Peran dan Profesi Sales Motoris

Profesi sales motoris merupakan bagian vital dari strategi pemasaran dan penjualan suatu perusahaan, terutama di sektor ritel dan distribusi. Dalam artikel ini, kita akan menjelaskan secara lengkap tentang definisi, tugas, tanggung jawab, skill yang dibutuhkan, dan gaji sales motoris.

A. Definisi Sales Motoris

Sales motoris adalah individu yang bertugas untuk menjual produk tertentu, biasanya produk konsumen atau barang dagangan, dengan menggunakan kendaraan bermotor seperti motor atau mobil. Mereka sering kali bekerja di lapangan dan bertanggung jawab untuk mencapai target penjualan yang ditetapkan perusahaan.

Tugas & Tanggung Jawab Sales Motoris

  1. Mengidentifikasi Prospek Pelanggan: Sales motoris bertugas untuk mencari dan mengidentifikasi prospek pelanggan baru di wilayah yang ditetapkan.
  2. Mengunjungi Pelanggan: Mereka melakukan kunjungan langsung ke pelanggan potensial atau yang sudah ada untuk memperkenalkan produk, menawarkan penawaran, dan menjelaskan manfaat produk.
  3. Menerima Pesanan: Sales motoris menerima pesanan dari pelanggan dan mengatur pengiriman produk sesuai dengan permintaan pelanggan.
  4. Memelihara Hubungan Pelanggan: Salah satu tanggung jawab utama sales motoris adalah memelihara hubungan baik dengan pelanggan yang ada untuk memastikan kepuasan pelanggan dan memperoleh pelanggan setia.
  5. Melaporkan Penjualan: Mereka juga bertanggung jawab untuk melaporkan semua aktivitas penjualan, termasuk hasil kunjungan, pesanan yang diterima, dan penjualan yang berhasil dicapai.
  6. Menjaga Stok: Sales motoris juga perlu memantau stok produk di toko atau outlet, dan memberikan informasi kepada manajemen tentang kebutuhan restok.

B. Skill yang Dibutuhkan Sales Motoris

  1. Kemampuan Komunikasi: Kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik dan meyakinkan pelanggan potensial.
  2. Kemampuan Negosiasi: Keterampilan untuk bernegosiasi dengan pelanggan tentang harga, jumlah, dan persyaratan lainnya.
  3. Keterampilan Penjualan: Kemampuan untuk menjual produk dengan efektif dan mencapai target penjualan yang ditetapkan.
  4. Orientasi pada Pelanggan: Kemampuan untuk fokus pada kebutuhan dan keinginan pelanggan serta memberikan pelayanan yang memuaskan.
  5. Keterampilan Navigasi: Kemampuan untuk melakukan perjalanan dengan efisien di wilayah yang ditetapkan tanpa kesulitan.
  6. Kemampuan Manajemen Waktu: Keterampilan untuk mengatur jadwal kunjungan dan aktivitas penjualan dengan efisien.

C. Gaji Sales Motoris

Gaji sales motoris dapat bervariasi tergantung pada beberapa faktor seperti lokasi, pengalaman, dan sektor industri. Secara umum, gaji rata-rata sales motoris berkisar antara Rp 4.000.000 hingga Rp 8.000.000 per bulan di Indonesia, tergantung pada perusahaan dan tingkat penjualan yang dicapai. Selain gaji pokok, mereka juga dapat menerima insentif atau bonus berdasarkan pencapaian target penjualan.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di https://myskill.id/

Tinggalkan Balasan