Mengenal Masa Probation saat Memulai Pekerjaan

Pengertian Probation Kerja

Probation kerja adalah periode percobaan yang diberikan kepada karyawan baru setelah mereka diterima bekerja di suatu perusahaan. Selama masa probation, karyawan akan dinilai kinerjanya, kecocokannya dengan lingkungan kerja, serta kemampuannya dalam memenuhi tuntutan pekerjaan. Probation kerja biasanya berlangsung antara 1 hingga 6 bulan, tergantung pada kebijakan perusahaan.

Manfaat Probation Bagi Perusahaan dan Karyawan

  1. Bagi Perusahaan:
  • Evaluasi Kinerja: Probation memberikan kesempatan bagi perusahaan untuk mengevaluasi kinerja karyawan baru sebelum membuat keputusan penuh terkait status kerjanya.
  • Penyesuaian: Perusahaan dapat menilai apakah karyawan baru dapat menyesuaikan diri dengan budaya perusahaan dan beban kerja yang diberikan.
  • Reduksi Risiko: Probation memungkinkan perusahaan untuk mengurangi risiko mempekerjakan karyawan yang tidak sesuai dengan harapan.
  1. Bagi Karyawan:
  • Evaluasi Lingkungan Kerja: Karyawan dapat mengevaluasi lingkungan kerja dan apakah perusahaan cocok untuk mereka.
  • Kesempatan Berkembang: Masa probation memberikan kesempatan bagi karyawan untuk belajar tentang perusahaan dan pekerjaan mereka, serta memperbaiki kelemahan mereka.
  • Feedback: Karyawan dapat menerima umpan balik konstruktif tentang kinerja mereka dan memperbaiki diri jika diperlukan.

Tips Lolos Masa Probation Kerja

  1. Lakukan Riset Terlebih Dahulu: Pelajari perusahaan dengan baik sebelum memulai pekerjaan. Ketahui misi, visi, dan nilai-nilai perusahaan, serta harapan terhadap peran kita.
  2. Bersikap Profesional: Tunjukkan sikap yang profesional selama masa probation. Berpakaian rapi, datang tepat waktu, dan berinteraksi dengan rekan kerja dengan hormat.
  3. Tunjukkan Kinerja Terbaik: Berikan yang terbaik dalam pekerjaan kita. Jangan ragu untuk bertanya jika kita membutuhkan bantuan, dan tunjukkan inisiatif dalam menyelesaikan tugas.
  4. Bertanya dan Belajar: Jadilah orang yang ingin belajar. Ajukan pertanyaan, pelajari proses kerja, dan minta umpan balik secara teratur untuk memperbaiki diri kita.
  5. Bekerja Sama dengan Tim: Jalin hubungan baik dengan rekan kerja kita. Kerja sama dalam tim merupakan salah satu kunci kesuksesan di tempat kerja.
  6. Tetap Fleksibel: Beradaptasi dengan perubahan dan fleksibel dalam menghadapi tantangan yang mungkin muncul selama masa probation.
  7. Komunikasi yang Efektif: Jaga komunikasi yang baik dengan atasan kita. Beri tahu mereka tentang kemajuan kita, serta jika kita menghadapi masalah atau kesulitan.

Dengan memperhatikan tips-tips ini, kita dapat meningkatkan peluang kita untuk lolos masa probation kerja. Ini adalah kesempatan bagi kita untuk membuktikan bahwa kita layak untuk tetap menjadi bagian dari perusahaan dan menunjukkan komitmen kita terhadap pekerjaan dan pertumbuhan profesional kita.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di https://myskill.id/

Tinggalkan Balasan