Aturan THR PPPK, Nominal, dan Waktu Pencairannya

Tunjangan Hari Raya (THR) Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) adalah hak yang diberikan kepada kita sebagai pekerja dengan status PPPK. THR PPPK memiliki aturan, nominal, dan jadwal pencairan yang diatur oleh pemerintah untuk memastikan kesejahteraan pegawai. Mari kita pahami lebih lanjut mengenai ketentuan-ketentuan ini.

Mau jadi HRD? Simak panduan lengkap Human Resource Development di sini.

1. Aturan THR PPPK

Aturan mengenai THR PPPK diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) yang mengacu pada ketentuan yang berlaku. Penerima THR PPPK melibatkan berbagai unsur, termasuk masa kerja dan penghasilan yang menjadi dasar perhitungan. Beberapa aturan umumnya melibatkan:

a. Masa Kerja

Penerima THR PPPK harus memenuhi syarat masa kerja tertentu sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Masa kerja ini menjadi dasar untuk menentukan apakah seorang pegawai berhak menerima THR atau tidak.

b. Penghasilan

Besaran THR PPPK dihitung berdasarkan penghasilan yang diterima oleh pegawai. Penghasilan yang dihitung melibatkan gaji pokok dan tunjangan tetap lainnya sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

c. Ketentuan Lainnya

Selain masa kerja dan penghasilan, terdapat ketentuan lain yang harus dipenuhi oleh pegawai PPPK untuk memenuhi syarat menerima THR. Ketentuan ini dapat melibatkan aspek-aspek seperti kehadiran dan status pekerjaan yang masih aktif.

Mau lancar Bahasa Inggris? Baca panduan lengkap bahasa Inggris, TOEFL, IETLS & Beasiswa ini.

2. Nominal THR PPPK

Besaran nominal THR PPPK bervariasi tergantung pada faktor-faktor tertentu yang telah disebutkan sebelumnya. Penghitungan ini dilakukan berdasarkan perhitungan tertentu yang telah diatur oleh pemerintah. Beberapa faktor yang memengaruhi nominal THR PPPK antara lain:

a. Gaji Pokok

Gaji pokok pegawai PPPK menjadi salah satu faktor utama dalam perhitungan THR. Besaran gaji pokok ini menjadi dasar untuk menentukan seberapa besar jumlah THR yang akan diterima.

b. Tunjangan Tetap

Selain gaji pokok, tunjangan tetap lainnya juga ikut dimasukkan dalam perhitungan. Tunjangan ini dapat melibatkan tunjangan keluarga, tunjangan jabatan, atau tunjangan lainnya yang menjadi hak pegawai PPPK.

c. Masa Kerja

Masa kerja pegawai PPPK juga turut berkontribusi dalam menentukan nominal THR. Semakin lama masa kerja, semakin besar pula jumlah THR yang akan diterima.

Mau jago Microsoft Excel? Simak panduan lengkap Excel di sini.

3. Kapan THR Dicairkan?

Pencairan THR PPPK dilakukan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Jadwal pencairan ini biasanya mengacu pada waktu menjelang perayaan Hari Raya, seperti Lebaran atau Natal. Pencairan ini dilakukan untuk memberikan cukup waktu bagi pegawai untuk mempersiapkan kebutuhan selama perayaan.

a. Pemberitahuan

Sebelum pencairan dilakukan, pegawai PPPK akan menerima pemberitahuan resmi mengenai jumlah THR yang akan diterima dan tanggal pencairan yang telah ditentukan.

b. Proses Administratif

Setelah pemberitahuan diterima, proses administratif pencairan THR akan dilakukan oleh instansi yang bersangkutan. Pegawai PPPK tidak perlu melakukan tindakan tambahan selain menunggu pencairan tersebut.

Mau jadi Sales atau Business Development? Baca panduan lengkap Sales & Business Development berikut

c. Penerimaan THR

THR PPPK akan cair dan langsung masuk ke rekening pegawai pada tanggal yang telah ditentukan. Dengan demikian, pegawai dapat memanfaatkannya untuk mempersiapkan segala kebutuhan selama Hari Raya.

Dengan memahami aturan, nominal, dan jadwal pencairan THR PPPK, kita dapat mengelola keuangan dengan lebih baik dan merencanakan perayaan Hari Raya dengan lebih lancar. THR PPPK menjadi bentuk penghargaan dari pemerintah terhadap kontribusi dan dedikasi pegawai PPPK dalam menjalankan tugasnya.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill