Tips Menjawab “Apa Hobi Anda?” Saat Interview Kerja Plus Contoh Jawaban

Wawancara kerja sering kali menjadi momen yang tegang, tetapi tidak semua pertanyaan harus membuat kita stres. Salah satu pertanyaan yang sering muncul adalah tentang hobi kita. Meskipun terdengar sederhana, jawaban kita bisa memberikan gambaran yang lebih mendalam tentang kepribadian yang ada dala diri kita.
Berikut adalah beberapa tips yang My Skill rangkum untuk menjawab pertanyaan tentang hobi kita saat interview kerja. Yuk simak!

1. Jadilah Jujur

Jawablah pertanyaan ini dengan jujur. Pilih hobi yang sebenarnya kita sendiri nikmati, bukan hanya untuk membuat orang lain terkesan.

2. Gunakan Bahasa yang Santai

Kita tidak perlu menggunakan bahasa yang formal atau kaku. Gunakan bahasa yang santun dan alami agar jawaban kita terdengar tulus.

3. Ceritakan Cerita Singkat

Ceritakan sedikit tentang bagaimana kita mulai tertarik pada hobi tersebut. Ini dapat memberikan konteks dan menunjukkan keaslian minat dalam diri kita.

4. Sertakan Alasan Mengapa Menyukai Hobi Tersebut

Jelaskan mengapa hobi tersebut penting dan apa yang membuatnya begitu menarik bagi kita sendiri. Ini dapat memberikan wawasan yang lebih dalam tentang kepribadian dan minat dalam diri kita.

5. Tunjukkan Hubungannya dengan Keterampilan yang Relevan

Jika memungkinkan, sertakan bagaimana hobi kita dapat membantu mengembangkan keterampilan yang relevan dengan pekerjaan yang akan kita lamar.

Cara Menjawabnya:

Pertanyaan: “Apa hobi atau kegiatan yang Anda nikmati di waktu luang Anda?”

Jawaban: “Saya senang melakukan yoga setiap pagi sebelum memulai hari kerja saya. Ini memberi saya kesempatan untuk bersantai, merilekskan pikiran, dan menemukan keseimbangan dalam hidup saya.”

Pertanyaan: “Apakah Anda memiliki hobi atau kegiatan yang mengajarkan Anda keterampilan yang berguna untuk pekerjaan?”

Jawaban: “Saya adalah pecinta musik sejati dan menemukan kebahagiaan dalam bermain gitar setiap hari. Selain mendatangkan kesenangan, bermain gitar juga mengajarkan saya tentang disiplin, ketekunan, dan kreativitas.”

Dengan menggunakan bahasa yang santai dan tulus serta menceritakan tentang hobi kita dengan jujur, kita dapat memberikan jawaban yang memikat dan memperkuat gambaran positif tentang diri kita dalam wawancara kerja. Ingatlah bahwa wawancara juga tentang menunjukkan siapa diir kita sebagai individu, jadi nikmatilah momen tersebut dan biarkan keaslian dalam diri kita bersinar. Semoga sukses!

Mari terus belajar dan kembangkan skill di https://myskill.id/.

Tinggalkan Balasan