Panduan Lengkap: Kesan Pertama yang Baik ketika Wawancara

Kesan pertama yang baik saat wawancara kerja bisa menjadi kunci kesuksesan dalam mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Saat pertama kali bertemu dengan pewawancara, kita ingin memberikan kesan yang positif dan meyakinkan. Apa rahasianya? Berikut My Skill rangkumkan panduan lengkapnya. Yuk simak!.

1. Penampilan yang Profesional

Penampilan adalah bagian penting dari kesan pertama. Pilihlah pakaian yang sesuai dengan budaya perusahaan dan posisi yang kita lamar. Pastikan pakaian kita bersih, rapi, dan sesuai dengan situasi.

2. Senyum Ramah

Senyuman adalah senjata ampuh untuk membuat kesan yang baik. Ketika bertemu dengan pewawancara, berikan senyuman yang ramah dan hangat. Ini menunjukkan bahwa kita adalah orang yang ramah dan mudah didekati.

3. Sikap Tubuh yang Terbuka

Sikap tubuh juga memberikan kesan yang kuat. Duduklah dengan tegak dan buka, dan jangan menyilangkan tangan kita. Berikan kontak mata secara sopan dan tunjukkan minatmu pada percakapan dengan gerakan kepala yang mengangguk dan mengamini.

4. Persiapan yang Matang

Pewawancara akan terkesan jika kita telah mempersiapkan diri kita dengan baik. Pelajari tentang perusahaan dan posisi yang kita lamar, dan siapkan jawaban-jawaban untuk pertanyaan umum tentang pengalaman kerja dan motivasi kita.

5. Pendekatan yang Ramah dan Terbuka

Pendekatan kita saat bertemu dengan pewawancara juga sangat penting. Sapa dengan ramah dan hormat, dan jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih atas kesempatan wawancara yang diberikan.

6. Kenali Pewawancara

Mencari tahu tentang pewawancara sebelum wawancara dapat membantu menciptakan koneksi yang lebih baik. Jika kita mengetahui nama atau informasi tentang mereka, jangan ragu untuk menyebutkannya selama wawancara.

7. Berbicara dengan Percaya Diri

Berbicaralah dengan percaya diri dan yakin tentang diri dan pengalaman kita. Hindari bicara terlalu cepat atau terlalu lambat, dan pastikan untuk menjawab pertanyaan dengan jelas dan tegas.

8. Tunjukkan Ketertarikan

Pewawancara akan senang melihat bahwa kita benar-benar tertarik pada posisi dan perusahaan yang kita lamar. Berikan pertanyaan yang cerdas dan relevan tentang perusahaan dan peran yang kita lamar.

9. Berikan Tanggapan yang Positif

Berkomunikasi dengan sikap yang positif dan optimis. Tunjukkan bahwa kita siap untuk berkontribusi secara positif pada perusahaan dan tim kerja.

10. Ucapkan Terima Kasih

Setelah wawancara selesai, jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih kepada pewawancara atas waktu dan kesempatan yang diberikan kepada kita. Ini menunjukkan sikap apresiasi kita terhadap kesempatan tersebut.

Kesan pertama yang baik saat wawancara kerja dapat membuka pintu menuju kesuksesan dalam mendapatkan pekerjaan yang kita idamkan. Dengan memperhatikan tips di atas dan menunjukkan sikap yang positif, percaya diri, dan terbuka, kita dapat membuat kesan yang baik dan meningkatkan peluang untuk berhasil dalam wawancara kerja.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di https://myskill.id/.

Tinggalkan Balasan