7 Tugas Seorang Media Buyer yang Harus Kamu Tahu dan Pahami!

Pemasaran menjadi salah satu hal yang wajib dilakukan oleh para pemilik bisnis maupun usaha. Banyak sekali upaya untuk melakukan pemasaran, seperti contohnya melakukan promosi periklanan untuk memberitahukan penjualan dari produk melalui berbagai media. Media ini berupa iklan di televisi, koran, majalah, radio atau situs web lainnya. Ternyata dalam melakukan promosi tersebut ada orang yang bertanggung jawab untuk melakukan pembelian slot iklan sebelum iklan promosi benar-benar terbit, yaitu seorang media buyer. Media buyer menjadi penghubung antara klien dengan perusahaan penjualan media, untuk melakukan promosi dengan negosiasi harga yang saling menguntungkan.

Jadi media buyer itu tidak bisa asal-asalan loh, kamu harus tau dan paham mengenai tugas-tugsnya agar tidak merugikan banyak pihak. Berikut ini adalah 7 tugas seorang media buyer yang harus kamu tahu dan pahami!

1. Orang yang Bertugas dalam Membeli Slot Iklan untuk Promosi

Slot iklan dibeli terlebih dahulu sehingga iklan bisa terbit
Slot iklan dibeli terlebih dahulu sehingga iklan bisa terbit

Setiap iklan suatu produk yang kita lihat di berbagai media, merupakan hasil pekerjaan dari seorang media buyer. Mereka bertugas melakukan pembelian slot iklan untuk para klien yang ingin memperkenalkan produk kepada para audiens dengan berbagai macam promosi di media dan menggunakan biaya seefisien mungkin.

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

2. Dapat Menentukan Target Audiens 

Sasaran yang menjadi target iklan harus sesuai dengan produk
Sasaran yang menjadi target iklan harus sesuai dengan produk

Media buyer juga harus dapat menentukan target dari audiens dan media yang akan kemudian mereka gunakan untuk melakukan iklan. Serta harus dapat memutuskan cara terbaik untuk berkomunikasi dengan audiens agar mereka tertarik untuk membeli produk dari melihat iklan tersebut.

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

3. Media Buyer, Penghubung antara Target Audiens dengan Klien

Kerjasama perusahaan dalam penerbitan iklan
Kerjasama perusahaan dalam penerbitan iklan

Tayangan iklan harus berisi informasi yang sesuai dari produk yang akan diiklankan. Informasi ini dapat berupa rincian produk, harga jual serta manfaat dan kelebihan produk tersebut. Melalui cara ini maka seorang buyer sudah bertugas untuk menghubungkan target audiens dengan klien perusahaan.

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

4. Melakukan Negosiasi Harga 

Diskusi untuk penentuan harga jual dan sewa
Diskusi untuk penentuan harga jual dan sewa

Tugas lainnya adalah melakukan penawaran harga dan penyewaan waktu dengan pihak media untuk mendapatkan slot iklan dengan harga terbaik yang saling menguntungkan kedua belah pihak.

5. Memastikan Iklan Klien akan Tayang Secara Akurat

Iklan yang sudah tayang dapat dilihat banyak orang
Iklan yang sudah tayang dapat dilihat banyak orang

Memastikan kembali iklan klien sudah akan tayang dan akurat. Maksudnya adalah memastikan bahwa iklan akan tayang sesuai dengan jadwal. Tak hanya itu, iklan harus tayang dengan bahasa serta informasi yang akurat sehingga pesannya akan sampai kepada para audiens.

Mau lancar Bahasa Inggris? Baca panduan lengkap bahasa Inggris, TOEFL, IETLS & Beasiswa ini.

6. Mampu Menguasai Pengetahuan di Industri Media

Industri media yang bermacam-macam menjadi tempat promosi
Industri media yang bermacam-macam menjadi tempat promosi

Kemampuan menguasai pengetahuan tentang media produksi serta cara berkomunikasi yang baik juga penting bagi media buyer, hal ini bertujuan untuk mengetahui cara atau metode yang cocok dalam memasarkan suatu produk. 

7. Mengumpulkan Data

Analisis data untuk melihat peluang
Analisis data untuk melihat peluang

Tugas media buyer yang terakhir adalah dapat mengumpulkan data penjualan dan data konsumen untuk bahana analisa dan untuk melakukan evaluasi tentang efektivitas kampanye iklan. 

Nah, itu dia 7 tugas seorang media buyer yang harus kamu tahu dan pahami! 

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill