Freelance Writer: Cocok Buat Kamu yang Mencari Fleksibilitas

Bagi kamu yang sedang mencari pekerjaan sampingan untuk mendapatkan income tambahan, bekerja sebagai freelancer bisa menjadi pilihan. Nah, salah satu pekerjaan lepas yang bisa kamu coba adalah freelance writer. Profesi ini sangat cocok untuk menjadi side job karena menjanjikan fleksibilitas. Kamu bisa bekerja di waktu dan tempat yang kamu inginkan, asalkan tetap memenuhi target dan deadline.

Bagi sobat MySkill yang memiliki hobi menulis, freelance writer adalah pilihan yang sangat tepat. Sambil melatih kemampuan menulis, kamu juga bisa membuat portofolio yang lebih keren. Selain itu, sobat MySkill juga mendapat bayaran dari pekerjaan menulis lepas ini. Jika berhasil menekuninya dengan baik maka akan memberikan banyak keuntungan dari sisi finansial. Bekerja sesuai dengan hobi tentu menyenangkan, bukan?

Dalam artikel ini, MySkill akan membahas serba-serbi profesi freelance writer. Mulai dari pengertiannya, alasan kenapa industri membutuhkannya, bagaimana cara penulis lepas bekerja, hingga cara menjadi seorang penulis lepas. Untuk mendapatkan informasi selengkapnya, simak artikel ini sampai habis, ya!

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

1. Apa Itu Freelance Writer?

Freelance Writer: Cocok Buat Kamu yang Mencari Fleksibilitas
Freelance writer bekerja dengan sangat fleksibel

Freelance writer atau penulis lepas merupakan seseorang yang menawarkan jasa menulis untuk klien tanpa terikat jam kerja yang kaku. Seorang penulis lepas menciptakan berbagai macam jenis tulisan, seperti artikel, copywriting, hingga skrip film. Hal ini tentu tergantung dari spesialisasi setiap penulis.

Penulis lepas biasanya akan mendapat bayaran per tulisan yang mereka produksi. Mereka juga bisa menentukan fee atas tulisannya, tentunya harus mendapat persetujuan dari klien terlebih dahulu.

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

2. Alasan Kenapa Freelance Writer Dibutuhkan

Freelance Writer: Cocok Buat Kamu yang Mencari Fleksibilitas
Freelance writer dibutuhkan untuk menulis konten suatu perusahaan

Beberapa perusahaan biasanya memerlukan jasa dari freelancer, terutama startup dan agensi. Alasannya bisa beragam, salah satunya adalah proyek tulisan secara tiba-tiba dengan tenggat waktu yang singkat. Oleh karena itu, perusahaan berusaha mencari para penulis lepas untuk mengerjakan proyek tersebut. Ketika proyek selesai, kontrak dari pekerja lepas pun berakhir.

Tujuan utama dari perusahaan untuk menggunakan jasa penulis lepas adalah karena bisa menekan pengeluaran. Menggunakan jasa freelancer tentu membutuhkan biaya yang lebih sedikit daripada menambah pegawai secara tetap. Perusahaan yang belum memiliki kantor juga biasanya menggunakan jasa freelance karena mereka bisa bekerja dari mana saja.

Mau lancar Bahasa Inggris? Baca panduan lengkap bahasa Inggris, TOEFL, IETLS & Beasiswa ini.

3. Cara Penulis Lepas Bekerja

Freelance Writer: Cocok Buat Kamu yang Mencari Fleksibilitas
Freelance writer juga bisa menjadi kontributor untuk berbagai media

Seorang penulis lepas tidak hanya bekerja untuk klien perusahaan yang membutuhkan jasa mereka saja, tetapi juga dari berbagai macam jenis klien. Untuk bisa mendapatkan banyak klien, seorang freelance writer harus mampu mempromosikan dirinya sebaik mungkin. Penulis lepas biasanya menawarkan jasa mereka melalui situs-situs freelance.

Selain itu, beberapa media juga menawarkan para penulis lepas untuk menjadi kontributor. Jika kamu mampu membuat tulisan yang menarik, maka ada besar kemungkinan karyamu di-publish. Setiap tulisan yang berhasil terbit akan mendapatkan fee yang bergantung dari kebijakan media tersebut.

Intinya, jika ingin menjadi seorang penulis lepas, kamu harus aktif mencari proyek dan menawarkan jasamu. Apabila tidak aktif, proyekmu tentu tidak akan datang. Selain itu, kamu juga harus terus mengasah kemampuanmu dalam menulis supaya bisa menghasilkan tulisan yang menarik.

4. Tips Menjadi Freelance Writer

Freelance Writer: Cocok Buat Kamu yang Mencari Fleksibilitas
Freelance writer harus terus mengasah kemampuan menulis

Supaya bisa menjadi penulis lepas yang andal dan bisa memikat klien, sobat MySkill perlu melakukan beberapa hal. Seorang penulis lepas harus memiliki kemauan untuk terus belajar dan rasa ingin tahu yang tinggi. Berikut adalah beberapa tips untuk menjadi freelance writer.

  • Latih kemampuan menulis. Melatih kemampuan menulis adalah hal yang penting. Perluaslah pengetahuan tentang tata bahasa dan buatlah gaya tulisan yang unik. Dalam hal ini, sobat MySkill juga harus terus mengasah kreativitas agar dapat menghasilkan topik yang menarik.
  • Coba membuat blog. Hal ini bisa kamu manfaatkan sebagai media untuk menyalurkan tulisan-tulisanmu. Dengan begitu, kemampuan menulis juga bisa semakin terasah.
  • Miliki spesialisasi. Usahakan untuk punya speasialisasi dalam tulisan-tulisanmu. Sobat MySkill bisa menyesuaikannya dengan bidang yang kamu gemari. Misalnya, kamu menjadi penulis speasialis artikel otomotif jika menyukai dunia otomotif.
  • Membuat portofolio. Sobat Myskill perlu untuk menyiapkan portofolio agar bisa memikat calon klien dengan melampirkan tulisan-tulisan terbaikmu.
  • Memiliki manajemen waktu yang baik. Terutama jika kamu menjadikan profesi penulis lepas sebagai side job. Kamu harus bisa mengatur waktu dengan baik agar semua pekerjaan bisa selesai dengan tepat waktu.

Tertarik Jadi Software engineering? Baca panduan lengkap Software Engineering di sini.

Itulah pembahasan dari MySkill tentang serba-serbi profesi freelance writer. Pekerjaan ini menjanjikan fleksibilitas sehingga sangat cocok untuk menjadi side job. Namun, kamu juga bisa menjadi full time freelance writer dengan mencari proyek sebanyak mungkin. Nah, untuk melatih kemampuanmu dalam menulis, MySkill punya kelas Menulis Artikel Ramah SEO dan Fondasi Copywriting Dalam Pemasaran. Yuk, segera beli kelasnya!

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill