Web Development: Perbedaan Front End dan Back End Serta Cara Kerjanya

Web development adalah proses pembuatan situs web atau aplikasi web yang melibatkan berbagai tahapan, mulai dari perencanaan, desain, pengembangan, hingga pemeliharaan. Dalam web development, terdapat dua bagian utama yang memainkan peran penting, yaitu Front End dan Back End. Keduanya memiliki perbedaan dalam hal tugas, teknologi, dan cara kerja. Artikel ini akan menjelaskan secara lengkap tentang Front End, Back End, serta perbedaan dan cara kerjanya.

1. Apa itu Front End?

Front End adalah bagian dari sebuah situs web atau aplikasi yang terlihat dan diakses langsung oleh pengguna. Ini mencakup semua elemen yang dapat dilihat, diakses, dan digunakan oleh pengguna, seperti tata letak, desain, teks, gambar, dan interaksi. Front End juga dikenal sebagai sisi klien karena berjalan di perangkat pengguna akhir, seperti browser web.

Tertarik Jadi Software engineering? Baca panduan lengkap Software Engineering di sini.

2. Apa itu Back End?

Back End adalah bagian dari sebuah situs web atau aplikasi yang tidak terlihat oleh pengguna tetapi bertanggung jawab untuk pengolahan data, logika aplikasi, dan penyimpanan informasi. Ini mencakup server, database, dan aplikasi server yang menjalankan situs web atau aplikasi. Back End juga dikenal sebagai sisi server karena berjalan di server.

Perbedaan antara Front End dan Back End

  1. Fokus Utama: Front End berfokus pada tampilan dan interaksi pengguna, sedangkan Back End berfokus pada pengolahan data dan logika aplikasi.
  2. Teknologi yang Digunakan: Front End menggunakan teknologi seperti HTML, CSS, dan JavaScript, sedangkan Back End menggunakan bahasa pemrograman seperti PHP, Python, Ruby, atau Java.
  3. Interaksi dengan Pengguna: Front End berinteraksi langsung dengan pengguna melalui antarmuka pengguna, sedangkan Back End berinteraksi dengan database dan server.
  4. Visibilitas: Front End terlihat oleh pengguna dan mudah diakses, sedangkan Back End tidak terlihat oleh pengguna dan tersembunyi di balik layar.

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

Cara Kerja Front End

Front End bekerja dengan mengambil data dari server (melalui Back End) dan menampilkannya kepada pengguna dalam bentuk halaman web yang interaktif. Proses ini melibatkan penggunaan HTML untuk struktur, CSS untuk tata letak dan desain, dan JavaScript untuk interaksi dan animasi.

Tertarik jadi Graphic Designer? Baca panduan lengkap Graphic Design di sini.

Cara Kerja Back End

Back End bekerja dengan menerima permintaan dari Front End, memprosesnya menggunakan logika aplikasi, mengakses database jika diperlukan, dan mengirimkan respons kembali ke Front End. Proses ini melibatkan penggunaan bahasa pemrograman seperti PHP, Python, atau Java, kerangka kerja back end (seperti Django, Flask, atau Spring), dan database (seperti MySQL, PostgreSQL, atau MongoDB).

Dalam pengembangan web, Front End dan Back End bekerja bersama-sama untuk menciptakan pengalaman pengguna yang lengkap dan berfungsi dengan baik. Perbedaan dan hubungan antara keduanya memungkinkan situs web dan aplikasi web untuk beroperasi dengan efisien dan efektif.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill

Tinggalkan Balasan