Mengenal Profesi Legal Officer dan Peran Pentingnya Bagi Perusahaan

1 min read

Legal officer

Dalam sebuah negara hukum seperti Indonesia, semua hal yang kita lakukan harus sesuai dengan ketentuan aturan yang berlaku, termasuk dalam kegiatan usaha dan bisnis. Oleh karena itu, setiap perusahaan pasti membutuhkan seseorang dengan keahlian di bidang hukum untuk membantu mengurusi masalah terkait. Nah, di sinilah peran pentingnya seorang legal officer.

Legal officer berperan besar dalam kemajuan perusahaan. Pasalnya, hampir seluruh operasional perusahaan membutuhkan perizinan yang sah secara hukum. Jika kontrak kerja, proposal, atau dokumen lain ternyata tidak sesuai dengan hukum yang berlaku, maka dokumen tersebut dianggap ilegal. Karena itulah, profesi ini bertugas untuk memonitori setiap kegiatan operasional perusahaan agar berjalan sesuai dengan hukum yang berlaku.

Dalam artikel ini, MySkill akan membahas tentang serba-serbi profesi legal officer. Mulai dari definisinya, tanggung jawab, hingga kualifikasinya. Bagi sobat MySkill yang tertarik dengan profesi ini, simak artikelnya sampai habis, ya!

1. Pengertian Legal Officer

Legal officer menangani urusan hukum perusahaan
Legal officer menangani urusan hukum di perusahaan

Sebelum memasuki pembahasan yang lebih mendalam, ada baiknya untuk kita ketahui pengertiannya terlebih dahulu. Legal officer adalah seseorang yang bertanggung jawab untuk menangani persoalan hukum di suatu perusahaan.

Posisi ini biasa kita temukan di berbagai perusahaan swasta, agensi, dan berbagai kantor lainnya. Profesi ini bertanggung jawab untuk menangani urusan internal perusahaan, seperti dokumen dan urusan eksternal perusahaan, seperti permasalahan di persidangan hukum.

2. Tugas Legal Officer

Legal officer memberikan nasihat hukum
Memberi nasihat hukum adalah salah satu tugas legal officer

Profesi ini bertanggung jawab untuk memastikan semua operasional perusahaan berjalan sesuai hukum yang berlaku. Untuk melakukan tanggung jawab tersebut, legal officer memiliki beberapa tugas penting. Berikut adalah tugas-tugasnya.

a. Memberi Nasihat Hukum

Tugas pertamanya adalah memberikan nasihat hukum untuk perusahaan, baik berupa permasalahan hukum, potensi risiko, ataupun tindakan yang perlu perusahaan ambil. Kegiatan ini bertujuan untuk memberi pengetahuan kepada perusahaan.

Tak hanya itu, dalam bisnis ada banyaknya istilah hukum yang cukup sulit sehingga memerlukan penjelasan dari ahlinya. Oleh karena itu, terkadang mereka juga menerjemahkan istilah hukum yang rumit ke dalam bahasa yang dapat banyak orang pahami.

b. Mengelola Dokumen

Tugas selanjutnya dari profesi ini adalah mengelola semua dokumen legal dalam perusahaan, contohnya kontrak kerja, setifikat saham, perjanjian kerja sama, dan dokumen lainnya.

c. Mengadakan Sosialisasi

Tugas lain yang tidak kalah penting adalah mengadakan sosialisasi dan pengarahan tentang hukum. Mereka bertugas untuk memberi penyuluhan dan pengarahan terkait hal-hal yang penting untuk diketahui setiap anggota perusahaan.

3. Kualifikasi dan Skill

Karier yang menuntut sikap adil dan pemahaman hukum yang dalam
Skill yang dibutuhkan adalah pengetahuan hukum yang mendalam

Jika sobat MySkill tertarik untuk berkarier di bidang ini, tentu harus memenuhi berbagai persyaratan dan kualifikasi. Persyaratan pertama yang mesti sobat MySkill penuhi adalah gelar sarjana hukum dari perguruan tinggi. Selain itu, perlu beberapa pengalaman bekerja di bidang yang sama. Dalam hal ini, sobat MySkill bisa memanfaatkan kesempatan magang.

Pengetahuan hukum yang mendalam juga diperlukan untuk menjadi legal officer yang baik. Keterampilan lain yang profesi ini perlukan adalah berpikir kritis, kemampuan menulis, komunikasi interpersonal yang baik, teliti, skill negosiasi yang tinggi, dan juga kemampuan administratif yang baik.

Itulah penjelasan dari MySkill mengenai profesi legal officer. Penjelasan di atas menggambarkan betapa pentingnya posisi ini bagi sebuah perusahaan. Tanpa staf legal, perusahaan akan kesulitan untuk menangani permasalahan hukum yang ada. Nah, untuk kamu yang ingin mempelajari berbagai keterampilan, MySkill punya beberapa kelas yang bisa kamu akses dengan harga terjangkau. Yuk, segera beli kelasnya! 

Baca juga: Simak 5 Prediksi Pekerjaan Baru di Masa Depan Ini!

Editor: Wahda Nur Lestari