Ini Ide Start-Up untuk Kamu yang Suka Menulis!

Pada era digital saat ini, zaman berkembang dengan sangat cepat. Masyarakat pun dituntut untuk menyeimbangkan diri dengan perkembangan zaman. Dewasa ini, industri start-up mulai banyak bermunculan dan berkembang. Jika kamu suka menulis, apakah kamu memiliki niat atau ide untuk membangun sebuah start-up?

Seiring berjalannya waktu, penggunaan sebutan start-up lebih mengacu pada perusahaan layanan berbasis teknologi. Pertumbuhan teknologi sekarang ini semakin pesat sehingga perusahaan-perusahaan yang baru terbentuk lebih berpaku pada fitur-fitur teknologi yang ada.

Bagi kamu yang menyukai kegiatan penulisan, beberapa ide start-up yang dapat kamu bangun di bawah ini mungkin bisa jadi pilihan. Yuk, kita simak bersama!

1. Jasa Penerjemah

Ide start-up menulis https://www.pexels.com/photo/5712086/
Membuat start-up khusus penerjemahan

Saat ini banyak sekali permintaan untuk menerjemahkan dokumen dari satu bahasa ke bahasa lain. Seperti penerjemahan teks cerita, narasi, lagu, hingga jurnal-jurnal akademik.

Dengan keahlian kebahasan dan passion-mu dalam bidang penulisan, start-up seperti ini bisa jadi alternatif untuk mengembangkan potensi diri kamu!

Jika kamu berniat untuk membangun start-up yang berbeda dari yang lain, mungkin start-up dengan jenis jasa penerjemahan bahasa bisa jadi pilihan yang cocok.

2. Media Berita Online

Ide start-up menulis  https://www.pexels.com/photo/723072/
Start-up media berita online untuk kamu yang suka menulis

Kamu pasti sudah tidak asing dengan jenis platform media berita online.

Media berita online adalah sebuah sarana untuk berkomunikasi secara daring melalui website dan aplikasi yang hanya bisa diakses dengan internet. Media berbasis daring ini dapat berisi teks, suara, foto dan video.

Melalui wadah ini, kamu bisa menyalurkan banyak kegiatan penulisan ke dalam bentuk berita. Start-up jenis ini akan cocok untukmu karena kebanyakan kegiatannya adalah menulis.

Baca juga: Mengapa Kita Harus Membangun Start-Up?

3. Penulisan Kreatif

Ide start-up menulis https://www.pexels.com/photo/1995842/
Wadah penuangan kreativitas penulisanmu

Nah, start-up dengan jenis seperti penulisan kreatif paling cocok untukmu si penyuka kegiatan penulisan!

Menulis kreatif merupakan jenis penulisan yang bisa dikategorikan sebagai penulisan sastra. Pada dasarnya, penulisan kreatif bertujuan untuk menarik khalayak pembaca. Untuk memproduksi tulisan kreatif pun memerlukan kemampuan untuk membangun imajinasi pembacanya.

Start-up jenis ini sangat bisa membantu kamu untuk menyalurkan hobi dan keahlianmu dalam menulis. Penulisan seperti cerita pendek, narasi singkat, hingga puisi dapat membuat kreativitasmu semakin terasah dan lebih luas.

Kamu bisa menyalurkan passion-mu dalam menulis dengan membangun sebuah start-up baru, nih! Apalagi di era digital seperti sekarang, persaingan semakin ketat, bukan? Lalu, dari gambaran penjelasan di atas, apakah kamu memiliki niatan untuk membangun start-up dari keahlian menulismu? 

Nah, MySkill.id juga memiliki kelas pengetahuan mengenai start-up. Di dalam kelas ini, kamu akan mendapatkan pelatihan dan informasi mengenai start-up yang pastinya akan cocok untukmu dalam mempersiapkan pembangunan start-up sendiri! Yuk, buruan cek!

Editor: Putrika Annaya Salsabila

Baca juga: Mahir Menulis? 5 Pekerjaan ini Cocok Buat Kamu!