tidak Disukai di Pekerjaan Sebelumnya”

Pertanyaan tentang apa yang tidak disukai di pekerjaan sebelumnya sering muncul dalam wawancara kerja dan dapat menjadi kesempatan kita untuk menunjukkan pemahaman yang baik tentang preferensi dan prioritas kita dalam lingkungan kerja.
Berikut adalah tips yang My Skill rangkum untuk menjawab pertanyaan tersebut dengan baik. Yuk simak!

1. Hal yang Perlu Diperhatikan:

Sebelum menjawab pertanyaan ini, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan, antara lain:

  • Jangan Menyebutkan Hal-hal yang Terlalu Pribadi atau Subyektif: Hindari menyebutkan masalah yang terlalu pribadi atau subjektif seperti konflik interpersonal dengan rekan kerja tertentu. Fokuslah pada hal-hal yang bersifat lebih umum dan relevan bagi banyak orang.
  • Jelaskan Bagaimana Kita Mengatasi atau Belajar dari Pengalaman Tersebut: Setelah menyebutkan hal yang tidak disukai, berikan juga penjelasan tentang bagaimana kita mengatasi tantangan tersebut atau apa yang kita pelajari dari pengalaman tersebut. Ini akan menunjukkan kepada pewawancara bahwa kita adalah orang yang reflektif dan proaktif.

2. Cara Menjawabnya:

Berikut adalah cara-cara untuk menjawab pertanyaan “Apa yang Tidak Disukai di Pekerjaan Sebelumnya” dengan baik:

  • Fokus pada Tugas atau Proses yang Tidak Di Nikmati: Misalnya, kita bisa menyebutkan bahwa kita tidak menyukai tugas administratif yang monoton di pekerjaan sebelumnya, tetapi kita belajar untuk mengatasi hal tersebut dengan menciptakan sistem yang lebih efisien untuk mengelola pekerjaan tersebut.
  • Soroti Aspek yang Tidak Sejalan dengan Minat atau Keahlian: Jelaskan bahwa kita tidak merasa cocok dengan aspek tertentu dari pekerjaan sebelumnya karena tidak sesuai dengan minat atau keahlian kita. Misalnya, jika kita tidak menikmati tugas penjualan di pekerjaan sebelumnya, kita bisa menyebutkan bahwa kita lebih suka fokus pada bidang yang lebih kreatif atau analitis.
  • Tunjukkan Bagaimana Kita Belajar dari Pengalaman Tersebut: Setelah menyebutkan hal yang tidak disukai, jangan lupa untuk menjelaskan bagaimana kita mengatasi tantangan tersebut atau apa yang kita pelajari dari pengalaman tersebut. Misalnya, kita bisa mengatakan bahwa meskipun kita tidak menyukai tekanan yang tinggi di lingkungan kerja sebelumnya, kita berhasil mengembangkan keterampilan manajemen stres yang lebih baik dan belajar untuk tetap tenang di bawah tekanan.
  • Jangan Menyalahkan atau Mengkritik Perusahaan atau Rekan Kerja: Hindari menyalahkan atau mengkritik perusahaan atau rekan kerja sebelumnya dalam jawaban. Sebaliknya, fokuslah pada pengalaman kita sendiri dan bagaimana kita bereaksi terhadap situasi tersebut.

Contoh Jawaban: “Saya merasa bahwa dalam pekerjaan sebelumnya, saya kurang menikmati tugas administratif yang memakan waktu dan monoton. Namun, saya belajar untuk mengatasi hal tersebut dengan menciptakan sistem organisasi yang lebih efisien dan mengotomatiskan beberapa proses, sehingga saya dapat fokus pada tugas-tugas yang lebih strategis dan kreatif.”

Dengan menjawab pertanyaan ini dengan cara yang terstruktur dan positif, kita dapat menunjukkan kepada pewawancara bahwa kita adalah orang yang reflektif, proaktif, dan mampu belajar dari pengalaman masa lalu. Ingatlah untuk selelu jujur saat menjawab pertanyaan yang diajukan oleh rekruter kepada kita. Semoga membantu!.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di https://myskill.id/.

Tinggalkan Balasan