Ini Dia Perencanaan Karir Siswa Edisi Ilustrator

Perencanaan karir siswa menyangkut masa depan yang harus direncanakan sejak bangku sekolah. Hal ini penting untuk siswa lakukan demi menggapai cita-cita menjadi seorang profesional impian. 

Melalui perencanaan karir siswa, kamu akan lebih terfokus, terarah, mengenali kemampuan diri, mengeksplor minat dan bakat, serta memiliki persiapan yang matang. Pada artikel kali ini, MySkill.id akan coba untuk memberikan contoh perencanaan karir siswa, edisi menjadi seorang ilustrator. Yuk simak!

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

1. Eksplorasi Diri, Tahap Awal Perencanaan Karir Siswa

Ini Dia Perencanaan Karir Siswa Edisi Ilustrator
Explore yourself

Selama sekolah, mulai dari SD, SMP, SMA pasti ada beberapa kegiatan yang menarik bagimu. MySkill.id berikan satu contoh yaitu misalkan dari kecil sudah suka menggambar, melukis, atau bermain dengan warna, maka mungkin minat kamu adalah bidang ilustrasi.

Lakukan eksplorasi tentang seni rupa tersebut dengan tujuan untuk memastikan apakah kamu benar-benar menyukainya. Ada banyak jenis ilustrasi, seperti kartun, komik, realistik, dan lainnya.

2. Mempelajari Informasi Tentang Karir

Ini Dia Perencanaan Karir Siswa Edisi Ilustrator
Kumpulkan informasi sebanyak-banyaknya tentang karir impian

Ketika sudah tahu bahwa minat kamu adalah menggambar, maka salah satu contoh karir terkait hal itu adalah menjadi seorang ilustrator. Carilah informasi sebanyak-banyaknya mengenai pekerjaan tersebut. Bisa dari mesin pencarian Google, media sosial, media cetak, atau bahkan ada orang di sekitarmu yang berprofesi sebagai ilustrator. 

Ketahui pula bagaimana prospek kedepannya mengenai pekerjaan tersebut. Mengenai apakah menjadi seorang ilustrator itu menjanjikan, apakah ada hal lain yang perlu kamu pelajari lebih dalam lagi, berapa lama waktu studinya, dan di mana kamu dapat bekerja.

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

3. Berdiskusi dengan Orang Dewasa Dalam Perencanaan Karir Siswa

Ini Dia Perencanaan Karir Siswa Edisi Ilustrator
Dapatkan insight dari orang sekitar

Membicarakan karir dengan orang dewasa dapat menjadi salah satu tahapan perencanaan karir siswa. Kenapa begitu? Karena umumnya orang dewasa memiliki pengetahuan dan pengalaman yang lebih banyak, terutama tentang karir dan dunia kerja.

Lakukan diskusi dengan orang tua, katakan bahwa kamu memiliki keinginan untuk menjadi seorang ilustrator. Sampaikan dengan alasan yang jelas, contohnya dengan menunjukkan hasil karyamu. Katakan juga bahwa kamu telah melakukan research mengenai pekerjaan tersebut sehingga kamu memiliki argumen yang kuat.

Orang tua atau orang dewasa lainnya pasti akan memberikan saran untuk kamu, bahkan bisa saja mereka merekomendasikan universitas mana yang dapat kamu pilih demi menuju karir impian tersebut. Maka dari itu, berdiskusilah dengan santai. Ingat, restu orang itu penting ya!

Mau jadi HRD? Simak panduan lengkap Human Resource Development di sini.

4. Mengikuti Ekstrakurikuler atau Kegiatan Lain

Ini Dia Perencanaan Karir Siswa Edisi Ilustrator
Ikuti kegiatan yang menunjukan karir impianmu

Ekstrakurikuler dapat menjadi media dalam mencapai karir siswa. Kalau di sekolahmu ada ekstrakurikuler menggambar atau seni gambar, join saja! Hitung-hitung melatih keterampilan yang kamu punya secara gratis, biar ilmunya perlahan-lahan bertambah juga. 

Semisal tidak ada kegiatan yang berhubungan dengan seni menggambar di sekolah, ada banyak platform online yang menyediakan kelas-kelas menarik untuk meningkatkan keterampilan. Jangan langsung menyerah hanya karena tidak ada ekstrakurikuler menggambar di sekolahmu ya?

5. Pilih Jurusan dan Universitas Sebagai Bentuk Perencanaan Karir Siswa

Ini Dia Perencanaan Karir Siswa Edisi Ilustrator
Pilih jurusan, universitas, dan cek akreditasinya

Ini nih yang biasanya bikin anak SMA bingung ketika sudah menuju kelulusan. Mau kuliah di mana dan jurusan apa. Perencanaan karir siswa yang telah kamu buat tentu akan mempermudah dalam menentukan langkah selanjutnya. Jika ingin menjadi seorang ilustrator, maka jurusan kuliah yang berhubungan dengan profesi tersebut adalah Desain Komunikasi Visual (DKV), atau juga ada seni rupa murni (Fine Arts).

Selanjutnya, carilah universitas yang provide jurusan tersebut. Contohnya Jurusan Desain Komunikasi Visual ITB, UNS, UNP, UPH, atau jurusan seni rupa UNNES, UGM, ITB, Universitas Telkom, dan masih banyak lagi. Ada universitas negeri dan swasta juga. Jangan lupa untuk cek terlebih dahulu akreditasinya pada laman BAN-PT ya!

Tertarik Jadi Software engineering? Baca panduan lengkap Software Engineering di sini.

6. Memanfaatkan Waktu Sebaik-Baiknya

Ini Dia Perencanaan Karir Siswa Edisi Ilustrator
Be productive!

Biasanya nih kalau ingin masuk jurusan seni ada beberapa persyaratan yang harus kamu penuhi contohnya portofolio. Jadi banyak-banyakin deh cari informasi biar persiapan diri menjadi lebih matang. Jika kamu masih SMP atau baru masuk SMA boleh banget ikut berbagai lomba, hitung-hitung mengasah kemampuan diri kan?

Itu dia salah satu contoh perencanaan karir siswa yang dapat MySkill.id sampaikan. Ingatlah quotes dari Malcolm X yaitu “The future belongs to those who prepare for it today”. Jadi, persiapkan dirimu dengan baik demi masa depan cemerlang. Also, know yourself for a better future. Semangat terus!

Biar semakin kuat lagi pemahamannya, mending kita pelajari bersama aja, yuk? MySkill.id punya kelas Mempersiapkan Karir Profesional. Kita akan membahas mengenai persiapan akademik, kebutuhan industri saat ini, soft skill dan hard skill, serta proses pencarian kerja. Kamu juga boleh tanya bagaimana cara menyusun perencanaan karir siswa demi mencapai pekerjaan impian lho.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill