Ingin Berorganisasi Saat Kuliah? Intip 4 ORMAWA/OPMAWA Ini!

Selain nilai akademik yang tinggi, banyak perusahaan mencari mahasiswa yang aktif dalam berorganisasi saat masa kuliahnya. Aktif berorganisasi dapat membantu kamu mendapatkan berbagai kemampuan yang mungkin tidak akan kamu dapatkan di bangku perkuliahan formal. Buat kamu yang ingin aktif berorganisasi saat kuliah dan masih bingung nentuin organisasi mana yang menarik minatmu, ini dia daftar 4 ORMAWA/OPMAWA yang mungkin cocok buat kamu! Cekidot!

1. Organisasi Eksekutif

Ingin Berorganisasi Saat Kuliah? Intip 4 ORMAWA/OPMAWA Ini!
Cocok buat kalian yang ingin aktif di berbagai proker

Inilah salah satu organisasi yang terdapat di jenjang perkuliahan. Lembaga ini cukup populer di kalangan mahasiswa, apalagi mahasiswa baru. Di dunia perkuliahan umumnya terdapat 2 organisasi eksekutif yaitu BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) dan HMJ (Himpunan Mahasiswa Jurusan).

Setiap organisasi di atas memiliki ranah dan wilayahnya masing-masing. Biasanya, BEM memegang kepengurusan di ranah yang lebih luas seperti universitas dan fakultas. Sedangkan, HMJ memegang kepengurusan di lingkup jurusan masing-masing. 

Seperti namanya, organisasi eksekutif mahasiswa memiliki tugas dan wewenang untuk mengurus permasalahan eksekutif. Mengadakan ospek, pentas seni, dan berbagai kegiatan antar mahasiswa termasuk ke dalam tugas dan wewenang dari organisasi eksekutif, loh!

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

2. Organisasi Legislatif

Ingin Berorganisasi Saat Kuliah? Intip 4 ORMAWA/OPMAWA Ini!
Cocok buat kalian yang ingin menjadi legislator handal

Organisasi legislatif berdiri berdampingan dengan organisasi eksekutif. Organisasi ini tentunya bergerak dalam ranah legislatif. Mereka memiliki tugas untuk mengawasi anggaran dana serta kegiatan antar mahasiswa yang organisasi eksekutif selenggarakan. Selain itu, mereka berwenang untuk membuat undang-undang mahasiswa.

Organisasi ini hadir di setiap lingkup kepengurusan kampus, mulai dari universitas, fakultas, hingga jurusan. Namun, terkadang ada sebagian perguruan tinggi yang tidak memiliki organisasi legislatif di ranah jurusan. Sehingga, permasalahan legislatif yang ada di jurusan menjadi ranah kepengurusan organisasi legislatif di fakultas.

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

3. Unit Kegiatan Mahasiswa

Ingin Berorganisasi Saat Kuliah? Intip 4 ORMAWA/OPMAWA Ini!
Kembangkan minat dan bakatmu

Bagi kamu yang tidak berminat dengan dua organisasi di atas, kamu tidak perlu khawatir! Kamu bisa mengikuti berbagai macam UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) yang ada di kampus, loh!

UKM di kampus merupakan wadah bagi kamu untuk mengembangkan minat dan bakat. Bagi kamu yang suka dan berbakat dalam bernyanyi, mungkin UKM paduan suara menjadi pilihan yang cocok untukmu. Lalu, UKM pecinta alam tentunya menjadi pilihan yang tepat bagi kamu yang menyukai kegiatan outdoor.

Selain itu, UKM di setiap perguruan tinggi juga ada yang bergerak dalam bidang keagamaan dan kedaerahan. Kamu bisa bertemu dengan teman-teman dari daerah yang sama meskipun harus berkuliah di tempat yang jauh dari rumah! Kamu gak bakalan homesick, nih!

Mau jago Microsoft Excel? Simak panduan lengkap Excel di sini.

4. Organisasi Mahasiswa Ekstra Kampus

Ingin Berorganisasi Saat Kuliah? Intip 4 ORMAWA/OPMAWA Ini!
Warna-warni ORMEK

Masih gak berminat dengan 3 organisasi di atas? Jangan khawatir, ORMEK (Organisasi Mahasiswa Ekstra Kampus) mungkin bisa menjadi pilihan bagi kamu! Untuk kamu yang sangat menyukai dunia politik, bergabung dengan salah satu ORMEK akan menjadi pilihan yang sangat tepat. Hal tersebut tentunya bukan tanpa alasan, berbagai ORMEK yang ada bergerak dalam dunia politik. Banyak orang yang telah sukses menjadi politikus besar melalui ORMEK.

Kenali berbagai ORMEK yang ada disekitar kampusmu dan pilihlah yang cocok untukmu. Sebagai tambahan, ada beberapa perguruan tinggi di Indonesia yang melarang kegiatan ORMEK masuk ke dalam kampus, jadi pastikan regulasi di kampus kamu, yah! Lalu, jangan sampai kamu terjerumus ke dalam organisasi-organisasi radikal yang sudah pemerintah larang, yah!

Itu dia informasi mengenai 4 ORMAWA/OPMAWA yang mungkin cocok buat kamu yang ingin aktif berorganisasi saat kuliah. Semoga informasi tentang 4 jenis organisasi untuk berorganisasi saat kuliah ini dapat membantumu mempersiapkan karir di masa mendatang.

Mau lancar Bahasa Inggris? Baca panduan lengkap bahasa Inggris, TOEFL, IETLS & Beasiswa ini.

Buat kamu yang ingin meningkatkan kemampuan dan mendapatkan berbagai tips untuk menunjang karir, yuk join MySkill.id! MySkill.id menyediakan berbagai pelatihan serta berbagai tips meningkatkan kemampuan dalam berkarir via e-learning dan bootcamp yang bisa kamu ikuti dengan berbagai tutor dan cara yang menyenangkan.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill