5 Tips Sidang Skripsi Lancar dan Langsung Lulus

Sidang skripsi adalah hal paling mendebarkan bagi seorang mahasiswa. Meski begitu, setiap mahasiswa harus melaluinya karena sidang skripsi adalah penentu seorang mahasiswa lulus atau tidak dari pendidikannya. Idealnya, semua mahasiswa pasti ingin langsung lulus saat sidang skripsi pertamanya tanpa harus mengalami kegagalan. Karena itulah, setiap mahasiswa harus siap secara mental dan fisik menghadapi sidang skripsi. Yuk, simak 5 tips sidang skripsi lancar dan langsung lulus, dibawah ini:

1. Pahami Materi

Mutlak bagi seorang mahasiswa paham isi skripsinya, bukan?
Mutlak bagi seorang mahasiswa paham isi skripsinya, bukan?

Memahami semua materi skripsi merupakan hal yang wajib kamu lakukan. Saat sidang skripsi, tentunya penguji akan memberikan pertanyaan-pertanyaan berkaitan dengan isi skripsi. Hal inilah yang membuat seorang mahasiswa harus benar-benar memahami isi dari skripsi yang dibuatnya. Selain itu, memahami materi skripsi juga membuktikan bahwa skripsi itu asli buatan seorang mahasiswa sendiri atau tidak.

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

2. Latihan Berbicara Bikin Sidang Lancar

Presentasi yang benar akan membuat isi skripsi tersampaikan dengan baik
Presentasi yang benar akan membuat isi skripsi tersampaikan dengan baik

Ketika sidang skripsi, seorang mahasiswa akan mempresentasikan isi dari skripsinya terlebih dahulu di depan penguji. Saat inilah kemampuan public speaking seorang mahasiswa dibutuhkan. Tidak semua mahasiswa memiliki kemampuan public speaking yang baik. Karena itulah seorang mahasiswa harus melatih kemampuan bicaranya sebelum sidang skripsi. Untuk melatih kemampuan pubic speaking, kamu bisa melakukan presentasi di depan teman-teman, keluarga atau orang-orang terdekat terlebih dahulu. Dengan begitu, kamu bisa meningkatkan rasa percaya dirimu dan menjadi lebih terbiasa saat berbicara di depan banyak orang.

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

3. Cari Pertanyaan Potensial

Persempit kesulitan sidang dengan mencari pertanyaan potensial
Persempit kesulitan sidang dengan mencari pertanyaan potensial

Saat sidang skripsi, penguji pastinya akan bertanya berkaitan isi dari skripsi. Oleh karena itu, sebelum sidang skripsi kamu harus mempersiapkan pertanyaan potensial yang mungkin akan penguji tanyakan kepadamu. Kamu bisa mencari pertanyaan potensial ini dengan beberapa cara.

Cara pertama adalah kebiasaan penguji. Seorang penguji biasanya memiliki pertanyaan andalan yang sering mereka tanyakan kepada peserta sidang. Tanyakan kepada mahasiswa yang sudah melakukan sidang dengan penguji tersebut tentang pertanyaan-pertanyaan tersebut. Cara kedua adalah mintalah teman terdekat yang memahami materi skripsimu untuk memberi pertanyaan kepadamu. Sudut pandang orang lain sangat berguna untuk mengetahui kekurangan dari materi skripsi yang kamu buat.

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

4. Jaga Kesehatan untuk Sidang yang Lancar!

Jangan sampai sidang skripsi kacau karena kesehatan terganggu
Jangan sampai sidang skripsi kacau karena kesehatan terganggu

Menyelesaikan tahapan-tahapan skripsi dari awal hingga akhir memang sangat menguras tenaga. Oleh karena itu, menjaga kesehatan tubuh menjadi hal yang sangat penting. Untuk menjaga tubuh tetap sehat, makanlah makanan bergizi, tidur yang cukup dan jangan lupa berolahraga. Jangan sampai kesehatan kamu terganggu sehingga kamu tidak bisa melakukan sidang skripsi dengan maksimal.

5. Hindari Stres

Stres akan menjadi penghambat saat sidang skripsi, loh!
Stres akan menjadi penghambat saat sidang skripsi, loh!

Selama peyusunan skripsi, stres menjadi hal yang tidak bisa dihindari oleh seorang mahasiswa. Meskipun memang wajar mengalami stres saat skripsi, tetapi jangan sampai stres menjadi penghambat terlebih lagi saat sidang. Mendekati sidang skripsi, seorang mahasiswa disarankan untuk refreshing sejenak, mengistirahatkan pikiran setelah menyusun skripsi yang menguras emosi. Lakukan hobi dan kegiatan yang kamu sukai untuk menghilangkan stres. Setelah refreshing, perasaan dan pikiran pasti kembali jmembaik sehingga kamu bisa melakukan sidang skripsi dengan fokus dan lancar.

Itulah 5 tips agar sidang skripsi lancar dan langsung lulus. Sudah siap kah kalian para mahasiswa untuk menjalani sidang skripsi? Jangan lupa juga untuk berdo’a aga sidang skripsimu berjalan lancar. Persiapkan dirimu dengan mengikuti beberapa tips di atas, ya?

Mau jadi HRD? Simak panduan lengkap Human Resource Development di sini.

Buat kamu yang ingin upgrade skill, menambah kualitas diri dan CV untuk menunjang karir, lets check and join MySkill.id. Di sini ada berbagai kelas dengan mentor profesional yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhanmu. Dengan kelas yang bermacam-macam dan menyenangkan, kamu bisa meningkatkan kualitas diri tanpa ribet dan tetap di rumah aja, loh! Stay safe, guys!

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill