Tips Menjawab Pertanyaan: “Apa Alasanmu Mengundurkan Diri di Pekerjaan Sebelumnya?”

Pertanyaan tentang alasan kita mengundurkan diri dari pekerjaan sebelumnya sering diajukan dalam wawancara kerja. Rekruter ingin memahami motivasi kita untuk mencari pekerjaan baru dan melihat apakah ada kecocokan antara ekspektasi perusahaan dan harapan kita.
Berikut akan kita bahas bagaimana cara menjawab pertanyaan ini dan beberapa tips yang bisa diterapkan.

Mengapa Ditanyakan?

  1. Mengukur Konsistensi: Rekruter ingin memastikan bahwa kita memiliki alasan yang jelas dan konsisten untuk mengundurkan diri dari pekerjaan sebelumnya. Mereka mencari tanda-tanda bahwa kita memiliki kestabilan dalam pengambilan keputusan karier.
  2. Mengetahui Harapan Pekerjaan: Dengan mengetahui alasan kita meninggalkan pekerjaan sebelumnya, rekruter dapat menilai apakah pekerjaan yang mereka tawarkan dapat memenuhi harapan kita dan apakah kita akan bertahan dalam jangka panjang.
  3. Mengukur Kepuasan Kerja: Pertanyaan ini memberikan kesempatan bagi kita untuk menjelaskan apakah kita meninggalkan pekerjaan sebelumnya karena ketidakpuasan terhadap lingkungan kerja, manajemen atau kesempatan karier.

Cara Menjawab Pertanyaan “Kenapa Resign dari Kantor Lama?” berdasarkan Alasannya

1. Mencari Tantangan Baru:

Jawaban yang efektif untuk alasan ini adalah menekankan dorongan kita untuk terus berkembang dan belajar di lingkungan yang baru. Kita bisa mengatakan bahwa kita mencari peluang untuk mengembangkan keterampilan dan pengalaman kita lebih lanjut. Contoh jawaban: “Saya merasa bahwa saya telah mencapai titik di mana saya ingin mencari tantangan baru dan peluang untuk berkembang lebih jauh dalam karier saya. Saya ingin terus belajar dan tumbuh, dan saya yakin bahwa posisi ini memberikan kesempatan yang tepat bagi saya untuk melakukannya.”

2. Kesempatan Karier yang Lebih Baik:

Jika kita meninggalkan pekerjaan karena mendapat tawaran pekerjaan yang menarik atau kesempatan karier yang lebih baik, kita dapat menjelaskan bahwa posisi yang kita lamar sesuai dengan tujuan dan aspirasi karier kita. Contoh jawaban: “Saya diundang untuk melamar posisi ini karena saya percaya bahwa perusahaan ini dapat memberikan saya kesempatan karier yang lebih baik sesuai dengan tujuan dan aspirasi saya. Saya yakin bahwa posisi ini akan memungkinkan saya untuk berkontribusi secara signifikan dan mencapai potensi penuh saya.”

3. Ketidakcocokan dengan Budaya Perusahaan:

Jika kita merasa tidak cocok dengan budaya perusahaan sebelumnya, hindari menyalahkan atau mengkritik perusahaan tersebut. Fokuslah pada nilai-nilai yang kita cari dalam sebuah perusahaan dan bagaimana kita percaya bahwa perusahaan yang kita lamar sejalan dengan nilai-nilai kita. Contoh jawaban: “Saya merasa bahwa saya tidak sepenuhnya cocok dengan budaya perusahaan sebelumnya dan saya mencari lingkungan kerja di mana saya merasa lebih sejalan dengan nilai-nilai saya. Setelah melakukan penelitian tentang perusahaan ini, saya merasa bahwa nilai-nilai dan budaya kerjanya sesuai dengan apa yang saya cari.”

4. Perubahan Lokasi atau Gaya Hidup:

Jika alasan resign adalah karena perubahan lokasi atau gaya hidup, jelaskan secara singkat dan jelas alasan di balik keputusan kita. Pastikan untuk menekankan bahwa kita telah mempertimbangkan dengan matang sebelum membuat keputusan tersebut. Contoh jawaban: “Saya memutuskan untuk resign dari pekerjaan sebelumnya karena ada perubahan dalam situasi pribadi saya yang mengharuskan saya untuk mencari pekerjaan di lokasi yang berbeda. Saya yakin bahwa perubahan ini akan memungkinkan saya untuk menyeimbangkan kehidupan kerja dan pribadi saya dengan lebih baik.”

5. Kesempatan untuk Berkontribusi Lebih:

Jika kita merasa bahwa kita tidak dapat memberikan kontribusi maksimal di perusahaan sebelumnya, jelaskan bahwa kita ingin mencari lingkungan kerja di mana kita dapat memberikan dampak yang lebih besar dan bermanfaat. Contoh jawaban: “Saya merasa bahwa saya telah mencapai titik di perusahaan sebelumnya di mana saya tidak dapat memberikan kontribusi maksimal seperti yang saya harapkan. Saya ingin mencari lingkungan kerja di mana saya dapat memberikan dampak yang lebih besar dan bermanfaat, dan saya percaya bahwa posisi ini memberikan kesempatan tersebut.”

Dengan memberikan jawaban yang sesuai dengan alasan resign berdasarkan pengalam pribadi kita, kita dapat memberikan kesan yang positif kepada rekruter dan meningkatkan peluang untuk mendapatkan pekerjaan yang kita lamar. Ingatlah untuk selalu menjaga kejujuran, keaslian, dan sikap yang positif dalam menjawab pertanyaan ini.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di https://myskill.id/.

Tinggalkan Balasan