4 Contoh Penggunaan CRM: Bikin Bisnis Kamu Outstanding!

Masih bingung dalam menentukan strategi digital marketing yang tepat dalam pengembangan bisnis milikmu? Customer Relationship Management (CRM) bisa jadi solusinya, loh. Penggunaan CRM ini akan membantu perusahaanmu menjalin konektivitas dengan para konsumen. Keterkaitan yang terbangun antara keduanya akan bermanfaat untuk menjaga kredibilitas brand dan meningkatkan kadar kepercayaan konsumen terhadap produk.

Untuk menggunakannya, tentu kita harus mengetahui terlebih dahulu contoh penggunaan CRM dalam berbagai hal. MySkill.id tidak akan membiarkanmu ketinggalan informasi berdaya guna ini. Simak empat contoh penggunaan CRM dalam upayanya membangun relasi dengan para pengguna, yuk! 

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

1. Menyajikan Layanan Customer Service adalah Contoh Dasar dari Penggunaan CRM

4 Contoh Penggunaan CRM: Bikin Bisnis Kamu Outstanding!
Kritik dan saran lewat layanan customer service

Kamu pasti pernah melihat, bahwa layanan customer service tidak pernah absen keberadaannya pada merk-merk ternama. Percaya atau tidak, hubungan antara perusahaan dengan konsumen dapat terjalin lewat saran juga kritik yang mereka sampaikan lewat layanan tersebut. 

Customer service ini turut membantu perusahaanmu dalam memahami apa yang menjadi kebutuhan para pelanggan untuk lebih tersalurkan. Secara tak langsung, para konsumen turut ikut serta dalam upaya pengembangan produk yang kamu miliki. Jangan pernah bosan mendengarkan masukan dari ocehan para pelanggan ya, sobat MySkill.id.

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

2. Gunakan Sistem Pengundian Hadiah dalam Membangun Hubungan dengan Konsumen

4 Contoh Penggunaan CRM: Bikin Bisnis Kamu Outstanding!
Memancing konsumen lewat tawaran undian menarik!

Undian atau dalam masa ini ramai menjadi perbincangan dengan nama giveaway, juga merupakan salah satu upaya CRM untuk membentuk jaringan bersama pelanggan. Kompetisi ini akan membuat mereka merasa terlibat dengan perusahaanmu lewat berbagai challenge demi meraup hadiah menarik yang kamu sediakan. 

Relasi antara konsumen dan bisnismu akan semakin kuat, terlebih lagi bila mereka berhasil memenangkan undian tersebut. Kondisi ini akan semakin membangun rasa percaya dari pihak konsumen untuk tetap setia berhubungan dengan produkmu, loh!

Mau jago Microsoft Excel? Simak panduan lengkap Excel di sini.

3. Socmed Termasuk dalam Contoh Media Penggunaan CRM, Loh!

4 Contoh Penggunaan CRM: Bikin Bisnis Kamu Outstanding!
Gunakan sosial media untuk menjalin interaksi dengan para konsumen

Perkembangan teknologi yang kian matang menawarkan banyak kemudahan bagi pemuka bisnis saat ini. Tak perlu risau lagi mendatangi konsumen secara door to door untuk menciptakan koneksi antara keduanya. Cukup dengan memanfaatkan keberadaan social media, kamu sudah bisa menyapa pelanggan secara luas dan tak terbatas!

Koneksi tersebut dapat terlihat dari ramainya interaksi pada media sosial yang kamu miliki. Semakin intens serta menarik branding suatu produk di kanal sosial, maka semakin ramai pula kunjungan yang terjalin di sana. Penggunaan media sosial dengan tepat akan mendatangkan banyak benefit di dalamnya, loh. Yuk, tunggu apa lagi?

4. Kepemilikan Member Card adalah Bagian dari Contoh Strategi CRM

4 Contoh Penggunaan CRM: Bikin Bisnis Kamu Outstanding!
Kartu ajaib ini bisa membuat konsumen terikat

“Sudah punya member cardnya, Bu?” Pertanyaan semacam ini tentu pernah kamu dengar di departement store saat tengah bertransaksi. Ya, secara tak langsung kamu telah terikat hubungan dengan sebuah perusahaan, brand, maupun produk saat telah memegang akses kartu member milik mereka. Keberadaan member card ini tentu akan menawarkan hal-hal menarik, seperti potongan harga khusus bagi setiap pemegang kartu.

Ini merupakan salah satu trik awam dari strategi CRM untuk membuat pelanggan berada dalam lingkaran koneksi yang mereka bangun. Ragam tawaran menarik tentu tidak akan dilewatkan oleh para konsumen, sehingga ini merupakan contoh yang bisa kamu tiru!

Nah, dari keempat contoh di atas mana yang rasanya paling sesuai untuk diterapkan dalam bisnis yang kamu rintis? Setiap strategi, tentu mempunyai kelebihan juga kekurangannya tersendiri. Namun, kamu pasti dapat menghadapi hal ini seiring berjalannya waktu.

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

Agar lebih matang dalam mengenal Customer Relationship Management (CRM) Marketing ini, kamu dapat mengakses laman MySkill.id untuk mendaftarkan diri pada kelas online tersebut. Jangan ragu untuk mendulang kebermanfaatan bersama MySkill.id, ya!

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill