Mengenal Jurusan Teknik Geologi, Calon Mahasiswa Teknik Wajib Tahu!

2 min read

Sejak beberapa tahun terakhir, peminat jurusan Teknik Geologi di berbagai universitas dalam maupun luar negeri terus mengalami peningkatan.

Di samping proses belajar yang menyenangkan, prospek kerja yang sangat luas juga menjadi alasan mengapa program studi ini begitu menarik perhatian generasi milenial.

Lalu, seperti apakah sebenarnya jurusan Teknik Geologi itu? Yuk, simak informasi selengkapnya berikut ini!

1. Mengenal Program Studi Teknik Geologi

Teknik Geologi
Pengenalan prodi Teknik Geologi

Teknik Geologi merupakan salah satu cabang ilmu yang mempelajari tentang sejarah, susunan, komposisi, sifat-sifat fisik, hingga proses terbentuknya bumi.

Saat ini, ilmu geologi telah mengalami banyak perkembangan, dari yang semula hanya berfokus pada sumber daya mineral, kini telah meluas dengan adanya pembahasan mengenai konstruksi atau struktur bangunan hingga pencegahan bencana.

Hal tersebut tak lepas dari faktor geografis Indonesia yang dikelilingi oleh lempeng aktif dan gunung berapi sehingga membutuhkan pertimbangan matang dalam aspek desain, tata guna lahan, serta strategi konstruksi agar pembangunan berjalan sesuai prinsip-prinsip infrastruktur.

2. Mata Kuliah Program Studi Teknik Geologi

Teknik Geologi
Mata Kuliah yang ada pada jurusan Teknik Geologi

Secara umum, Teknik Geologi memang dikhususkan untuk mengkaji seputar kebumian atau hal-hal yang berkaitan dengan bumi. Mahasiswa jurusan ini setidaknya harus memiliki skill analisis, observasi, serta kemampuan berpikir yang rasional dan sistematis.

Meski setiap kampus memiliki kebijakan yang berbeda, berikut adalah gambaran mata kuliah yang akan kamu jumpai di jurusan ini:

  • Geologi Dasar, Geologi Panas Bumi, Geologi Minyak dan Gas Bumi, Geologi Pengembangan Wilayah, Geologi Struktur, Geologi Batu Bara, Metode Pemetaan Geologi.
  • Sedimentologi dan Stratigrafi, Makropaleontologi, Mikropaleontologi, Petrologi, Vulkanologi, Hidrogeologi, Tektonika.
  • Analisis Batuan, Mitigasi Bencana Geologi, Mitigasi Bencana Geologi, dan masih banyak lagi.

Baca juga: 5 Jurusan Bergaji Tinggi yang Jarang Diminati

3. Prospek Kerja Program Studi Teknik Geologi

Teknik Geologi
Prospek karier lulusan Teknik Geologi

Hal penting berikutnya yang harus kamu pertimbangkan dalam memilih jurusan adalah prospek karier dan ketersediaan lapangan pekerjaan.

Namun, kamu tak perlu khawatir tentang hal ini ketika memilih program studi Teknik Geologi. Selain bisa menjalankan berbagai profesi, gaji lulusan prodi tersebut juga tergolong tinggi dan menjanjikan.

Nah, berikut adalah berbagai prospek kerja yang bisa kamu pilih saat lulus dari jurusan ini:

  • Interpreter Seismik

Profesi pertama yang bisa menjadi pilihan adalah menjadi interpreter seismik. Seorang dengan pofesi ini bertugas melakukan penghitungan kedalaman serta garis besar formasi bawah tanah. Hal ini bertujuan untuk membuat perkiraan terkait jumlah mineral atau deposito karbon.

Tidak hanya itu, interpreter seismik juga diperlukan dalam hal penilaian lingkungan, penelitian geologi, dan analisis gempa.

  • Teknisi Tambang, Minyak, dan Material

Prospek kerja selanjutnya dari jurusan Teknik Geologi adalah teknisi tambang, minyak, dan material. Dalam profesi ini, kamu akan bertugas dan bertanggung jawab dalam mencari dan mengolah minyak bumi maupun gas alam.

  • Ahli Sistem Informasi Geografis

Karier berikutnya dari lulusan program studi ini adalah menjadi seorang ahli sistem informasi geografis. Adapun melalui profesi ini, kamu akan bertugas untuk membantu para ahli teknologi terkait pembangunan dan pemeliharaan menggunakan database sistem informasi geografis (GIS).

  • Mudlogger

Profesi mudlogger memiliki tanggung jawab dalam penyimpanan catatan operasi pengeboran yang nantinya akan menjadi sumber informasi terkait status ekstraksi minyak dan gas.

  • Insinyur Pengeboran.
  • Konsultan Lingkungan.

4. Rekomendasi Kampus

Rekomendasi kampus terbaik

Setelah mengenal jurusan Teknik Geologi secara mendalam, kini saatnya Sobat MySkill menentukan di kampus mana kamu akan belajar jurusan tersebut. Nah, berikut adalah rekomendasi kampus di Indonesia yang menyediakan jurusan ini yang bisa Sobat MySkill pilih:

  • Provinsi Jawa Barat

ITB (Institut Teknologi Bandung), UNPAD (Universitas Padjadjaran), dan UNPAK (Universitas Pakuan).

  • Provinsi Jawa Tengah

UGM (Universitas Gadjah Mada), UNDIP (Universitas Diponegoro), UNSOED (Universitas Jenderal Soedirman), dan UPN (Universitas Pembangunan Nasional) “Veteran” Yogyakarta.

  • Provinsi Jawa Timur

ITATS (Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya)

  • DKI Jakarta

Universitas Trisakti

  • Provinsi Luar Jawa

UNHAS (Universitas Hasanuddin), UNSRI (Universitas Sriwijaya), UHO (Universitas Halu Oleo), ITM (Institut Teknlogi Medan), ISTP (Institut Sains dan Teknologi TD. Pardede), Universitas Tadulako, UNSYIAH (Universitas Syah Kuala).

Baca juga: Kenal Lebih Dekat dengan Jurusan Oseanografi dan Prospek Kerjanya

Itulah penjelasan mengenai jurusan Teknik Geologi mulai dari mata kuliah, prospek kerja, dan rekomendasi perguruan tinggi. Di samping mempersiapkan skill melalui pembelajaran di kampus, yuk, tingkatkan pula kemampuan kamu dengan mengikuti E-Learning dan Bootcamp bersama MySkill!

Editor: Deden Usman Hafidi