Perlukah Membalas saat Lamaran Kerja Ditolak melalui Email? Pelajari di Sini!

Dalam proses mencari pekerjaan, seringkali Kita akan menghadapi situasi di mana lamaran kerja Kita ditolak. Salah satu cara yang umum digunakan oleh perusahaan untuk memberikan kabar penolakan adalah melalui email. Pertanyaannya adalah, apakah perlu bagi Kita untuk membalas email penolakan tersebut? Mari kita bahas lebih lanjut.

Mengapa Harus Membalas Email Penolakan Kerja?

Meskipun menerima kabar penolakan dapat terasa mengecewakan, tetapi memberikan tanggapan yang sopan dapat memberikan kesan yang baik kepada perusahaan. Ini menunjukkan bahwa Kita menghargai waktu dan perhatian yang diberikan oleh perusahaan selama proses seleksi. Selain itu, memberikan tanggapan juga dapat memperkuat jaringan profesional Kita dengan pihak perusahaan, yang dapat bermanfaat di masa depan.

Tips Membalasnya

  1. Sopan dan Profesional: Pastikan tanggapan Kita tetap sopan dan profesional. Meskipun Kita merasa kecewa, hindari mengungkapkan emosi negatif atau kekecewaan dalam balasan Kita.
  2. Ungkapkan Terima Kasih: Mulailah dengan mengucapkan terima kasih kepada perusahaan atas kesempatan yang diberikan kepada Kita untuk mengikuti proses seleksi.
  3. Tunjukkan Penghargaan: Berikan apresiasi atas umpan balik atau kesempatan yang diberikan oleh perusahaan. Ini menunjukkan sikap yang positif dan kedewasaan dalam menghadapi situasi yang menantang.
  4. Sampaikan Keinginan untuk Tetap Terhubung: Ekspresikan keinginan Kita untuk tetap terhubung dengan perusahaan dan berharap untuk dapat bekerja sama di masa depan jika ada kesempatan lain yang sesuai.

Contoh Balasan yang Bisa Digunakan

Subject: Tanggapan atas Lamaran Kerja untuk [Nama Posisi]

Hormat Kami,

Terima kasih atas email yang telah Bapak/Ibu kirimkan, serta kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk mengikuti proses seleksi untuk posisi [Nama Posisi]. Saya sangat menghargai waktu dan perhatian yang telah diberikan oleh tim rekrutmen selama proses ini.

Meskipun saya merasa sedikit kecewa dengan hasilnya, saya ingin mengucapkan terima kasih atas umpan balik yang telah diberikan kepada saya. Saya akan menggunakan kesempatan ini untuk belajar dan meningkatkan diri agar lebih siap menghadapi kesempatan yang datang di masa depan.

Saya tetap berharap untuk dapat tetap terhubung dengan perusahaan dan berharap dapat berkesempatan untuk bekerja sama di masa yang akan datang. Jika ada kesempatan lain yang sesuai dengan profil dan kualifikasi saya, saya akan senang untuk diberitahu.

Sekali lagi, terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya. Semoga perusahaan terus sukses dan berkembang di masa depan.

Hormat Kami,
[Nama Kita]

Dengan memberikan tanggapan yang sopan dan profesional terhadap email penolakan, Kita dapat mempertahankan reputasi profesional Kita dan memperkuat jaringan kita dalam dunia kerja. Meskipun tidak mudah, tetapi menghadapi penolakan dengan sikap yang positif dapat membawa dampak positif dalam jangka panjang.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di https://myskill.id/.

Tinggalkan Balasan