Solusi Mengatasi Err Connection Refused FileZilla dengan Mudah

Dalam dunia digital yang terus berkembang, FileZilla telah menjadi salah satu aplikasi yang sangat penting bagi para profesional muda, terutama bagi mereka yang bekerja dengan pengelolaan situs web dan transfer file. Namun, terkadang kita dapat menghadapi masalah seperti “Err Connection Refused” saat mencoba terhubung dengan server menggunakan FileZilla. Artikel ini akan membahas beberapa solusi sederhana yang dapat kita terapkan untuk mengatasi masalah tersebut dengan mudah.

1. Periksa Koneksi Internet Kita

Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah memastikan bahwa koneksi internet kita berfungsi dengan baik. Pastikan kita terhubung ke jaringan yang stabil dan dapat diandalkan. Koneksi internet yang tidak stabil atau terputus dapat menyebabkan masalah “Err Connection Refused” saat menggunakan FileZilla.

2. Periksa Pengaturan Firewall

Kadang-kadang, firewall yang terpasang di komputer kita dapat memblokir akses FileZilla ke server. Untuk mengatasi masalah ini, kita perlu memeriksa pengaturan firewall dan memastikan bahwa FileZilla diizinkan untuk berkomunikasi melalui firewall. Kita juga dapat mencoba menonaktifkan firewall sementara untuk melihat apakah masalah tersebut teratasi.

3. Periksa Pengaturan Antivirus

Beberapa program antivirus juga dapat menyebabkan masalah koneksi dengan FileZilla. Coba periksa pengaturan antivirus kita dan pastikan bahwa FileZilla tidak diblokir oleh program antivirus. Kadang-kadang, antivirus dapat salah mengidentifikasi FileZilla sebagai ancaman potensial dan memblokir koneksi ke server.

4. Pastikan Info Login Server Sudah Benar

Seringkali, masalah “Err Connection Refused” muncul karena kita salah memasukkan informasi login server di FileZilla. Pastikan bahwa nama host, nama pengguna, dan kata sandi yang kita masukkan sudah benar. Jika kita tidak yakin, kita dapat memeriksa kembali informasi login dengan penyedia hosting atau administrator server.

5. Gunakan Protokol Koneksi yang Tepat

FileZilla mendukung beberapa protokol koneksi, seperti FTP, SFTP, dan FTPS. Pastikan kita menggunakan protokol koneksi yang sesuai dengan pengaturan server kita. Misalnya, jika server kita menggunakan koneksi SFTP, kita harus memastikan bahwa kita menggunakan opsi SFTP di FileZilla.

6. Coba Ganti Port Koneksi

Beberapa penyedia hosting mungkin menggunakan port koneksi yang berbeda untuk mengakses server. Jika kita tidak dapat terhubung dengan port standar (misalnya, port 21 untuk FTP), coba ganti port koneksi ke port alternatif yang disediakan oleh penyedia hosting.

7. Perbarui FileZilla ke Versi Terbaru

Terakhir, pastikan kita menggunakan versi terbaru dari FileZilla. Terkadang, masalah “Err Connection Refused” dapat terjadi karena bug atau masalah yang telah diperbaiki dalam pembaruan terbaru dari aplikasi. Dengan memperbarui FileZilla ke versi terbaru, kita dapat mengatasi masalah yang mungkin terjadi.

Dengan menerapkan beberapa solusi sederhana di atas, kita dapat dengan mudah mengatasi masalah “Err Connection Refused” saat menggunakan FileZilla. Ini akan memungkinkan kita untuk melanjutkan pekerjaan kita dengan lancar dan efisien tanpa hambatan yang tidak perlu.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di https://myskill.id/.

Tinggalkan Balasan