Tips Menjawab Pertanyaan: “Apa Harapanmu terhadap Pekerjaan Ini?”

Wawancara kerja bisa menjadi momen yang menegangkan, terutama ketika kita harus menjawab pertanyaan seperti, “Apa harapanmu terhadap pekerjaan ini?” Ini adalah kesempatan kita untuk menyampaikan dengan jelas apa yang kita inginkan dari pekerjaan dan bagaimana kita dapat memberikan kontribusi yang berarti.

Berikut beberapa tips dari My Skill ketika kita mendapati pertanyaan ini agar dapan menjawab dengan baik.

1. Tetap Tenang dan Percaya Diri

Saat ditanya pertanyaan ini, cobalah untuk tetap tenang dan percaya diri. Ingatlah bahwa kita sudah melakukan persiapan dan memiliki keterampilan yang diperlukan untuk posisi tersebut. Bersikaplah seperti kita sedang berbicara dengan teman, bukan pewawancara yang menakutkan.

2. Jujur dan Terbuka

Jawablah pertanyaan ini dengan jujur dan terbuka. Berbicaralah tentang apa yang sebenarnya kita harapkan dari pekerjaan ini. Pewawancara ingin mendengar pandangan kita yang tulus, bukan jawaban yang dibuat-buat.

3. Tunjukkan Antusiasme

Tunjukkan antusiasme kita terhadap pekerjaan dan perusahaan tersebut. Ceritakan apa yang membuat kita tertarik dengan posisi ini dan mengapa kita merasa cocok untuknya. Antusiasme kita akan menular dan membuat pewawancara semakin tertarik pada kita.

4. Jelaskan Kontribusi Kita

Jelaskan bagaimana kita berencana untuk memberikan kontribusi yang berarti bagi perusahaan. Bicarakan tentang keterampilan dan pengalaman yang relevan dengan posisi tersebut, dan bagaimana kita berharap dapat menggunakan keterampilan tersebut untuk membantu perusahaan mencapai tujuannya.

5. Beri Contoh Konkret

Berikan contoh konkret tentang bagaimana kita telah berhasil mencapai hal-hal yang serupa di masa lalu. Ceritakan pengalaman kita yang relevan dan bagaimana kita berhasil mengatasi tantangan yang mungkin muncul.

6. Tanya Balik

Setelah menjawab pertanyaan tersebut, jangan ragu untuk menanyakan kembali kepada pewawancara. kita bisa bertanya tentang bagaimana posisi tersebut berkontribusi pada tujuan perusahaan secara keseluruhan, atau tentang kesempatan untuk pertumbuhan dan pengembangan di perusahaan tersebut.

Contoh Jawaban:

“Pekerjaan ini sangat menarik bagi saya karena saya percaya bahwa saya dapat memberikan kontribusi yang berarti bagi tim. Saya berharap untuk bekerja dalam lingkungan yang kolaboratif di mana saya dapat belajar dari rekan-rekan sekerja saya dan juga memberikan kontribusi yang signifikan dalam mencapai tujuan perusahaan. Saya sangat antusias dengan kesempatan ini dan berharap dapat menjadi bagian dari tim kita .”

Dengan mengikuti tips ini, kita dapat menjawab pertanyaan tentang harapan terhadap pekerjaan dengan santai namun efektif. Ingatlah untuk tetap tenang, jujur, dan antusias, dan kita akan memberikan kesan yang baik kepada pewawancara.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di https://myskill.id/.

Tinggalkan Balasan