Teknik Pomodoro untuk Meningkatkan Produktivitas dengan Mengelola Waktu

Secara Efektif Teknik Pomodoro adalah metode manajemen waktu yang dikembangkan oleh Francesco Cirillo pada akhir 1980-an. Nama “Pomodoro” berasal dari kata Italia untuk “tomat,” karena Cirillo menggunakan timer berbentuk tomat (Pomodoro) saat mengembangkan teknik ini. Teknik Pomodoro bertujuan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi kerja dengan membagi waktu menjadi periode fokus yang disebut “Pomodoro.”

Bagaimana Teknik Pomodoro Bekerja

1. Atur Timer: Setel timer selama 25 menit, ini adalah satu periode Pomodoro. Selama periode ini, fokuslah sepenuhnya pada tugas tanpa gangguan.

2. Kerjakan Tugas: Lakukan pekerjaan sebaik mungkin selama 25 menit.

3. Istirahat Pendek: Setelah satu Pomodoro selesai, beristirahatlah selama 5 menit. Gunakan waktu ini untuk berdiri, menggerakkan tubuh, dan melepas mata dari layar.

4. Lanjutkan Pomodoro Berikutnya: Setelah istirahat, lanjutkan dengan Pomodoro berikutnya. Setelah empat Pomodoro, beristirahatlah selama 15-30 menit.

Mau lancar Bahasa Inggris? Baca panduan lengkap bahasa Inggris, TOEFL, IETLS & Beasiswa ini.

Kelebihan Teknik Pomodoro

  • Meningkatkan Fokus: Dengan membatasi waktu kerja pada interval tertentu, kita cenderung lebih fokus pada tugas yang sedang dihadapi.
  • Mengatasi Prokrastinasi: Pomodoro memecah tugas besar menjadi bagian-bagian kecil yang lebih mudah dikelola, mengurangi kecenderungan untuk menunda-nunda. –
  • Meningkatkan Produktivitas: Dengan fokus yang lebih baik dan istirahat terjadwal, produktivitas dapat meningkat secara signifikan.

Tertarik jadi Graphic Designer? Baca Graphic Designer di sini.

Kiat untuk Menggunakan Teknik Pomodoro

  • Tentukan Tujuan Pomodoro: Sebelum memulai setiap periode, tentukan apa yang ingin kita capai selama waktu tersebut.
  • Hindari Gangguan: Matikan pemberitahuan dan hindari godaan untuk memeriksa media sosial atau email selama Pomodoro.
  • Fleksibilitas: Sesuaikan durasi Pomodoro dan istirahat sesuai dengan kebutuhan dan preferensi kita.

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

kesimpulan

Teknik Pomodoro adalah alat yang efektif untuk meningkatkan produktivitas dan mengelola waktu dengan lebih baik. Dengan memberikan fokus yang terpusat pada tugas dan istirahat terjadwal, kita dapat meningkatkan kualitas kerja kita dan menghindari kelelahan. Cobalah terapkan teknik ini dalam rutinitas harian kita untuk melihat perubahan positif dalam cara kita bekerja.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill