5 Tips Sukses TOEFL IBT untuk Kuliah di Luar Negeri!

TOEFL (Test of English as a Foreign Language) memiliki beberapa jenis, yaitu TOEFL IBT (Internet Based Test), PBT (Paper Based Test), dan ITP (Institutional Testing Program). Dalam kesempatan kali ini, MySkill.id. akan membahas mengenai TOEFL IBT. Sudahkah teman-teman tahu mengenai tes ini? Yuk, kita perhatikan bersama pembahasannya di bawah!

Mengenal TOEFL IBT

5 Tips Sukses TOEFL IBT untuk Kuliah di Luar Negeri!
TOEFL IBT menjadi salah satu syarat untuk kuliah di luar negeri

TOEFL IBT adalah tes yang dapat menggambarkan kemampuan berbahasa Inggris seseorang. Sama seperti IELTS (International English Language Testing System), kalian dapat menggunakan hasil tes ini untuk mendaftar ke perguruan tinggi di luar negeri. Oleh karena itu, tes ini merupakan salah satu aspek penting jika berkuliah di luar negeri guna melanjutkan studi.

Lebih dari 11.500 institusi di 160 negara menjadikan hasil TOEFL IBT sebagai syarat dan bukti penilaian kemampuan berbahasa Inggris. Tes ini memiliki range score dari 0-120. Agar mencapai posisi aman, kalian perlu meraih skor 85-100. 

Terdapat 4 sections di dalam tes TOEFL IBT, yaitu reading, listening, writing, dan speaking. Peserta akan mendapatkan waktu sekitar 3 setengah jam dalam menyelesaikan seluruh sections. Pada bagian reading, terdapat waktu kurang lebih 54-72 menit, untuk listening disediakan waktu sekitar 41-57 menit, sedangkan speaking section hanya ada 17 menit dan bagian writing peserta memiliki waktu 50 menit. 

Mau lancar Bahasa Inggris? Baca panduan lengkap bahasa Inggris, TOEFL, IETLS & Beasiswa ini.

Tips Sukses Mengerjakan TOEFL IBT

5 Tips Sukses TOEFL IBT untuk Kuliah di Luar Negeri!
Tips sukses dalam pengerjaanya

Persaingan untuk mendaftar universitas di luar negeri cukup tinggi. Maka dari itu, kita perlu memiliki skor TOEFL IBT yang tinggi, supaya mampu bersaing dengan peserta lain dari berbagai negara. Karenanya, pada kesempatan kali ini, kita akan berbagi tips sukses mengerjakan TOEFL IBT. Guna mengetahuinya lebih lanjut, berikut adalah penjelasannya:

1. Pahami Tentang Tesnya

Dalam memahami sebuah tes, tidak hanya sekadar mengenal gambaran umumnya saja. Namun, kalian juga harus mengetahui lebih jauh. Salah satu caranya adalah dengan melalui riset, agar dapat membuat strategi yang baik saat mengerjakannya. 

Kalian juga perlu mencari tahu faktor capaian pada setiap section dan bagaimana sistem penilaiannya. Dari hal tersebut, kita dapat memahami bagian mana saja yang perlu mendapat fokus lebih untuk mencapai skor tinggi. 

Contohnya pada bagian writing, salah satu faktor penilaiannya akan ditentukan oleh kekayaan penggunaan vocabulary. Sehingga kalian perlu menggunakan kosakata yang jarang digunakan, supaya mendapat nilai tinggi. Hal tersebut bisa menjadi patokan bagi kita untuk fokus belajar dan membiasakan diri dalam menggunakan vocabulary yang tidak mainstream saat melakukan persiapan.

2. Dalami Bahasa Inggris Bidang Akademik

TOEFL IBT menilai kemampuan bahasa Inggris dalam konteks akademik, sehingga konten soal yang mereka berikan pun berkisar pada topik akademik. Topik pada TOEFL IBT biasanya berkaitan dengan ilmu pengetahuan, seperti geologi, antropologi, astronomi, psikologi, dan sejarah. 

Oleh karena itu, untuk mencapai nilai tinggi kalian perlu meningkatkan vocabulary pada topik-topik tersebut. Jika ingin menambah wawasan serta vocabulary di bidang akademik, kalian dapat mencoba membiasakan diri membaca konten terkait seperti artikel dari Smithsonian Magazine

Mau jago Microsoft Excel? Simak panduan lengkap Excel di sini.

3. Banyak Berlatih 

Banyak berlatih adalah kunci dasar ketika kita ingin mendapatkan hasil maksimal dalam ujian. Latihan menggunakan berbagai macam soal akan membantu kalian mengerti tentang bagaimana struktur soal, serta merasa familier dengan pertanyaan yang mereka ajukan. 

Selain itu, kalian juga bisa berlatih dengan banyak membaca dan menulis. Pada poin sebelumnya, terdapat pembahasan bahwa membaca artikel berbahasa Inggris sangat membantu untuk meningkatkan reading skill. Namun, tak hanya itu, kalian juga dapat mengembangkan writing skill

Hal tersebut bisa kalian terapkan dengan membuat ringkasan, setiap menyelesaikan sebuah artikel. Di samping itu, kalian bisa membuat kamus kecil yang berisi kosakata baru dari artikel tersebut. Tulis juga arti, sinonim, dan contoh penggunaanya pada sebuah kalimat. Hal ini akan memudahkan kita dalam mengingat dan mengetahui penggunaan sebuah kosakata.

4. Isi Keseharian dengan Bahasa Inggris

Selain melakukan latihan soal, mengisi kegiatan sehari-hari dengan bahasa inggris juga bisa membantu meningkatkan kemampuan kita. Hal ini dapat kalian lakukan dengan mencari partner untuk praktik berbicara sehari-hari dalam bahasa Inggris.

Kalian bisa melakukan interaksi secara luring maupun daring. Interaksi daring dapat kita lakukan melalui chat room, telephone, video call, dan bahkan online games. Dari situ, kalian akan terbiasa dalam merespon bahasa Inggris hingga meningkatkan speaking skill

Di samping itu, kalian juga dapat berlatih melalui kegiatan sehari-hari lainnya. Contohnya, seperti menonton film atau acara TV dengan menggunakan subtitles bahasa Inggris atau praktik listening section melalui radio dan podcasts

Mau jadi Sales atau Business Development? Baca panduan lengkap Sales & Business Development berikut

5. Perhatikan Kecepatan Waktu dan Tingkatkan Kepercayaan Diri

Mampu menyelesaikan tiap sections TOEFL IBT tepat pada waktunya adalah hal dasar yang wajib kita ketahui. Akan tetapi, kecepatan saja tidak cukup, kita juga memerlukan ketepatan saat menjawab soal.

Oleh karena itu, saat ingin meraih nilai tinggi, utamakan fokus pada ketepatan dalam menjawab soal terlebih dahulu. Pastikan bahwa kita paham materi pada setiap section. Ketahui juga mengenai tipe soal, dari yang paling sulit sampai paling mudah bagi kalian, sehingga dapat mengatur strategi yang efektif dalam mengerjakannya.

Jangan lupa untuk menghitung waktu ketika latihan menggunakan soal. Jadi kalian akan tahu tingkat kecepatan dalam mengerjakannya. Kalian juga bisa memperkirakan target waktu pengerjaan, sehingga nantinya akan terbiasa merespon secara cepat.

Tertarik jadi Graphic Designer? Baca panduan lengkap Graphic Design di sini.

Nah, itu dia tips-tips untuk mempersiapkan diri agar sukses menghadapi TOEFL IBT. Persiapan ini akan lebih matang jika teman-teman mengikuti berbagai kelas TOEFL lengkap dari MySkill.id. Yuk, segera daftarkan diri kalian agar mendapat skor tinggi!

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill