Sunday Scaries, Gejala dan Cara Menangani Sindrom Cemas di Hari Minggu

Akhir pekan memasang selalu menyenangkan untuk semua orang. Namun, bagaimana jika seseorang justru merasa cemas saat hari minggu? Yap, bisa jadi orang tersebut sedang merasakan sunday scaries syndrome

Sunday scaries ini termasuk dalam fenomena sering terjadi di antara mahasiswa dan pekerja, loh! Mereka cenderung senang saat hari jum’at tiba, tetapi menjadi takut dan cemas saat menyadari bahwa akhir pekan akan habis. 

Nah, apakah kamu salah satu dari mereka? Yuk, cari tahu di sini bersama MySkill.id terkait definisi, upaya menghindari, dan tips untuk mengenai sunday scaries syndrome. Simak terus, ya!

1. Apa itu Sunday Scaries Syndrome?

apa itu sunday scaries

Sindrom takut hari minggu

Syndrome ini bukan sekedar perasaan cemas saat memasuki hari minggu. Lebih jelasnya, sunday scaries adalah perasaan khawatir, gugup, hingga takut yang muncul pada hari minggu malam karena hari senin akan datang yang mengharuskan untuk kembali bekerja, sekolah, atau menghadapi kenyataan hidup lainnya.

Hal ini termasuk fenomena yang paling umum terjadi pada masyarakat modern, loh! Salah satu studi LinkedIn menemukan bahwa 80% pekerja profesional mengalaminya. Hal ini terjadi karena aliran hormon yang berkaitan dengan stress dan ketakutan dalam pekerjaan, seperti beban kerja, penyeimbangan tugas, dan pekerjaan yang tidak terselesaikan pada minggu sebelumnya.

2. Gejala Sunday Scaries Syndrome

sunday scaries

Gejala terkena sindrom sunday scaries

Saat menjelang minggu sore atau malam, seseorang yang terkena sindrom ini, umumnya akan merasakan beberapa gejala kecemasan, seperti: 

  • Permasalahan perut atau lambung 
  • Kegelisahan
  • Perasaan tidak nyaman yang aneh 
  • Suasana hati berubah, menjadi lebih mudah marah atau menangis.

Namun, sunday scaries syndrome dapat terjadi kepada siapapun secara berulang atau rutin setiap minggunya dengan gejala yang bisa bermacam-macam, ya!

3. Tips Menghindari dan Menangani

menangani sunday scaries

Upaya menghindari dan mengatasi sindrom sunday scaries

Untuk menghindari hal ini muncul berulang dalam hidup, seseorang harus bisa menghindari dan mengatasi kecemasan itu, ya! Ada beberapa cara dan tips yang bisa dilakukan, antara lain: 

  • Orang harus tahu bahwa mereka bukan satu-satunya yang merasakan sunday scaries, karena hal ini terbilang umum dan siapa pun bisa merasakan ketakutan yang sama. 
  • Selesaikan pekerjaan di hari jum’at. Hal ini akan membuat seseorang terhindar dari rasa khawatir yang berkala karena tidak lagi terbayang-bayang tugas yang belum mereka selesaikan. 
  • Tidur dan istirahat yang cukup adalah kunci terbaik. Sebelum weekday pastikan memiliki kualitas istirahat yang baik supaya stres dapat berkurang dan pikiran menjadi lebih tenang. 
  • Nonaktifkan ponsel dan media sosial sementara waktu  karena hal ini akan sangat membantu untuk menjaga diri dari kecemasan. 
  • Jadikan hari minggu lebih seru. Lakukan hal menyenangkan, seperti hobi dan berkumpul dengan keluarga untuk memberikan kehangatan dan meredakan stres. 
  • Buat hari senin menjadi istimewa. Jadwalkan hal-hal yang membangkitkan semangat dan akan dikerjakan, seperti panggilan video dengan teman jauh atau memenangkan sebuah proyek untuk menghilangkan rasa takut dan gugup yang berlebihan.
  • Last but not least, lakukan olahraga dan meditasi secara rutin, ya! 

Nah, itulah ulasan terkait sunday scaries syndrome. Pada dasarnya, hal ini termasuk dampak dari perilaku modern sehingga tidak mudah untuk menghilangkannya. Namun, dengan melakukan upaya secara rutin akan membantu mengurangi rasa takut tersebut. Oh iya, jangan lupa untuk berpikir positif karena itu juga akan membantumu melewati hari-hari yang berat.

Yuk, gabung dengan MySkill.id supaya kamu tidak bingung dan takut mengenai pekerjaan dan karier! Pelajari cara mempersiapkan karier profesional, studi lanjut, dan belajar bahasa asing untuk bekal sekaligus mengisi waktu dengan cara yang bermanfaat. Jadi, tunggu apalagi? Gabung dan ikuti kelas-kelas menariknya!