Terkena Layoff? Begini Cara Menulis Layoff di CV & Cover Letter

Layoff merupakan suatu kondisi di mana seorang karyawan dipecat dari pekerjaannya secara tidak sukarela oleh perusahaan, biasanya karena alasan-alasan ekonomi atau restrukturisasi organisasi. Pengalaman layoff dapat menjadi tantangan dalam mencari pekerjaan baru, tetapi cara kita menulisnya di CV dan surat lamaran dapat memengaruhi persepsi perekrut.
Dalam artikel ini, kita akan membahas apa itu layoff dan tips tentang cara menulisnya di CV dan surat lamaran. Yuk simak!

1. Apa itu Layoff?

Layoff merupakan pemutusan hubungan kerja yang dilakukan oleh perusahaan terhadap seorang karyawan karena alasan-alasan tertentu, seperti restrukturisasi organisasi, penurunan kegiatan usaha, atau kondisi ekonomi yang buruk. Ini berbeda dengan pemecatan karena kinerja buruk atau pelanggaran etika.

2. Tips Menulis Layoff di CV & Surat Lamaran

Berikut adalah beberapa tips tentang cara menulis layoff di CV dan surat lamaran:

Di CV:

  1. Gunakan Istilah yang Tepat: Jika kita ingin mencantumkan pengalaman layoff di CV , gunakan istilah yang netral dan profesional seperti “periode pencarian pekerjaan” atau “transisi karir”.
  2. Sesuaikan Format CV: Sesuaikan format CV kita untuk menyoroti keterampilan dan pencapaian kita yang paling relevan dengan posisi yang kita lamar, daripada fokus pada riwayat pekerjaan yang terputus karena layoff.
  3. Jelaskan Gap dalam Riwayat Kerja: Jika ada kesenjangan dalam riwayat kerja kita karena layoff, jelaskan dengan singkat dan jelas tanpa memberikan terlalu banyak detail yang berlebihan.

Di Surat Lamaran:

  1. Jelaskan dengan Positif: Jelaskan pengalaman layoff kita dengan cara yang positif, seperti menyoroti pelajaran yang kita ambil dari pengalaman tersebut dan bagaimana kita telah berkembang sebagai hasilnya.
  2. Fokus pada Keahlian dan Prestasi: Soroti keahlian dan prestasi kita yang relevan dengan posisi yang kita lamar, daripada memfokuskan terlalu banyak perhatian pada pengalaman layoff kita.
  3. Tawarkan Nilai Tambah: Tunjukkan kepada perekrut bagaimana kita dapat memberikan nilai tambah bagi perusahaan mereka dengan mengacu pada pengalaman dan keterampilan yang kita miliki.

Contoh dalam CV:

[Informasi Pribadi]
Nama: [Nama Lengkap]
Alamat: [Alamat]
Telepon: [Nomor Telepon]
Email: [Alamat Email]

[Pengalaman Kerja]
- [Posisi Sebelumnya], [Perusahaan], [Tanggal Mulai - Tanggal Akhir (Jika Berlaku)]
  Deskripsi pekerjaan: [Deskripsi singkat tentang tanggung jawab kita]

- [Periode Pencarian Pekerjaan], [Tanggal Mulai - Tanggal Akhir]
  Deskripsi pekerjaan: [Jelaskan dengan singkat bahwa ini adalah periode di mana kita mencari pekerjaan baru setelah pengalaman layoff]

Contoh dalam Surat Lamaran:

[Alamat]
[Tanggal]

[Alamat Perusahaan]
[Judul Kontak (Jika Diketahui)]
Dear [Nama atau Jabatan yang Tepat],

Saya menulis untuk mengekspresikan minat saya yang besar dalam posisi [Nama Posisi] yang diiklankan di [Sumber Informasi]. Saya sangat terkesan dengan visi dan nilai-nilai perusahaan Anda, dan saya yakin bahwa saya memiliki keterampilan dan pengalaman yang relevan untuk membuat kontribusi yang berarti.

Meskipun saya baru-baru ini mengalami periode transisi karir setelah pengalaman layoff di [Nama Perusahaan], saya telah menggunakan waktu ini untuk mengembangkan keterampilan saya dalam [sebutkan keterampilan atau proyek yang kita kerjakan]. Saya sangat antusias untuk membawa pengalaman dan dedikasi saya untuk mencapai kesuksesan bersama perusahaan Anda.

Terlampir adalah CV saya yang memberikan gambaran lebih rinci tentang pengalaman dan keterampilan saya. Saya sangat berharap dapat diberikan kesempatan untuk berdiskusi lebih lanjut tentang bagaimana saya dapat menjadi aset yang berharga bagi tim Anda.

Terima kasih atas perhatian Anda terhadap lamaran saya. Saya menantikan kesempatan untuk berbicara dengan Anda.

Hormat saya,

[Nama Lengkap]

Kesimpulan

Meskipun pengalaman layoff dapat menjadi tantangan dalam mencari pekerjaan baru, cara kita menulisnya di CV dan surat lamaran dapat memengaruhi persepsi perekrut. Dengan menggunakan tips yang telah disebutkan di atas dan menyusun CV dan surat lamaran yang tepat, kita dapat meningkatkan peluang untuk mendapatkan pekerjaan yang kita inginkan meskipun pengalaman layoff yang kita alami.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di https://myskill.id/.

Tinggalkan Balasan