Urutan Versi Android Dari Awal Hingga Terbaru Yang Harus Kalian Tahu

Android, sistem operasi mobile yang dikembangkan oleh Google, telah mengalami evolusi yang signifikan sejak diluncurkan pada tahun 2008. Versi-versi Android memiliki nama kode berdasarkan nama makanan manis dan diurutkan berdasarkan abjad. Berikut adalah urutan versi Android dari awal hingga terbaru yang perlu kita ketahui:

1. Android 1.0 (2008) – “Astro”

Android 1.0 adalah versi pertama dari sistem operasi Android yang diluncurkan pada September 2008. Versi ini ditemani dengan perangkat Android pertama, HTC Dream atau dikenal juga dengan nama T-Mobile G1.

2. Android 1.5 Cupcake (2009)

Cupcake adalah versi kedua dari Android yang diluncurkan pada April 2009. Versi ini menambahkan fitur-fitur seperti kemampuan merekam dan memutar video, dukungan untuk keyboard virtual, dan beberapa perbaikan pada API.

3. Android 1.6 Donut (2009)

Donut adalah versi ketiga dari Android yang diluncurkan pada September 2009. Versi ini menambahkan fitur-fitur seperti pencarian cepat dalam kontak, galeri foto yang diperbarui, dan dukungan untuk resolusi layar WVGA.

4. Android 2.0/2.1 Eclair (2009) – “Eclair”

Eclair adalah versi keempat dari Android yang diluncurkan pada Oktober 2009. Versi 2.0 menambahkan fitur-fitur seperti navigasi turn-by-turn, dukungan untuk multiple akun email, dan galeri foto yang ditingkatkan.

5. Android 2.2 Froyo (2010) – “Froyo”

Froyo adalah versi kelima dari Android yang diluncurkan pada Mei 2010. Versi ini menambahkan fitur-fitur seperti dukungan untuk hotspot portabel, dukungan untuk Adobe Flash dalam browser, dan peningkatan kinerja secara keseluruhan.

6. Android 2.3 Gingerbread (2010) – “Gingerbread”

Gingerbread adalah versi keenam dari Android yang diluncurkan pada Desember 2010. Versi ini menambahkan fitur-fitur seperti antarmuka pengguna yang diperbarui, dukungan untuk Near Field Communication (NFC), dan peningkatan manajemen daya.

7. Android 3.0/3.1/3.2 Honeycomb (2011) – “Honeycomb”

Honeycomb adalah versi ketujuh dari Android yang dirancang khusus untuk tablet dan diluncurkan pada Februari 2011. Versi ini menambahkan fitur-fitur seperti antarmuka pengguna yang dioptimalkan untuk tablet, dukungan untuk multi-jendela, dan peningkatan pada browser.

Tertarik Jadi Software engineering? Baca panduan lengkap Software Engineering di sini.

8. Android 4.0 Ice Cream Sandwich (2011) – “Ice Cream Sandwich”

Ice Cream Sandwich adalah versi kedelapan dari Android yang diluncurkan pada Oktober 2011. Versi ini menyatukan antarmuka pengguna untuk smartphone dan tablet, menambahkan fitur-fitur seperti Face Unlock, Android Beam, dan peningkatan pada keyboard virtual.

9. Android 4.1/4.2/4.3 Jelly Bean (2012) – “Jelly Bean”

Jelly Bean adalah versi kesembilan dari Android yang diluncurkan pada Juli 2012. Versi ini menambahkan fitur-fitur seperti Google Now, notifikasi yang diperbarui, dan Project Butter untuk meningkatkan responsivitas sistem.

10. Android 4.4 KitKat (2013) – “KitKat”

KitKat adalah versi kesepuluh dari Android yang diluncurkan pada Oktober 2013. Versi ini menambahkan fitur-fitur seperti mode penuh layar untuk aplikasi, peningkatan pada perekaman layar, dan integrasi yang lebih baik dengan Google Drive.

11. Android 5.0/5.1 Lollipop (2014) – “Lollipop”

Lollipop adalah versi kesebelas dari Android yang diluncurkan pada November 2014. Versi ini menambahkan fitur-fitur seperti Material Design untuk antarmuka pengguna, mode “Guest”, dan Smart Lock untuk meningkatkan keamanan.

12. Android 6.0 Marshmallow (2015) – “Marshmallow”

Marshmallow adalah versi kedua belas dari Android yang diluncurkan pada Oktober 2015. Versi ini menambahkan fitur-fitur seperti Now on Tap, pengaturan izin aplikasi yang diperbarui, dan Doze untuk meningkatkan manajemen daya.

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

13. Android 7.0/7.1 Nougat (2016) – “Nougat”

Nougat adalah versi ketiga belas dari Android yang diluncurkan pada Agustus 2016. Versi ini menambahkan fitur-fitur seperti split-screen mode, peningkatan pada notifikasi, dan Daydream VR untuk pengalaman virtual reality.

14. Android 8.0/8.1 Oreo (2017) – “Oreo”

Oreo adalah versi keempat belas dari Android yang diluncurkan pada Agustus 2017. Versi ini menambahkan fitur-fitur seperti Picture-in-Picture mode, notifikasi yang lebih canggih, dan Project Treble untuk meningkatkan pembaruan sistem.

15. Android 9 Pie (2018) – “Pie”

Pie adalah versi kelima belas dari Android yang diluncurkan pada Agustus 2018. Versi ini menambahkan fitur-fitur seperti Adaptive Battery untuk meningkatkan manajemen daya, Adaptive Brightness untuk penyesuaian otomatis kecerahan layar, dan navigasi geser untuk menggantikan tombol navigasi.

16. Android 10 (2019) – “Android 10”

Android 10 adalah versi keenam belas dari Android yang diluncurkan pada September 2019. Versi ini menambahkan fitur-fitur seperti mode gelap sistem, kontrol privasi yang diperbarui, dan navigasi geser yang diperbarui.

Mau jadi Product Manager? Baca panduan lengkap Product Manager berikut.

17. Android 11 (2020) – “Android 11”

Android 11 adalah versi ketujuh belas dari Android yang diluncurkan pada September 2020. Versi ini menambahkan fitur-fitur seperti Conversations, Bubbles, dan peningkatan pada kontrol perangkat.

18. Android 12 (2021) – “Android 12”

Android 12 adalah versi kedelapan belas dari Android yang diluncurkan pada Oktober 2021. Versi ini menambahkan fitur-fitur seperti Material You, tema dinamis, pembaruan privasi, dan banyak perbaikan kinerja dan antarmuka pengguna.

Evolusi Android dari awal hingga sekarang telah menghasilkan berbagai versi dengan fitur-fitur baru yang memperkaya pengalaman pengguna. Dengan pembaruan yang terus-menerus, Android terus berinovasi untuk memberikan pengalaman yang lebih baik bagi pengguna di seluruh dunia. Dengan mengetahui urutan versi Android dari awal hingga terbaru, kita dapat lebih memahami perkembangan sistem operasi mobile yang sangat populer ini.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill

Tinggalkan Balasan