NFC vs Bluetooth: 7 Perbedaan dalam Transfer Data yang Perlu Kamu Ketahui

Perbedaan Utama NFC vs Bluetooth

NFC dan Bluetooth menjadi pilihan utama dalam mentransfer data tanpa ribet menggunakan flashdisk atau kabel data. Meski keduanya sama-sama teknologi nirkabel, terdapat perbedaan signifikan antara NFC dan Bluetooth. Berikut adalah tujuh perbedaan utama yang perlu kamu ketahui:

  1. Jarak Transmisi:
    Perbedaan paling mencolok antara NFC dan Bluetooth adalah jarak transmisi data. Bluetooth memiliki jangkauan yang lebih luas, mencapai hingga 10 meter, memungkinkan transfer data tanpa harus berada di ruangan yang sama. Di sisi lain, NFC memiliki jarak yang sangat sempit, kurang dari 4 cm. Oleh karena itu, NFC memerlukan kedua perangkat untuk saling mendekat atau bahkan menempel.
  2. Kemudahan Penggunaan:
    NFC lebih mudah digunakan tanpa memerlukan verifikasi atau persetujuan khusus. Cukup dengan menyalakan NFC di ponsel dan mendekatkannya ke perangkat lain yang juga memiliki NFC, data dapat terkirim secara instan. Sementara itu, Bluetooth memerlukan proses pairing antar perangkat, termasuk penggunaan kode tertentu, membuatnya lebih rumit dibandingkan NFC.
  3. Kecepatan Transfer Data:
    NFC didesain untuk hemat daya dengan kecepatan transfer data sekitar 400 kbps, lebih rendah dibandingkan Bluetooth. Bluetooth, dengan jangkauan yang lebih luas, memiliki kecepatan transfer data lebih dari 2 Mbps. Kecepatan transfer yang tinggi membuat Bluetooth lebih cocok untuk mengirim data besar seperti gambar, video, atau musik.
  4. Konsumsi Baterai:
    NFC, karena jangkauannya yang sempit dan transfer data yang lambat, memiliki konsumsi baterai yang rendah. Bluetooth juga tidak terlalu boros baterai, tetapi dalam perbandingan, Bluetooth lebih cepat membuat baterai habis terutama jika digunakan dalam waktu yang lama.
  5. Keamanan:
    Dalam hal keamanan, NFC lebih unggul karena cakupan jarak yang sangat sempit. Ini membuat sulit bagi hacker untuk terhubung dengan perangkat tanpa berada tepat di depannya. Meskipun Bluetooth memerlukan kode untuk pairing, masih ada celah untuk hacking dengan menangkap sinyal dari jarak yang cukup jauh.
  6. Multimedia:
    NFC sulit untuk dipasangkan dengan berbagai teknologi multimedia seperti headset atau speaker karena jangkauannya yang terbatas. Sebaliknya, Bluetooth yang memiliki cakupan lebih luas lebih ideal untuk dipasangkan dengan berbagai perangkat multimedia seperti headset, mouse wireless, keyboard, dan speaker.
  7. Tag RFID:
    NFC merupakan pengembangan dari teknologi RFID dan dapat digunakan dengan tag pasif RFID. Tag pasif RFID ini dapat berupa barcode atau chip magnetik yang ditempelkan di berbagai tempat. Bluetooth tidak memiliki fitur ini.
NFC vs Bluetooth, Mana yang Lebih Baik?

Antara NFC dan Bluetooth, keduanya memiliki fungsi yang mirip namun memiliki kekhasan fungsi masing-masing. NFC lebih cocok digunakan untuk transaksi keuangan atau transfer data kecil karena keamanan yang tinggi. Sementara itu, Bluetooth lebih ideal untuk mentransfer data besar seperti gambar, video, atau musik. Pilihan antara keduanya tergantung pada tujuan penggunaan dan jenis data yang ingin kamu kirim. Jadi, pilihlah teknologi yang sesuai dengan kebutuhan untuk hasil yang optimal dalam transfer data nirkabel.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di https://myskill.id/.

Tinggalkan Balasan