Timba Ilmu dari Universitas Top Dunia Lewat MOOC

Apa Itu MOOC?

MOOC, singkatan dari Massive Open Online Course, adalah kursus online yang dirancang untuk menawarkan pendidikan tinggi kepada siapa saja yang memiliki akses internet. MOOC memberikan kesempatan bagi siapa saja, di manapun, untuk belajar dari universitas top dunia dan para pakar dalam berbagai bidang, tanpa harus mengeluarkan biaya yang tinggi.

Sejarah MOOC

Konsep MOOC pertama kali muncul pada tahun 2008, ketika Stephen Downes dan George Siemens mengadakan kursus online tentang “Connectivism and Connective Knowledge”. Kursus ini menarik ribuan peserta dari seluruh dunia dan menjadi cikal bakal dari pengembangan MOOC modern.

Pada tahun 2011, Stanford University menawarkan tiga kursus online gratis yang sangat populer, yang kemudian dikenal sebagai “Stanford Three”. Kursus-kursus ini menarik perhatian publik secara luas dan mendorong universitas-universitas lain untuk ikut meramaikan dunia MOOC.

Kelebihan dan Kekurangan MOOC

Kelebihan MOOC:

  1. Akses ke Pendidikan Berkualitas: MOOC memungkinkan siapa saja untuk belajar dari universitas top dunia dan pakar dalam berbagai bidang, tanpa harus membayar biaya kuliah yang tinggi.
  2. Fleksibilitas Waktu dan Tempat: Kursus online dapat diakses kapan saja dan di mana saja, sehingga memungkinkan para pelajar untuk belajar sesuai dengan jadwal mereka sendiri.
  3. Diversitas Materi Pelajaran: MOOC menawarkan berbagai kursus dalam berbagai disiplin ilmu, sehingga memungkinkan pelajar untuk mengeksplorasi minat dan bakat mereka.
  4. Interaksi dengan Peserta dari Seluruh Dunia: MOOC memberikan kesempatan untuk berinteraksi dengan pelajar dari berbagai negara, sehingga memperluas wawasan dan pemahaman kita tentang berbagai budaya.

Kekurangan MOOC:

  1. Kurangnya Pengawasan dan Motivasi: Karena kursus online dapat diakses sendiri, para pelajar seringkali kesulitan untuk tetap termotivasi dan disiplin dalam menyelesaikan kursus.
  2. Kualitas Instruksi yang Bervariasi: Kualitas instruksi dalam MOOC dapat bervariasi, tergantung pada penyelenggara dan pengajar kursus tersebut.
  3. Keterbatasan Interaksi Langsung: Meskipun ada forum diskusi online, keterbatasan interaksi langsung dapat membuat beberapa pelajar merasa kurang terlibat.

Meskipun memiliki beberapa kekurangan, MOOC tetap menjadi salah satu cara terbaik untuk belajar dari universitas top dunia dan pakar dalam berbagai bidang. Dengan MOOC, kita dapat terus “timba ilmu” dan mengembangkan pengetahuan serta keterampilan kita tanpa harus meninggalkan rumah atau menghabiskan biaya yang besar.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di https://myskill.id/

Tinggalkan Balasan